728x90 AdSpace

Latest

Senin, 03 September 2018

Sejarah dan Pesona Waduk Gajah Mungkur Wonogiri



Sejarah 

Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 6 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Dinamakan Gajah Mungkur, karena lokasinya yang tak jauh dari Pegunungan Gajah Mungkur disebelah barat waduk. Luas Daerah Tangkapan Air (DTA) waduk ini mencapai 1.350 Km dengan pintu masuk melalui beberapa sungai besar yaitu Bengawan Solo, Sungai Kaduang, Sungai Tirtomoyo, Sungai Parangjoho, Sungai Temon, dan Sungai Posong. Luas genangan maksimum Waduk Gajah Mungkur adalah 8.800 Hektar mencangkup 7 kecamatan yaitu Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko, Kecamatan Wuryantoro. Sedangkan bangunan bendungan berada di Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri.


Pembangunan

Pembangunan Waduk Gajah Mungkur direncanakan sejak tahun 1964 dengan fungsi utama sebagai pengendali banjir di Sungai Bengawan Solo. Kemudian rencana induk pembangunanya dirumuskan pada tahun 1972-1974 dengan bantuan Overseas Technical Cooperation of Jepang. Lalu mulai dibangun pada akhir tahun 1976-1981 dan mulai beroperasi pada tahun 1982. Pengerjaan pembangunan Waduk Gajah Mungkur dilakukan secara swakelola oleh 2.500 pekerja bersama dengan 35 konsultan Nippon Koei Co Ltd Jepang. Untuk membangun waduk ini harus menenggelamkan 51 desa di 6 kecamatan. Sehingga pemerintah memindahkan 67.515 Jiwa penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa di Tahun 1976 ke Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Waduk ini direncanakan bisa berumur sampai 100 tahun. Namun, sedimentasi yang terjadi menyebabkan umur waduk ini diperkirakan tidak akan lama. Perum Jasa Tirta Bengawan Solo memaksimalkan perawatan terhadap Waduk Gajah Mungkur yang menjadi tugasnya. Kerusakan daerah aliran sungai (DAS) yang parah menyebabkan sedimentasi waduk sangat tinggi. 

Pemanfaatan

Waduk Gajah Mungkur dibangun sebagai pengendalian banjir (flood control) sungai Bengawan Solo, dari 4000 m3/detik menjadi 400 m3/detik, sesuai kapasitas maksimum alur sungai di hilir bendungan. Selain itu Waduk Gajah Mungkur bisa mengairi sawah seluas 23.600 ha di daerah Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri dan sekitarnya juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Pada saat ini pembangkit listrik PLTA ini dikelola oleh anak perusahaan PLN, yaitu PT. Indonesia Power Unit Mrica. Waduk Gajah Mungkur juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah. Di sini tersedia kapal boat untuk mengelilingi perairan, juga sebagai tempat memancing. Selain itu dapat pula menikmati olahraga layang gantung (Gantole). Terdapat juga taman rekreasi "Sendang" yang terletak 6 km arah selatan Kota Wonogiri. Pada musim kemarau, debit air waduk akan kecil dan sebagian dari dasar waduk kelihatan. Dasar waduk yang di pinggiran dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menanami tanaman semusim, seperti jagung.

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap
------------------------------------- 

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Jika Jawa Barat punya Waduk Jatiluhur sebagai salah satu destinasi wisata di Bandung, maka Jawa Tengah juga punya, yakni Waduk Gajah Mungkur sebagai destinasi ketika berwisata ke Wonogiri Solo. 

Berikut kami ulas satu persatu Obyek Wisata (OW) Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang telah melegenda, dengan kunjungan pertahun sangat tinggi.


Menaiki Kapal Boat ketika berwisata ke OW Gajah Mungkur

Kamu bisa menaiki kapal boat ketika pergi Wisata ke Waduk Gajah Mungkung Wonogiri. Fasilitas ini disediakan bagi wisatawan yang berkeinginan untuk berkeliling di area perairan waduk Gajah Mungkur. Untuk wisata air selain menaiki kapal boat kamu juga bisa bermain sepeda air, prahu motor dan juga banana boat. Tarif untuk menaiki kapal boat ini 10 ribu per orang. Tarif bisa berubah dikala musim liburan.

Memancing Ikan

Banyak pemancing yang berdatangan dari berbagai daerah untuk merasakan asiknya memancing di waduk gajah mungkur. Tempat ini juga sebagai tempat favorite untuk memancing dikarenakan populasi ikan air tawar disana sangat beragam mulai tawes, wader pari, patin jambal, sampai nila pun ada.
Untuk memancing kamu perlu bertanya tanya pada pemancing lokal yang telah berpengalaman. Habitat ikan berkumpul ditempat yang berbeda, jadi jika kamu bis mengunjungi spot tertentu dengan ikan sesuai yan kamu targetkan. Untuk waktu memancing, pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat, saat itu ikan sedang kondisi agresif.

Water Boom

juga salah satu daya tarik tersendiri, merupakan satu dari beberapa wisata air yang sudah kita sebutkan sebelumnya, ketika musim liburan untuk memasukinya diharuskan membayar tiket 25.000, water boom ini masih terbilang baru, mulai beroprasi tahun 2011. Ketika tidak memasuki masa liburan water boom ini sepi pengunjung, pasalnya harga tiket masuk yang mahal belum lagi pengunjung harus membayar tiket masuk Waduk Gajah Mungkur, bayar dobel.

Taman Satwa

Ukuran taman satwa ini tidak terlalu besar, bisa dibilang kebun binatang mini, didalamnya terdapat beberapa gajah, ada beberapa gajah yang bisa dinaiki untuk berkeliling ke area taman satwa. Ada pula kasuari, monyet, beberapa buaya, dan beberapa jenis burung lainnya. Di tahun 2017 koleksi satwa banyak bertambah.

Taman Bermain Anak

Taman ini berlokasi sama dengan taman lainnya. Dengan banyak wahana bermain untuk anak, setiap tahun wahana di taman bermain anak WGM bertambah. Anak-anak yang diajak datang kemari pastilah merasa sangat senang dengan berbagai ragam permainan yang ada. Teredapat permainan gratis dan beberapa berbayar, yang berbayar diantaranya komedi putar, kereta kelinci, bianglala mini, dan juga sepeda air. Untuk yang ayunan, jungkitan, prosotan dll tentunya gratis.

Taman Tombo Galau

Ini adalah wahana paling baru baru selesai dan dioperasikan tahun 2015, tombo galau berarti obat galau. Taman ini menyasar para kawula muda untuk berselfie ria disini. Tempat ini juga sebagai rest area bagi pengunjung yang lelah berjalan – jalan disekitar WGM. Terdapat permainan catur, ular tangga, sundah mandah dan beberapa permainan tradisional anak-anak dilengkapi dengan air mancur dan taman hijau.




Gantole / Layang Gantung

Belum banyak wisata gantole di jawa tengah, bukit Joglo yang terletak di sebelah barat Waduk Gajah Mungkur ini salah satunya. Untuk kamu yang menyukai olahraga ekstrim kamu wajib menocoba menaiki gantole disini. Namun jika tidak berani kamu tetap perlu mendatangi tempat ini, pemandangan yang disuguhkan sungguh memanjakan mata, melihat Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Tempat ini juga merupakan tempat favorit wisatawan untuk berselfie.

Pihak pengelola wisata waduk gajah mungkur wonogiri terus bebenah, dari tahun ke tahun banyak wahana baru yang berhasil direalisasikan. Beberapa diantaranya, area outbound, taman selfie, ow gajah mungkur, dan perbaikan wahana lama mulai penambahan satwa, taman bermain anak-anak dan masih banyak lagi. Silahkan datang ke Waduk Gajah Mungkur dan buktikan sendiri. Jika kamu pecinta budaya indonesia datanglah saat ada event pariwisata Gelar Wisata Budaya tiap tahunnya, yang diadakan oleh pihak pengelola, OWSA Waduk Gajah Mungkur, diadakan setiap bulan Sura, dengan menampilkan atraksi budaya adat kab. Wonogiri diantaranya, kegiatan ruwatan masal, jamasan pusaka milik kraton Mangkunegara Surakarta, juga menampilkan tari tradisional khas Wonogiri.



--------------------------------------- 
Source
Kunjungan wisata (langsung) 
https://id.wikipedia.org/
https://jempolkaki.com/

Sejarah dan Pesona Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
  • Title : Sejarah dan Pesona Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
  • Posted by :
  • Date : September 03, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top