728x90 AdSpace

Latest

Selasa, 13 Februari 2018

Danau Kerinci - Keindahan Danau terbesar di Jambi



Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Kerinci. Danau Kerinci terbentang di kaki Gunung Raja, di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Di Provinsi Jambi, Danau Kerinci merupakan danau terbesar yang memiliki luas 4.200 Hektar dengan kedalaman 110 Meter Sedangkan ketinggiannya mencapai 783 Meter di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 Km.

Menurut para peneliti geologi, Danau Kerinci adalah bagian daripada lembah Gunung Kerinci. Lembah ini kemudian terbentuk karena letusan-letusan kecil yang diakibatkan oleh gunung berapi dan penurunan Pegunungan Bukit Barisan. Kemudian, air yang ada di gunung mengisi lembah ini sehingga terbentuklah sebuah danau yang berukuran besar. Dalam ribuan tahun, proses tersebut mampu memperkecil ukuran danau hingga berubah menjadi danau Kerinci dengan perairannya yang melintasi sungai Batang Merangin. Wilayah ini merupakan alur patahan Sumatera, sehingga secara periodik terjadi gempa tektonik yang merupakan akibat gerakan bagian–bagian dari lithosfera yang mendapat tekanan horizontal berlawanan arah.

Cerita Rakyat 
Menurut cerita masyarakat secara turun temurun Danau Kerinci yang ada pada saat ini pada zaman dahulu ialah danau yang luas, karena luasnya pada zaman dahulu danau ini disebut dengan nama danau gedang (besar).Konon ceritanya di dasar danau gedang berdiam seekor naga raksasa yang bernama Calungga. Calungga mempunyai adik seorang manusia yang bernama Calutat.Dulunya Calungga adalah seorang manusia. Calungga dan Calutat konon tinggal dipinggir danau gadang.Calungga berubah menjadi Naga konon karena ia memakan sebutir telur yang ia dapatkan dari hutan.Setelah Calungga berubah menjadi naga membuat Calungga itu merasa takut dia akan menyakiti adiknya sendiri sehingga ia memutuskan untuk pergi terbang ke danau gedang. Setelah beberapa lama kepergian Calungga membuat adik dari Calungga yang bernama Calutat itu merasa rindu karena kerinduannya terhadap kakaknya yaitu Calungga membuat dia ingin sekali bertemu kakaknya. Karena hal itu Cilungga dan Calutat memutuskan untuk bertemu di tepi danau. Calungga pun mulai berenang kepinggir danau untuk menemui adiknya sehingga sungai-sungai kecil pun dijebol oleh Calungga untuk ia bisa menemui adiknya sehingga karena ulah Calungga yang menjebol sungai kecil tersebut membuat danau gedang itu yang dulunya melimpah air lama-lama menjadi surut dan kecil yang kita kenal sekarang dengan sebutan Danau Kerinci. (Wikipedia)

Objek Wisata Alam

Berwisata ke Danau Kerinci, pastikan stamina Anda dalam keadaan yang fit. Pasalnya, banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika sudah sampai Kawasan Danau Kerinci. Jika Anda hobi memancing, jangan lupa membawa perlengkapan pancing Anda, karena di sini hidup beberapa jenis ikan yang bisa Anda pancing. Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang atau perkemahan dengan keluarga atau sahabat. Di sepanjang pinggiran danau, merupakan tempat yang sangat cocok untuk melihat pemandangan Danau Kerinci. Di sana Anda akan melihat perahu para nelayan yang sedang menangkap ikan bagaikan nelayan yang ada di pantai-pantai.
Di sekitar Danau Kerinci terdapat beberapa lokasi yang menarik lainnya. Keelokan Danau Kerinci dapat Anda nikmati dari atas melalui Tanjung Hatta. Mengapa Hatta? Karena dahulunya mantan Presiden Republik Indonesia Bung Hatta sering menikmati panorama Danau Kerinci, bahkan menanam pohon di sana. Anda juga bisa mengunjungi Desa Seleman, dimana di sana terdapat Rumah Laheik sebagai rumah khas Kerinci. Ada juga Desa Pulau Tengah yang terdapat Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah. Anda juga dapat melihat sejumlah batu berukir peninggalan manusia megalit. Batu ukir ini dipercaya mejadi bukti bahwa wilayah di sekitar Danau Kerinci adalah daerah yang pernah dihuni manusia purba.
Situs peninggalan manusia megalitikum di sekitar Kawasan Wisata Danau Kerinci 
Usai menikmati keindahannya, saatnya melanjutkan dengan wisata kuliner di sekitar danau. Ke Danau Kerinci rasanya belum lengkap kalau Anda belum mencoba makanan dan minuman khas daerah Kerinci. Anda harus coba santapan Beras Payo, Gulai Ikan Semah, Dendeng Beteko, Kacang Tojin, Lemang dan Jeruk Pelompek, ditemani secangkir Kopi Kerinci atau Teh Kayu Aro.

Keindahan panorama alam Danau Kerinci menjadi daya tarik pengunjung untuk singgah dan menikmati udara alam terbuka hijau. Dengan dikelilingi bukit barisan di sekitar danau, pandangan mata wisatawan dijamin tidak akan bosan memandangi dan menikmati suasana alam sekitar.

Keindahan tersebut sempurna dengan adanya perahu-perahu nelayan yang sedang mengarungi permukaan air danau yang tenang, tempat hidup sejumlah jenis ikan yang banyak ditangkap oleh mayarakat setempat.




------------------------------- 

Sumber: 
Kunjungan Wisata
http://wikipedia.org 
http://www.gosumatra.com/ 


Danau Kerinci - Keindahan Danau terbesar di Jambi
  • Title : Danau Kerinci - Keindahan Danau terbesar di Jambi
  • Posted by :
  • Date : Februari 13, 2018
  • Labels :

3 comments

perjalanan jika dari kota Bangko butuh waktu berapa jam ya Min?? Thanks

Dari Bangko kalau tidak salah bisa 3-4 jam, tergantung kondisi jalan, waktu itu saya kesana kondisi jalan sebagian besar sudah bagus.

untuk tarif tiket masuk dan biaya parkir mobil berapa ya min?

thanks for your comments

Top