728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 20 November 2021

Waduk Darma - Wisata Bendungan di Kuningan




Waduk Darma merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waduk Darma terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di Desa Jagara, Kecamatan Darma. Lokasi waduk yang berada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis membuatnya selalu ramai dikunjungi.

Waduk Darma merupakan danau yang berfungsi sebagai pengairan dan sebagian digunakan untuk mengairi sawah dari arus sungai Cinangka dan sungai Cisalak.
Waduk Darma yang luasnya sekitar 425 ha ini pembangunannya dirintis oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1923 dan diperbaiki pada 1962, dengan kapasitas genangan air 39 juta m3. Beberapa tahun terakhir, terutama sejak 2004, daya tampung waduk terus menyusut dan selalu mengalami kekurangan dalam memasok air untuk keperluan irigasi pertanian

“Sejarah panjang Waduk Darma dimulai pada tahun 1923 saat Belanda melakukan perencanaan dan penilitan, groundbreaking  tahun 1938 kemudian terhenti karena PD II, Pembangunan dilanjutkan tahun 1951 sd tahun 1962 oleh Pemerintah RI sampai dengan selesai, dari Waduk Darma pula salah satu tonggak pembangunan infrastruktur di era kemerdekaan dimulai “ 

Tenaga ahli yang membangun waduk tersebut dari Belanda. Sebab, desain perencanaan pembangunnannya sudah ada sejak masa penjajahan Belanda dan Jepang. Kemudian, Waduk Darma baru bisa diopersikan pada 1972

Pada masa penjajahan belanda, pihak belanda membeli wilayah lokasi danau tersebut untuk di jadikan sebuah waduk. Namun saat itu masih berlangsungnya penjajahan atas jepang, sehigga proyek pembuatan waduk tersebut di tunda untuk sementara. 

Keindahan dari Waduk Darma semakin lengkap karena di kelilingi oleh hamparan alam pegunungan yang asri dan sejuk. Hampir setiap hari, terutama pada hari libur, banyak sekali pengunjung dari berbagai daerah menghabiskan waktunya di Waduk Darma. Waduk Darma di kenal sebagai Danau yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tak heran lokasi yang terletak tidak jauh dari Kota Kuningan ini menjadi tempat wisata, rekreasi dan olahraga. Soal wisata kuliner, Anda yang berwisata ke Waduk Darma juga tak perlu khawatir. Ada tempat kuliner di kawasan wisata Waduk Darma.



Waduk Darma juga tidak jarang didatangi oleh para pemancing karena selain berwisata mereka juga terkadang memancing ikan. Di Waduk Darma terdapat beberapa kolam penangkaran ikan hasil budidaya warga setempat namun dibeberapa lokasi diperbolehkan dijadikan sebagai tempat memancing. Jika Anda memulai perjalanan dari Majalengka, perjalanan menuju Waduk Darma bisa menambah pengalaman berpetualang Anda karena jalan menuju ke sana sangat indah dengan jalan berkelok - menanjak layak khas kawasan pegunungan.

Momen paling indah di lokasi tersebut yaitu pada saat senja, di sana juga di sediakan tempat bersantai seperti Area kemping, Cottage, kolam renang khusus anak-anak dan perahu motor. Anda juga dapat berkeliling mengitari wilayah danau dengan menggunakan perahu kecil Munjul Goong.

 



Kini, Waduk Darma menjadi sumber air yang sangat penting bagi masyarakat Kuningan. Selain untuk mengairi irigasi untuk ribuan hektare lahan pertanian, air dari Waduk Darma juga digunakan untuk kebutuhan PDAM.

Bahkan, kini Waduk Darma menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Setiap akhir pekan Waduk Darma dikunjungi sedikitnya 800 wisatawan dari berbagai kota dan kabupaten.

-----------------------------------------------------------
Sumber : 
- Kunjungan Wisata Nov-2021 
- https://ksmtour.com/
https://sda.pu.go.id/



Waduk Darma - Wisata Bendungan di Kuningan

thanks for your comments

Top