728x90 AdSpace

Latest

Jumat, 19 November 2021

Situ Cicerem Kaduela | Telaga Biru dengan Air Jernih di Kaki Gunung Ciremai Kuningan


Seperti biasa, disela waktu penuh kepenatan dalam rutinitas kerja kantoran, kali ini kami sempatkan untuk mengunjungi daerah dengan suasana kesejukan. 

Selain Telaga Remis, Situ Cicerem kini menjadi primadona di kawasan Jawa Barat, khususnya Kuningan – Cirebon. Terkepung oleh pepohonan yang rindang, kesejukan destinasi wisata Cicerem makin ramai tiap harinya. Selain memiliki air yang jernih, warna dari telaga satu ini juga sangat biru hingga membuat banyak orang ingin berendam di sana. Karena warna airnya pula, Situ Cicerem lebih dikenal dengan nama Telaga Biru Cicerem.

Destinasi wisata yang terletak di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan ini merupakan salah satu tempat menarik di kaki Gunung Ciremai. Bukan hanya unik karena warnanya biru, Situ Cicerem menarik perhatian karena dihuni oleh beragam jenis ikan seperti ikan emas hidup di dalamnya. Tenang saja, ikan-ikan ini begitu ramah kepada para pengunjung.


Spot Foto Bagi Para Traveler

Dibuka sejak tahun 2010 lalu, telaga ini sudah didatangi oleh berbagai tipe pengunjung. Kebanyakan dari mereka adalah para muda-mudi yang hobi banget menjelajah alam. Selain untuk menikmati panorama telaga biru, tak sedikit dari mereka yang datang untuk foto.

Beberapa traveler yang mampir ke Situ Cicerem bukan hanya memburu foto saja. Beberapa orang asyik memberi makan ikan dari samping telaga. Sebagian lainnya memilih untuk berenang. Sayangnya, ikan di dalam wahana ini tidak boleh dipancing apalagi untuk dibawa pulang ke rumah. 

Selain memiliki keunikan, tak heran banyak sekali wisatawan yang datang ke telaga biru. Bukan hanya itu, datangnya pengunjung ke wahana Cererem lantaran sangat murah dan terjangkau. cukup membayar Rp. 5000, berbagai pemandangan dapat dinikmati di sini. 



Fasilitas di Situ Cicerem

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini masih sangat alami. Belum tersedia banyak fasilitas resmi dari pengelola. Objek wisata yang berada di kaki Gunung Ciremai ini hanya memiliki fasilitas ala kadarnya seperti toilet umum yang berbayar, warung – warung makan dan lahan parkir yang dijaga oleh masyarakat.

Sejarah Situ Cicerem

Danau Situ Cicerem ini memiliki beragam jenis ikan yang berwarna warni dan semakin indah dipandang. Ketika tiba di pinggiran danau, anda akan mendapatkan hawa sejuk khas pegunungan. Apalagi, memang lokasi danau ini berada tepat di Kaki Gunung Ciremai. Tempatnya ada di lingkungan desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Tempat ini ada di ketinggian 280 sampai 315 mdpl dan suhu rata – rata 19 sampai 28 derajat celsius.

Perlu diketahui bahwa suhu paling tinggi di danau ini sangat terasa biasanya di bulan Juni sampai September. Konon, danau ini dulunya digunakan sebagai tempat berkumpulnya para wali songo. Keberadaan danau diyakini sudah diketahui seperti halnya objek wisata lain yang dikenal luas oleh masyarakat seperti Telaga Remis yang memang letaknya tidak terlalu jauh dari Situ Cicerem. Danau ini dikenal luas setelah senderan pada saluran danau dibangun pada tahun 2010 oleh Bupati Kuningan yang pada waktu itu dijabat oleh Aang Hamid Suganda.


Hunting Foto di Situ Cicerem

Dapatkan keindahan alami selama berkunjung. Ada banyak spot foto yang menarik. Kebanyakan, pengunjung akan berfoto di bebatuan besar. Dengan duduk disitu dan memberi makan ikan, anda bisa melihat banyaknya ikan yang berkumpul di kaki anda. Pemandangan ini sungguh menyegarkan.

Anda juga bisa berenang tanpa khawatir pada ikannya karena tergolong ramah. Atau, anda juga bisa menggunakan pelampung yang menyerupai kasur. Dan anda bisa tidur diatas air dengan pemandangan sejuk.


----------------------------------

Sumber : 
Kunjungan Wisata Nov 2021
https://travelingyuk.com/
https://www.tempatwisata.pro/



Situ Cicerem Kaduela | Telaga Biru dengan Air Jernih di Kaki Gunung Ciremai Kuningan
  • Title : Situ Cicerem Kaduela | Telaga Biru dengan Air Jernih di Kaki Gunung Ciremai Kuningan
  • Posted by :
  • Date : November 19, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top