728x90 AdSpace

Latest

Selasa, 22 Juni 2021

Pantai Sanur Bali | Daya Tarik, dan Aktivitas Liburan yang Seru

 
Sanur beach Bali salah satu objek wisata pantai pasir putih yang sangat terkenal di pulau Bali.


Sejarah Tempat Wisata Pantai Sanur

Sejarah pantai Sanur sebagai tempat liburan di pulau Bali mulai diperkenalkan pada tahun 1937 oleh seniman asal negara Belgia, yang bernama A.J. Le Mayeur. Seniman Belgia ini memiliki istri orang Bali yang bernama Ni Polok.
Cara A.J. Le Mayeur mengenalkan keindahan Sanur beach ke mancanegara dengan membuat lukisan tentang pantai ini dan melakukan pameran lukisan ke mancanegara.
Karena hal ini, pantai di Sanur Bali, mulai dikenal dunia internasional. Dapat dikatakan daerah sanur adalah salah satu perintis pariwisata pulau Bali, dan membuat pariwisata Bali terkenal sampai saat ini.

Daya Tarik Pantai Sanur Sebagai Objek Wisata

Jika anda belum pernah liburan ke Sanur beach Bali dan tertarik untuk mengunjungi, maka ada baiknya anda tahu daya tarik utama dari Sanur beach Bali. Berikut ini daya tarik utama dari pantai di Sanur Bali sehingga layak untuk anda kunjungi.
  • Keindahan Sanur beach paling utama adalah kebersihan pasir pantai yang selalu terjaga dan pasir pantai berwarna putih.
  • Bentangan garis pantai Sanur sangat panjang, sekitar 8 kilometer. Di beberapa area pinggir garis pantai, terdapat jalan setapak. Jalan setapak ini biasanya digunakan pengunjung untuk berjalan kaki dan bersepeda.
  • Ombak laut yang tenang dan cenderung dangkal membuat Sanur beach sangat ideal untuk anak-anak berenang.
  • Ada banyak pilihan aktivitas Bali water sports. Jika anda seorang pemula dalam aktivitas Bali water sports, anda dapat mencoba snorkeling, mengendarai jet ski, menaiki perahu banana boat atau mencoba seawalker.
  • Lokasi terbaik untuk melihat keindahan pemandangan matahari terbit.
  • Terdapat perahu traditional yang berjajar di area pinggir pantai.
  • Lokasi penyeberangan dari Bali menuju ke pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Penida menggunakan fast boat.
Kebalikan dari pantai Kuta Bali yang menawarkan pemandangan matahari terbenam, Sanur beach menawarkan pemandangan matahari terbit. Oleh karena itu Sanur beach memiliki nama lain, yaitu pantai matahari terbit.

Kunjungan wisatawan ke Sanur Beach Bali, lebih banyak didominasi wisatawan lokal, dan area pantai tidak ramai dengan kunjungan wisatawan. Berbeda dengan Echo Beach Bali, pantai Kuta, atau Petitenget Beach Seminyak yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan asing.

Apabila anda saat ini sedang merencanakan perjalanan liburan ke pulau Bali, dan tertarik untuk mengunjungi Sanur Beach. Anda akan banyak menemukan aktivitas liburan seru. Berikut ini pilihan aktivitas liburan seru yang dapat anda lakukan di Sanur beach Bali.

Kunjungan Wisata Sanur Mei 2021

1. Berenang

Ombak Sanur beach sangat tenang dan perairan laut sangat dangkal, hanya sedalam lutut orang dewasa. Maka itu, Sanur Beach sangat cocok sebagai tempat berenang. Namun pantai ini tidak cocok untuk aktivitas surfing.

Jika saat anda liburan ke pulau Bali bersama anak-anak, maka mengunjungi pantai Sanur sangat saya rekomendasikan. Anak-anak anda dapat berenang di arus laut yang tenang dan juga tidak dalam. Selain itu anak-anak anda dapat melakukan permainan bola di pasir putih.

2. Sanur Water Sports

Selain aktivitas berenang, Sanur beach juga menyediakan aktivitas permainan pantai di Bali, seperti mirip dengan aktivitas wisata bahari di pantai Tanjung Benoa, yang lebih dikenal dengan nama Tanjung Benoa water sports.
Bagi anda yang ingin mengenalkan anak-anak anda dengan wisata bahari bawah laut, anda dapat mencoba aktivitas permainan seawalker di Sanur. Berikut ini pilihan wahana permainan water sports di Sanur beach Bali, di lengkapi dengan harga permainan.

3. Jogging & Bersepeda

Jika anda menyukai olah raga jogging dan bersepeda, Sanur beach juga menyediakan sarana jalur jogging dan bersepeda yang terbentang dari utara ke selatan dan lokasi berada di pinggir pantai.

Untuk menemukan tempat penyewaan sepeda di sekitar area Sanur Beach sangatlah mudah. Yang perlu anda lakukan hanya bertanya ke pada masyarakat lokal sekitar, lokasi sewa sepeda di pantai Sanur. Harga sewa sepeda di pantai Sanur Rp 15,000/jam.

4. Melihat Pemandangan Matahari Terbit

Di pagi hari anda dapat mengajak anak anda duduk-duduk di bangunan gazebo pinggir pantai, sambil menunggu matahari terbit. Di sepanjang bibir pantai sangat cocok untuk melihat pemandangan matahari terbit.

Saya yakin sebagian besar dari anda berfikir, bahwa di kawasan objek wisata Sanur hanya ada satu pantai. Jika di lihat dari garis pantai, memang hanya satu pantai, namun nama pantai berbeda-beda. Setiap bagian pada garis pantai di objek wisata Sanur memiliki nama berbeda-beda, dan ada 7 nama pantai.

Objek wisata Sanur Bali memiliki bentang garis pantai sepanjang 8 kilometer, terbentang dari utara sampai selatan. Perbatasan objek wisata Sanur paling utara adalah pantai Padang Galak. Sedangkan untuk bagian selatan, batasnya sampai di hutan Mangrove. Saya yakin saat ini anda pasti penasaran, apa saja nama pantai yang ada di Sanur
Di bawah ini adalah daftar nama pantai yang ada di objek wisata Sanur Bali. Selain itu, lokasi pantai saya urutkan dari lokasi pantai yang paling selatan sampai utara.
  1. Pantai Merta Sari.
  2. Pantai Semawang.
  3. Pantai Batu Jimbar.
  4. Pantai Karang.
  5. Pantai Segara Ayu.
  6. Pantai Sindhu.
  7. Pantai Matahari Terbit.
Karena ke 7 pantai diatas berada dalam wilayah objek wisata Sanur, maka sebagian besar wisatawan lebih familiar dengan nama pantai Sanur Bali. Dari ketujuh pantai yang ada di kawasan Sanur Bali, yang paling terkenal di kalangan wisatawan lokal adalah pantai matahari terbit.

Pantai ini diberikan nama matahari terbit, karena pantai ini adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan pemandangan sunrise di Sanur Bali. Setiap pagi hari mulai pukul 05:30, wisatawan mulai berdatangan untuk dapat melihat keindahan pemandangan sunrise.

Letak pantai matahari terbit Sanur Bali berada di bagian timur kota Denpasar. Jarak tempuh dari airport Ngurah Rai sekitar 17 kilometer melalui rute tol. Perkiraan waktu tempuh kurang lebih 35 menit, tergantung dari arus lalu lintas.

Apabila anda berangkat dari tempat wisata pura Uluwatu Bali, menuju pantai matahari terbit, akan menempuh jarak 35 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit.

Andai anda berangkat dari Bali Safari Marine Park, menuju ke Sanur beach, akan menempuh jarak 18 kilometer dengan waktu tempuh 25 menit.

-------------------------- 
Apakah ada biaya tiket masuk ke pantai Matahari Terbit dan pantai di Sanur yang lain? Untuk saat ini, tidak ada biaya tiket masuk yang di kenakan kepada pengunjung pantai.
Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 / motor dan mobil di kenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 / mobil.

Sarana Penunjang Pariwisata

Di areal tempat wisata Sanur Bali, tersedia banyak penginapan, baik berupa hotel, resort, villa maupun bungalow. Jadi anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan akomodasi di area tempat wisata Sanur Bali.

Selain itu, di daerah Sanur Bali banyak terdapat art shop, money changer, mini market, bar, cafe, restoran sebagai penunjang sarana pariwisata. Salah satu tempat makan terfavorit di Sanur Bali adalah tempat makan Nasi Campur Men Weti Sanur.




------------------------
Sumber : 
Kunjungan Wisata Mei 2021 
https://www.water-sport-bali.com/

Pantai Sanur Bali | Daya Tarik, dan Aktivitas Liburan yang Seru
  • Title : Pantai Sanur Bali | Daya Tarik, dan Aktivitas Liburan yang Seru
  • Posted by :
  • Date : Juni 22, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top