728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 06 Juni 2021

Wisata Monkey Forest Ubud Bali - Bersama Ratusan Monyet dan Pura Sakral di dalamnya



Nama asli objek wisata monkey forest Ubud adalah Mandala Wisata Wenara Wana, tapi lebih dikenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Saat anda mendengar salah satu nama objek wisata di Ubud Bali, yaitu Ubud monkey forest. Walaupun anda belum pernah berlibur ke objek wisata monkey forest Ubud, anda pasti tahu dari namanya, bahwa anda akan dapat melihat kera di tempat wisata di Bali ini.


Ke Bali kali ini kami mampir ke Ubud Gianyar, kami memilih Hotel yang dekat dengan lokasi Monkey Forest. 

Monkey Forest - Ubud Bali

Daya Tarik Ubud Monkey Forest

Monkey Forest Ubud masuk dalam salah satu tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi, karena sangat ikonik dan mewakili kesan akan objek wisata Ubud secara keseluruhan. Objek wisata monkey forest Ubud merupakan kawasan hutan lindung dan di dalam hutan ini, terdapat pura sakral umat Hindu Bali, bernama Pura Dalem Agung Padangtegal.

Pura Dalem Agung Padang Tegal, berada pada bagian barat daya dari kawasan monkey forest Ubud. Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud, diperuntukan untuk memuja dewa Siwa. Sedangkan untuk wisatawan asing, pura ini juga terkenal dengan nama “Temple of the Dead”.

Nama dari pura ini sebenarnya, hanya bernama pura Dalem Agung. Namun karena ada banyak pura Hindu Bali yang bernama pura Dalem Agung! Maka untuk memudahkan mengingat lokasi, masyarakat lokal menambahkan kata Padangtegal. Artinya wilayah pura berada pada desa Padangtegal Ubud.

Dalam areal kawasan obyek wisata monkey forest, terdapat tiga pura dan salah satunya adalah Pura Dalem Agung. Perkirakan Pura Dalem Agung telah berdiri sekitar abad ke 14 pertengahan, ketika wilayah Ubud Bali masih dalam kekuasaan dinasti Pejeng.

Pura yang kedua bernama, Pura Beji. Lokasinya berada pada barat daya kawasan monkey forest Ubud. Pura Beji peruntukkannya untuk tempat pemujaan dewi Gangga. Masyarakat desa Padang Tegal, sebelum melakukan upacara keagamaan, akan memohon air suci pada pura Beji, peruntukan untuk penyucian.

Pura ketiga yang berada pada kawasan timur laut monkey forest Ubud adalah Pura Prajapati, peruntukannya untuk menyembah dewa Prajapati. 

Di saat wisatawan memasuki kawasan objek wisata monkey forest Bali, udara segar akan terasa, pepohonan hijau yang menjulang tinggi, akan tampak dari areal parkir. Sebelum wisatawan memasuki pintu masuk, wisatawan akan melihat loket tiket. Di loket tiket inilah wisatawan akan membayar tiket masuk objek wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary.


Ada beberapa tips yang sebaiknya wisatawan lakukan jika mengunjungi tempat wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary.
  • Taruhlah barang berharga di dalam tas, seperti anting-anting, selendang, kacamata ataupun handphone. Jika ingin foto-foto, selalu pegang erat kamera. Barang-barang tersebut akan menarik minat dari kera-kera untuk mengambil.
  • Berjalanlah di jalan yang sudah disediakan, jangan berjalan melewati areal dari jalan yang sudah disediakan dan jangan menginjakan kaki anda di zona makan kera. Hal ini akan membuat kera-kera agresif, karena kera-kera mengira anda memasuki kawasan mereka.
  • Jangan memukul atau menyakiti kera-kera, hal ini akan membuat kera-kera yang lain akan menyerang anda.
  • Jangan memberi makan kera, karena makanan untuk kera sudah disediakan oleh pengelola Sacred Monkey Forest Sanctuary.
  • Kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary, adalah area bebas rokok dan wisatawan dilarang keras untuk merokok di area Sacred Monkey Forest Sanctuary.
  • Jangan berlari dan menatap mata kera jantan terus menerus.
  • Selalu awasi anak-anak anda saat berada di dalam area Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Harga Tiket Masuk Wisata Monkey Forest Ubud Bali (Mei 2021): 
KategoriHarga Tiket
DewasaRp 80,000/orang
Anak (3 - 12 tahun)Rp 60,000/anak
Jam buka dari kawasan monkey forest Ubud dari pukul 08:30 – 18:00, untuk loket tiket buka dari jam 08:30 – 17:30. 

Di sekitar kawasan wisata alam ini banyak tersedia restoran yang menyajikan aneka menu. Mulai dari kuliner barat hingga hidangan khas Bali. Bagi yang ingin menginap, banyak akomodasi yang tersedia di sekitar seperti hotel dan villa.



Selain itu, terdapat toko-toko yang menjual suvenir seperti manik-manik, keranjang, ukiran kayu, lukisan, perhiasan perak serta tekstil ikat. Untuk kenyamanan wisata, di sekitar Mandala Suci Wenara Wana juga banyak tersedia spa, art shop, dll.



---------------------------- 
Sumber : 
- Kunjungan Wisata Mei-2021 
- https://www.rentalmobilbali.net/


Wisata Monkey Forest Ubud Bali - Bersama Ratusan Monyet dan Pura Sakral di dalamnya
  • Title : Wisata Monkey Forest Ubud Bali - Bersama Ratusan Monyet dan Pura Sakral di dalamnya
  • Posted by :
  • Date : Juni 06, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top