728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 28 April 2018

Grojogan Sewu - Air Terjun Populer di Tawangmangu


Siapa yang tidak kenal Wisata Air Terjun Grojogan Sewu - Tawangmangu ??
Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.
Grojogan dalam bahasa jawa berarti air terjun dan Sewu berarti seribu. Sehingga Grojogan Sewu berarti Air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 81 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering. 

Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cenderamata, mushola dan MCK.


Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap


Tawangmangu merupakan sebuah daerah di kaki Gunung Lawu yang masih berada dalam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di daerah ini memang terdapat banyak sekali tempat wisata keren, terutama wisata alam, jadi tak heran jika wisatawan lebih mengenal Tawangmangu daripada Karanganyar itu sendiri.
Nah, salah satu objek wisata di Tawangmangu yang sudah sangat  populer adalah Air Terjun Grojogan Sewu, sebuah wisata alam yang juga menjadi ikon wisata di daerah ini, air terjun tersebut masih termasuk dalam kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu. 
Wisata alam Grojogan Sewu memiliki dua pintu masuk, yaitu melalui jalur atas dan jalur bawah, jika kita melewati jalur atas maka kita harus menuruni ratusan anak tangga untuk sampai di lokasi air terjun. Sedangkan jika kita melewati jalur bawah, maka kita akan melewati sebuah jembatan yang terkenal memiliki mitos tentang cinta. Nah, mitos mengenai jembatan ini adalah, apabila sepasang kekasih yang belum menikah melewati jembatan ini, maka hubungan mereka akan berakhir, walaupun ternyata jembatan tersebut malah menjadi salah satu spot foto romantis di Grojogan Sewu Saat kamu berada di gerbang masuk, baik jalur atas maupun bawah, kita bisa melihat kera-kera liar bergelantungan di pohon dan disekitar jalan. Walaupun kera di objek wisata Grojogan Sewu terbilang jinak, tapi kita harus tetap hati-hati untuk menjaga barang bawaan kita agar tidak diambil kera tersebut ya.
Memasuki kawasan air terjun, kita akan merasakan sejuknya udara sekitar dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya, air terjun Grojogan Sewu akan mulai terlihat dari jauh dengan debit airnya yang sangat deras. Karena derasnya aliran air inilah pengunjung tidak boleh mandi dibawah air terjun, sebab apabila ada kerikil atau bebatuan yang jatuh dari atas dan terkena badan kita maka akan berakibat fatal, sebagai alternatif kita bisa mandi di aliran sungai dari Grojogan Sewu ini. Sebagai tempat wisata populer di Karanganyar, Grojogan Sewu tak hanya menawarkan wisata air terjun saja, banyak fasilitas penunjang di Grojogan Sewu yang bisa kita coba. Salah satunya adalah mini rafting dan flying fox, jadi kamu tidak perlu kecewa karena tidak bisa mandi di bawah air terjun. Puas bermain, kini saatnya kita mengisi perut, Grojogan Sewu Tawangmangu ini sudah dilengkapi dengan banyak warung makan yang menawarkan berbagai jenis menu. Salah satu menu paling favorit di Grojogan Sewu adalah sate kelinci, makanan satu ini memiliki rasa yang sangat lezat lho, jadi kamu harus coba. 


Fasilitas : 
  • Warung Makan 
  • Tempat Parkir 
  • Mushola 
  • Penginapan 
  • Flying Fox 
  • Kolam Renang 
  • Pusat Informasi 
  • Mini Rafting 
  • WC 
  • Tempat Bermain Anak Guide 

Harga Tiket 
  • Masuk Grojogan Sewu Tawangmangu : Rp. 15.000/orang. 
  • Flying Fox dan Mini Rafting : Rp. 11.000/orang 

Jam Buka : 07:00 – 17:00 WIB 
Akomodasi (Penginapan) Sudah terdapat banyak sekali hotel disekitar wisata Grojogan Sewu, tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan seleramu. 

Lokasi : 
Alamat ; Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 
21 Km dari pusat Kabupaten Karanganyar melalui Jl. Lawu (37 menit) 
42 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Lawu (1 jam 17 menit) (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala). 


Tips Berlibur ke Grojogan Sewu Tawangmangu : 

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Grojogan Sewu adalah saat hari biasa (senin-jumat), sebab jika kamu berkunjung di akhir pekan maka akan sangat ramai oleh pengunjung. Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor, karena jalannya yang naik turun, berkelok-kelok dan cukup sembit apabila kita berpapasan dengan bus. Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan. Bagi kamu yang tidak mau capek, pilihlah jalur pintu masuk bawah, agar kita tidak perlu naik turun tangga. Ketika memasuki gerbang masuk, simpan dan jaga baik-baik semua barangmu, jangan sampai dicuri oleh kera-kera di situ ya. Jangan lupa membawa baju ganti untuk berjaga jaga. 


-------------------
Sumber:
Kunjungan Wisata tahun 2014 
https://id.wikipedia.org
http://www.brobali.com/


Grojogan Sewu - Air Terjun Populer  di Tawangmangu
  • Title : Grojogan Sewu - Air Terjun Populer di Tawangmangu
  • Posted by :
  • Date : April 28, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top