728x90 AdSpace

Latest

Selasa, 06 Februari 2018

Pantai Senggigi - Pesona Keindahan Pulau Lombok



Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Batu Bolong

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Lokasi 

Untuk mencapai Pantai Senggigi dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari Kota Mataram menggunakan mobil. Dengan jarak sedekat itu, makin populer saja pantai eksotis ini. Senggigi telah menjelma menjadi ikon pariwisata NTB sejak diperkenalkan pada 1980. Perkembangannya sangat luar biasa jika indikatornya adalah pertumbuhan jumlah hotel, mulai dari kelas bintang tiga sampai lima berjejer dari selatan hingga utara. Jika Bali memiliki Pantai Sanur, Kuta atau Legian, maka Pantai Senggigi dianggap mempunyai keindahan setara dengan pantai-pantai terkenal di Pulau Dewata tersebut. Pesisir pantainya asri dengan pasir putih terhampar di sepanjang hampir 10 km. Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini, seperti berenang, bermain kano, menyelam, snorkeling atau sekadar berjemur dan menikmati pemandangan. Jika Anda ingin mengelilingi pantai Senggigi namun tidak ingin cepat lelah, Anda bisa menaiki cidomo, angkutan khas NTB yang ditarik oleh seekor kuda. Atau Anda juga dapat mengelilingi pantai dengan berjalan kaki.

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap
-----------
Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai dikunjungi pada saat Lebaran Ketupat, yang dirayakan oleh mereka yang berpuasa satu minggu setelah Idul Fitri.


Makam Batu Layar 

Salah satu budaya yang bernilai religius dan banyak terdapat disisi pulau Lombok bagian barat adalah keberadaan makam tokoh-tokoh agama islam. Situs-situs ini memiliki nilain sejarah yang tinggi dalam perkembangan agama islam dipulau Lombok, sehingga keberadaaannya memiliki nilai sejarah dan religius. Salah satunya adalah makam batulayar yang terletak dikawasan wisata senggigi.posisi makam ini persis berada disalah satu perbukitan dibelokan jalan raya senggigi.
Perkuburan ini sama seperti perkuburan pada umumnya. Yang berbeda adalah salah satu makam diperkuburan itu diberlakukan istimewa, yakni dibuatkan tembok pelindung. Menurut cerita pada zaman dahulu ada seorang ulama bernama syech Duhri Al Haddad Al Hadrani berasal dari Bagdad, Iraq, yang datang kelombok untuk mengajarkan agama islam. Diakhir usianya syech ingin kembali ke Baqdad. Ketika itu dia duduk di atas batu yang berbentuk perahu dibatulayar , tiba-tiba datang hujan lebat dan angin kencang sehingga syech tidak kelihatan lagi.

Setelah hujan selesai syech menghilang dan yang ketinggalan adalah jubah dan sorbannya. Jadi yang dimakamkan di batu layar bukan orangnya tetapi jubah dan sorban. Ada juga versi yang mengatakan jika yang dimakamkan dilokasi adalah istri sang syech. Disisi luar bangunan ini, ada juga salah satu makam yang juga merupakan tokoh agama islam. Yakni TGH Narudin yang wafat sekitar tahun 1891. Disekitar makam yang dianggap keramat ini juga terdapat ratusan kuburan lain.

Untuk lebih menggencarkan promosi pariwisata kawasan ini, Pemda Kabupaten Lombok Barat setiap pertengahan tahunnya menjadwalkan penyelengaraan Festival Senggigi. Kekayaan atraksi budaya yang dipentaskan selama sepekan penuh tersebut membuat wisatawan terhibur dan kian betah untuk tinggal lebih lama. Oleh-oleh atau cendera mata khas juga tersedia. Tepatnya di Jalan Raya Senggigi Km 7 terdapat pusat perbelanjaan berbagai cendera mata Lombok di Pasar Seni Senggigi (Art Market Senggigi). Pemprov NTB berharap ke depan, tempat ini menjadi surga belanja bagi para wisatawan yang berwisata di Lombok. Pasar Seni Senggigi memiliki sekitar 12 kios (satu kios dihuni 4 - 6 pedagang). Kios-kios ini selesai dibangun dan diresmikan pada 11 Desember 1991 oleh Menteri Pariwisata dan Telekomunikasi Soesilo Sudarman. Di sana juga terdapat sekitar 56 pedagang kecil. Kios-kios cendera mata dibangun dengan bentuk rumah adat NTB yang beratap alang-alang kering. Berbagai macam kerajinan seperti mutiara, gelang, periuk dan anyaman bisa didapatkan di Pasar Seni Senggigi yang buka mulai pukul 09.00 sampai 19.00. Pedagang jenis pengasong cendera mata banyak yang menjajakan berbagai aksesoris hingga di area pantai. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 10 ribu s/d Rp 100 ribu.


--------------------------------- 
Sumber : 
Kunjungan lapangan/ wisata
http:// wikipedia.org/
http://lukevery.blogspot.co.id
http://www.lombokwisata.com







Pantai Senggigi - Pesona Keindahan Pulau Lombok

thanks for your comments

Top