728x90 AdSpace

Latest

Senin, 15 Januari 2018

Tips "Traveling" dengan modal Usaha dan Do'a

Doyan "Traveling"?

Pekerjaan paling enak adalah hobi yang dibayar. Kamu cukup membayangkan, apa jadinya jika semua orang di dunia bekerja dengan passion-nya masing-masing. Hidup akan lebih bahagia, jadi nggak melulu money oriented, nggak ada saling sikut hingga silang sengkarut dan saling bersaing untuk berburu jabatan. Padahal pekerjaan itu bikin kamu sumpek.

Masih banyak kok pekerjaan yang menghasilkan uang melalui hobi, bahkan hobi travelling sekalipun. seperti contoh:

Seorang Travel Fotografer
Tour Guide!
Kru kapal pesiar
Kru dan Presenter Acara Travelling
Travel Blogger
Arkeolog
Peneliti/ sains 
Pekerjaan ini sering Kita jumpai di kalangan mahasiswa. Awalnya hanya berkedok mengikuti proyek dosen, tapi lama-lama si mahasiwa tersebut berhasil terbang hingga keluar negeri untuk penelitian lebih lanjut.

Nah, kamu bisa mencontoh ide ini. Selain bisa jalan-jalan gratis untuk melakukan penelitian, kamu juga harus SMART sebagai peneliti di bidang ilmu pengetahuan.

Agak berat ya terlibat dinamika laboratorium dan segala isinya… Tunggu dulu, kamu bisa memilih bidang penelitian yang mengharuskan kamu kerja di lapangan. Seperti di bidang kehutanan, botani, pertanian, konservasi lahan dan lain sebagainya.
Penelitian di bidang itu lebih berpeluang untuk hangout dan mengunjungi daerah-daerah baru di Indonesia.

Khusus untuk kalangan PNS 
Kementerian Keuangan
Kementerian Agama
Kementrian Pertanian/agraria/ BPN
Kementerian Dalam Negeri, dll.
Kalau ingin jalan-jalan ke luar negeri tentu harus memilih Kementerian Luar Negeri, atau nanti cari beasiswa ke luar negeri yang hampir selalu ada setiap tahun. Bisa juga ikut program double degree yang membagi dua kuliahnya, setahun di dalam negeri, sisanya di luar negeri. Catatan: kalau tidak kepepet banget sebaiknya jangan melamar ke Pemda karena lingkup wilayahnya terbatas seluas kabupaten/kota atau provinsi saja.

Punya kemampuan spesifik dan diandalkan
Kalau kita punya keahlian teknis yang orang lain jarang punya dan diandalkan pimpinan (artinya tidak milih-milih penugasan), peluang untuk keliling Indonesia cukup besar. Misalnya sebagai auditor atau pemeriksa, atau tenaga teknik sipil untuk mengontrol pembangunan jalan. Apalagi kalau kementerian tersebut punya cabang atau istilahnya balai, kita bisa di-rolling dari satu balai ke balai lainnya sehingga bisa kenal Indonesia secara utuh.

Tapi paling enak memang tetap di pusat, jalan-jalannya cukup tiga-empat hari kerja saja. Tapi jangan khawatir, disiplin ilmu lain pun juga bisa keliling Indonesia, asal unit organisasinya memang tugas dan fungsinya pembinaan ke seluruh daerah. Seperti orang hukum bisa menjadi penyuluh atau narasumber di berbagai daerah, atau dosen yang bisa menjadi dosen tamu di universitas di daerah lain.

Dari semua uraian diatas, penulis mendapatkan pengalaman traveling dari pernah ikut menjadi peneliti/ Proyek Dosen ditambah dengan kemauan dan hobi "KLUYURAN" di usia masih muda dan akhirnya menjadi salah satu Karyawan di bagian Divisi Auditor selama 8 tahun, dilanjutkan dengan Advisor (konsultan internal/specialist) sampai dengan sekarang..
Berikut area yang pernah saya kunjungi (visited area) dan ternyata belum banyak jika dilihat dari area Nusantara yang luas.




------------------------------------------------------------------------

Berikut daftar kota/kabupaten yang pernah saya kunjungi:


LABUHAN BATU DELI SERDANG LABUHAN BATU SELATAN LABUHAN BATU UTARA MEDAN DANAU TOBA PESISIR SELATAN PADANG SOLOK SAWAH LUNTO PADANG PANJANG BUKITTINGGI PAYAKUMBUH INDRAGIRI HULU INDRAGIRI HILIR SIAK KAMPAR ROKAN HULU ROKAN HILIR PEKANBARU KERINCI MERANGIN SAROLANGUN BATANG HARI MUARO JAMBI BUNGO JAMBI SUNGAI PENUH MUARA ENIM LAHAT MUSI RAWAS BANYUASIN OGAN ILIR PALEMBANG PRABUMULIH LUBUKLINGGAU BANGKA BELITUNG BANGKA BARAT BANGKA TENGAH BANGKA SELATAN BELITUNG TIMUR PANGKAL PINANG JAKARTA SELATAN JAKARTA TIMUR JAKARTA PUSAT JAKARTA BARAT JAKARTA UTARA BOGOR CIANJUR BANDUNG CIREBON SUBANG PURWAKARTA KARAWANG BEKASI BANDUNG BARAT BOGOR SUKABUMI BANDUNG CIREBON BEKASI DEPOK BANJAR CILACAP BANYUMAS PURBALINGGA BANJARNEGARA KEBUMEN PURWOREJO WONOSOBO MAGELANG BOYOLALI KLATEN SUKOHARJO WONOGIRI KARANGANYAR SRAGEN GROBOGAN BLORA REMBANG PATI KUDUS JEPARA DEMAK SEMARANG TEMANGGUNG KENDAL BATANG PEKALONGAN PEMALANG TEGAL BREBES MAGELANG SURAKARTA SALATIGA SEMARANG PEKALONGAN TEGAL KULON PROGO BANTUL GUNUNG KIDUL SLEMAN YOGYAKARTA PACITAN PONOROGO TRENGGALEK BLITAR MALANG JEMBER SIDOARJO JOMBANG NGANJUK MADIUN MAGETAN NGAWI BLITAR MALANG PASURUAN MADIUN SURABAYA BATU TANGERANG TANGERANG SELATAN TABANAN DENPASAR LOMBOK BARAT LOMBOK TENGAH MATARAM SAMBAS PONTIANAK KETAPANG SINTANG KAPUAS HULU SEKADAU KAYONG UTARA KUBU RAYA PONTIANAK SINGKAWANG KOTAWARINGIN BARAT KOTAWARINGIN TIMUR KAPUAS SERUYAN GUNUNG MAS PALANGKA RAYA TANAH LAUT KOTA BARU BANJAR TANAH BUMBU BANJARMASIN BANJAR BARU KUTAI BARAT KUTAI KARTANEGARA KUTAI TIMUR BALIKPAPAN SAMARINDA MOROWALI UTARA MAKASSAR JAYAPURA  GRESIK.


----------------
Sumber: 
Pengalaman Lapangan / Kunjungan dinas
Dizzman, https://www.kitamuda.id
Tips "Traveling" dengan modal Usaha dan Do'a
  • Title : Tips "Traveling" dengan modal Usaha dan Do'a
  • Posted by :
  • Date : Januari 15, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top