728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 02 Januari 2022

Pantai Pasir Putih Pangandaran | Pantai Indah di Sisi Barat Cagar Alam Pananjung


Pantai Pasir Putih

Berkeliling di sekitar Pantai Barat Pangandaran, Anda dapat melihat ada satu sisi pantai dengan penampilan yang berbeda di Cagar Alam Pananjung. Itulah Pantai Pasir Putih. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih. Hal ini berbeda dari umumnya kawasan pantai yang lain di sekitar Pangandaran yang berpasir kecokelatan.

Berada di area Cagar Alam, pantai ini terpisah oleh tebing batu karang dengan kawasan Pantai Barat yang lain. Untuk mencapai pantai ini, ada dua rute yang bisa kita ambil yaitu jalur darat dan jalur laut. Melalui darat, kita bisa masuk melalui gerbang barat Cagar Alam Pananjung, kemudian berjalan kurang lebih 300 meter. Sedangkan melalui laut, kita dapat menyewa perahu dari kawasan Pantai Barat. Harga sewa perahu Rp. 15.000 per penumpang dengan maksimal 7 orang penumpang sekali trip atau sewa satu perahu Rp. 100.000. 


Daya tarik utama dari pantai ini adalah nuansa alami yang masih cukup terjaga. Karena berada di kawasan konservasi, Anda dapat melihat sejenis kera yang berkeliaran disekitar pantai ini. Kera tersebut ada yang cukup jinak untuk didekati dan diajak bermain, tetapi ada pula yang bersikap agresif. Anda juga dapat menyelam atau snorkeling di perairan dangkal di dekat Pantai Pasir Putih. Airnya yang jernih memungkinkan anda untuk melihat hingga ke dasar dan mengamati biota laut seperti kuda laut, bintang laut, teripang, tiram dan ikan yang ada di sana.

Karena masih banyak koral yang berada di bawah air, kamu bisa snorkeling di sini sambil menikmati pemandangan bawah laut. Satu hal yang agak mengkhawatirkan adalah kadang-kadang di pantai sangat ramai. Dan ketika ramai, banyak perahu keluar masuk, kadang sulit melihat orang-orang yang sedang snorkeling. Ini artinya kalau kamu sedang snorkeling kamu harus selalu awas agar jangan sampai kamu tertabrak perahu. 

Di pinggir pantai, anda bisa mencoba mencari kulit kerang dan potongan ganggang (rumput laut) segar yang hanyut terdampar di pantai. Anda juga dapat mengajak anak-anak bermain pasir atau sekedar duduk menikmati panorama alam yang masih tetap terjaga meskipun sempat diterjang tsunami beberapa tahun yang lalu. Dari Pantai Pasir Putih ini kita dapat melihat keindahan alam Pantai Selatan yang membentang dari Batu Karas hingga Pangandaran.

KAPAL FV (Fishing Vessel ) VIKING 



Pada 2016 silam, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menenggelamkan kapal FV Viking di Pantai Pangandaran. Kini, kapal itu menjadi bangkai dan salah satu icon wisata yang menarik para pengunjung.
Kapal penangkap ikan berbendera Nigeria itu diketahui sudah menjadi buronan Norwegia, negara di Eropa yang memproduksi kapal tersebut. Status buronan tersebut ditetapkan Norwegia sejak 2013, atau sejak kapal tersebut diketahui melakukan aksi illegal fishing.

Sebelum ditangkap di perairan Utara Tanjung Berakit, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, kapal tersebut diketahui sudah masuk purple notice Interpol Norwegia karena tercatat sudah 13 kali ganti nama, 12 kali ganti bendera, dan 8 kali ganti call sign.

Agar kapal berbobot 1.322 gross tonnage (GT) itu bisa tetap bermanfaat, Satgas 115 menenggelamkannya dengan cara mengandaskan sebagian kapal ke dalam laut. Sementara, sisanya masih bisa terlihat di bawah permukaan air. Dengan demikian, fungsi kapal tersebut sebagai kapal ikan akan hilang, tapi juga akan bermanfaat bangkai kapalnya saat air surut sebagai monumen peringatan perlawanan kepada pencuri ikan ilegal.

“Penenggelaman ini sekaligus memberikan efek jera kepada para pelaku illegal fishing dan sebagai bentuk peringatan kepada kapal lainnya agar tidak melakukan illegal fishing di Indonesia,” ujar Susi seusai penenggelaman. 

Cagar Alam Pananjung Pangandaran

adalah cagar alam yang terletak di Desa Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Cagar Alam Pananjung Pangandaran berdampingan dengan Taman Wisata Alam Pangandaran yang menjadi objek wisata di Jawa Barat.

Kawasan Taman Wisata Alam Pangandaran memiliki obyek dan daya tarik wisata yang beragam dan bervariasi, khusus anda yang berwisata bersama keluarga, area Taman Alam ini memberikan nilai edukasi untuk anak-anak anda, beberapa diantaranya adalah:
  • Pantai Pasir Putih Timur dan Barat terdapat hamparan terumbu karang yang ditumbuhi beragam biota laut, di area ini sangat tepat untuk sarana pendidikan maupun penelitian tentang Biota Laut. Lokasi yang tepat untuk berenang, snorkelling atau menyelam.
  • Hutan Tanaman Jati dan Mahoni, anda bisa mengobservasi/mengamati serta mengenali tumbuhan jati dan mahoni
  • Vegetasi Pes-Caprae (merupakan formasi vegetasi yang khas pada pasir/pantai yang didominasi oleh tumbuhan kangkung laut (Ipomoea pescaprae)
  • Hutan Pantai, dengan formasi Baringtonia merupakan hamparan hutan pantai yang didominasi oleh tumbuhan jenis Butun (Baringtonia asiatica), Nyamplung (Callophylum innophylum), Pandan Laut (Pandanus tectorius), Waru Laut (Hibiscus tilliceus).
  • Hutan Dataran Rendah, anda dapat mengamati kondisi hutan dataran rendah yang didominasi oleh jenis tumbuhan alam, mulai tumbuhan bawah hingga pepohonan, epiphyta dan parasit.



Fauna Yang Dapat dijumpai di Taman Wisata Alam Pananjung
Fauna yang dapat di temukan lebih dekat dengan kita dan bebas liar adalah Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachipytecus auratus), Landak (Hystrix bracyura), Trenggiling (Manis Javanica), Rusa (Cervus Timorensis) dan Kancil (Tragulus Javanicus).

Sedangkan untuk jenis burung, di kawasan ini anda dapat menemui burung Tulumtumpuk (Magalaema javensis), burung Kangkareng (Anthracoceros convexus), Ayam Hutan (Gallus g varius), Tando (Chynocephalus variegatus) dan juga Ular Sanca (Phyton molurus). 

Goa Alam (Karst) dan Goa Jepang Sejarah Perang Dunia ke Dua
Di area ini juga tersimpan sejarah Perang Dunia ke dua, salah satu peninggalannya adalah goa Jepang, dengan bantuan seorang pemandu lokal anda bisa memasukinya untuk melihat lebih jauh tentang riwayat dan kondisinya. Jika goa Jepang memang sengaja dirancang dan dibangun oleh manusia untuk keperluan perang, banyaknya goa-goa yang tersebar di beberapa tempat adalah goa bentukan alam. Goa alam di Taman Wisata ini memiliki riwayat sejarah, legenda dan juga ilmiah. Anda dapat mempelajari bagaimana proses pembentukann Stalagtit dan Stalagmit serta ornamen goa lainnya.
Wisata di Pangandaran, selalu identik dengan keiindahan pantainya, perahu nelayan, karang laut dan kehidupan biota laut, serta pesona sunset dan sunrisenya. 




----------------------------------- 
Sumber : 
- Kunjungan Wisata Des-2021 
- https://indonesiakaya.com/
https://www.mongabay.co.id/
- https://Wikipedia.org/
https://www.tourdejava.net/

Pantai Pasir Putih Pangandaran | Pantai Indah di Sisi Barat Cagar Alam Pananjung
  • Title : Pantai Pasir Putih Pangandaran | Pantai Indah di Sisi Barat Cagar Alam Pananjung
  • Posted by :
  • Date : Januari 02, 2022
  • Labels :

thanks for your comments

Top