728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 08 Januari 2022

Pantai Karapyak Pangandaran | Pantai dengan Hamparan Karang



Objek wisata ini berlokasi di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Untuk sampai ke area pantai wisatawan akan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit berkendara. Jarak tempuhnya dari kota Pangandaran kurang lebih 20 Kilometer ke arah timur. di Pantai tersebut sobat bisa melihat pemandangan Nusakambangan di arah tenggara. 

_______________

Pantai Karapyak bukanlah destinasi baru di Pangandaran. Pantai ini sudah ada sejak lama, namun tidak menjadi tujuan utama wisatawan untuk berkunjung. Hanya beberapa wisatawan saja yang singgah sebelum ke Pantai Pangandaran saja. Inilah yang menyebabkan Pantai Karapyak terbilang sepi dari wisatawan.

Namun, justru sunyi dan sepi yang dimiliki Pantai Karapyak menjadi daya tarik dan keuntungan tersendiri. Sehingga tempat ini menjadi tempat wisata yang cocok bagi yang menyukai kesunyian. Karena belum banyak wisatawan, objek wisata ini juga masih terjaga keasliannya. Meskipun sudah ada fasilitas umum, namun keaslian tanaman dan kelestarian pantai masih sangat terjaga.

Masih banyak pepohonan yang tumbuh di tepian pantai. Ada pandan laut, nyamplung, hingga katapang, banyak dijumpai di tepian pantai. Bahkan, beberapa bagian pasir juga masih ditumbuhi dengan rumput-rumput hijau. Membuat suasana semakin terasa keasriannya.

Pepohonan menjadi salah satu penyejuk pemandangan pantai ini. Warna hijau yang menutupi, berpadu indah dengan birunya lautan. Serta pasir putih yang menghampar di tepian pantai.
Objek wisata ini memiliki pasir pantai yang putih. Dengan butiran yang cukup besar, namun tetap lembut saat bersentuhan dengan telapak kaki. Tapi perlu berhati-hati, karena butiran pasirnya bercampur dengan batuan karang yang hancur. Yang warnanya pun sama, yaitu putih seperti tulang.

Belum banyak wahana di Pantai Karapyak. Namun tenang, selain keindahan alamnya, banyak kegiatan alam yang tersedia. Salah satunya adalah bermain di sela-sela batuan karang. Karena ombak yang cukup tinggi, wisatawan dilarang berenang di lautan.

Sebagai gantinya, wisatawan dapat bermain di batuan karang tepi pantai. Sebelum mencapai ke laut, area pasir dengan lautan berbatasan dengan terumbu karang. Di terumbu karang ini, wisatawan dapat bermain-main karena cukup dangkal.

Kunjungan wisata Des 2021

Di sini, wisatawan dapat mencari ikan-ikan kecil untuk ditangkap dengan jaring kecil. Atau mencari kelomang serta biota laut lain yang dapat ditemukan di sela-sela karang. Aktivitas ini amat disukai oleh wisatawan anak-anak. Tampak wajah bahagia mereka ketika menemukan ikan atau biota laut lainnya.

Wahana Foto Teras Kaca

Yang unik di Pantai Karapyak adalah adanya teras kaca sebagai spot foto. Namanya Teras Kaca Karapyak Valley. Tempat ini merupakan sebuah spot foto, namun tidak sembarang spot foto. Melainkan anjungan kaca yang menjorok ke pantai dengan panjang kurang lebih 6 meter.

Di sini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah. Luasnya lautan serta area pantai menjadi pemandangan utama yang menyejukkan. Apalagi, hijaunya pepohonan dan bukit serta hutan di pinggir pantai membuatnya tampak semakin asri. Latar belakang foto akan semakin indah tatkala ada ombak besar yang menghantam pantai.

Namun untuk menikmati keindahan berfoto di sini, wisatawan harus memberanikan diri alias uji nyali di sini. Karena seperti namanya, teras kaca ini memiliki lantai berupa kaca. Yang mana wisatawan akan langsung melihat jurang di bawah ketinggian ratusan meter. 



Fasilitas

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum. Seperti toilet, mushola, tempat parkir, dan beberapa warung di tepian pantai. Selain itu, ada juga ayunan sederhana yang dapat digunakan wisatawan bersantai. Favorit wisatawan di sini adalah menggelar tikar sambil menyantap kuliner bersama teman atau keluarga.

Objek wisata ini dapat dinikmati sepanjang hari. Bahkan, wisata bisa juga camping di sekitar pantai. Namun biasanya, wisatawan yang tidak menginap datang di pagi hingga sore saja. Sembari menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak Pangandaran

Objek wisata ini menerapkan tiket masuk yang masih terjangkau. Dibedakan berdasarkan kendaraan yang digunakan oleh wisatawan. Dengan tiket masuk ini, akan terganti dengan pemandangan indah yang terdapat di pantai. Namun, wisatawan juga diharuskan membayar biaya parkir di luar tarif tiket masuk. 

Tiket Masuk Pantai Karapyak
Jenis KendaraanHarga Tiket
OrangRp4.500
Sepeda MotorRp11.500
Sedan/JeepRp37.500
Minibus KecilRp51.000
Minibus BesarRp71.500
Bus KecilRp98.000
Bus SedangRp146.000
Bus BesarRp240.000




---------------------------------------
Sumber
- Kunjungan Wisata Des 2021
https://travelspromo.com/




Pantai Karapyak Pangandaran | Pantai dengan Hamparan Karang
  • Title : Pantai Karapyak Pangandaran | Pantai dengan Hamparan Karang
  • Posted by :
  • Date : Januari 08, 2022
  • Labels :

thanks for your comments

Top