728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 19 Juni 2021

Wisata Pura Ulun Danu - Pura Terapung Di Tepi Danau Beratan Bedugul




Lokasi pura di Bali tersebar di seluruh wilayah. Ada pura yang berada didaerah pegunungan, tepi danau alami, daerah perbukitan, area pedesaan, perkotaan dan ditepi pantai. 

Secara Administratif, Pura Ulun Danu Beratan terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia. Pura ini terletak tepat di tengah Pulau Bali, sekitar 50 km di utara kota Denpasar, di jalan utama antara kota Denpasar dan Singaraja

Ulun artinya tepi dalam bahasa Indonesia sedangkan Danu berarti danau. Jadi pura Ulun Danu artinya pura yang berada ditepi danau. Tepatnya berada di tepi danau Bratan Bedugul, yang berada di daerah dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Karena berada didalam area dataran tinggi, membuat udara disekitar area pura sangat sejuk. Sekedar informasi, ada dua tempat wisata pura terkenal di Bali yang memiliki nama sama, yaitu Pura Ulun Danu, namun lokasinya berbeda.




Dari 10 objek wisata pura terkenal di pulau Bali, yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia salah satunya adalah tempat wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul Bali. Bagi anda yang belum pernah liburan ke Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, pasti ingin tahu mengenai daya tarik Pura Ulun Danu Bratan sebagai destinasi wisata di Bali.

Objek wisata pura Ulun Danu Bedugul sangat cocok untuk anda kunjungi jika anda menyukai keunikan arsitektur khas Bali, tata kebun dengan banyak jenis bunga, dan lingkungan alam yang masih alami. Pada saat anda tiba dipintu gerbang masuk tempat wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, anda sudah dapat melihat candi bentar, keunikan arsitektur pura, suasana asri, udara sejuk dan lingkungan bersih.

Selain itu, pada saat air danau Beratan naik, Pura Ulun Danu Bedugul terlihat seakan mengapung di atas permukaan air danau. Air danau Beratan sangat jernih dan tenang. Pada siang hari kabut tipis mulai terlihat turun menutupi permukaan danau Beratan dan area perbukitan. Jadi daya tarik utama adalah dua pura yang lokasinya ditepi danau dan terlihat terapung dipermukaan air danau Beratan. Foto dari dua pura yang terlihat mengambang ditengah danau Bratan pernah ada di mata uang Rp 50,000.

Pura Ulun Danu Beratan - Kunjungan Wisata 2021


Sekilas Pura Ulun Danu Beratan

Menurut informasi yang tercetak dibagian belakang tiket masuk, sejarah Pura Ulun Danu Beratan dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu (Raja Kerajaan Mengwi). Pembangunan pura berfungsi atau ditujukan untuk pemujaan Tuhan Yang Maha Esa, dalam manifestasinya sebagai Tri Murti (Brahma, Wisnu dan Siwa). Untuk memohon kesuburan lahan pertanian, kemakmuran masyarakat, kesejahteraan manusia dan kelestarian alam agar terhindar dari bencana.

Selain keunikan lokasi, bentuk arsitektur pura juga sangat unik dengan ciri khas arsitektur Bali. Tempat pemujaan dibangun dari kayu yang bentuknya seperti pagoda, dengan jumlah 11 tingkatan pada area atap bangunan. Keindahan arsitektur pura juga ditambah dengan keindahan latar belakang perbukitan, serta danau alami yang mengelilingi area pura.

---------------------
Pura Ulun Danu Beratan adalah salah satu dari sembilan pura kahyangan jagat yang mengelilingi Pulau Bali, yang membuatnya jadi salah satu pura yang paling penting bagi masyarakat Bali. Khususnya umat agama Hindu. Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 5 Kompleks Pura dan 1 buah Stupa, diantaranya:
  1. Pura Penataran Agung
  2. Pura Dalem Purwa
  3. Pura Taman Beiji
  4. Pura Lingga Petak
  5. Pura Prajapati
  6. Stupa Budha

Secara geografis, Pura Ulun Danu Beratan terletak di ketinggian 1200 mdpl yang dikelilingi oleh perbukitan hijau serta pemandangan yang menyegarkan. Tempat ini telah menjadi salah satu landmark di Bali dan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi oleh ribuan wisatawan domestik maupun internasional setiap tahunnya disaat mereka sedang berwisata di Bali.

Pura Ulun Danu Beratan adalah ikon pariwisata Bali, selain patung Garuda Wisnu Kencana. Lokasi pura Ulun Danu Beratan berada di sisi barat Danau Bedugul. Alamatnya berada di jalan Raya Bedugul, Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Apabila anda memilih menginap di salah satu hotel yang berada di tepi pantai Kuta, maka akan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di kawasan tempat wisata Bedugul Tabanan.

Namun akan lebih dekat untuk menuju lokasi pura di tepi danau Bedugul bila anda menginap dikawasan tempat wisata Ubud Bali. Karena jarak tempat wisata Ubud menuju Bedugul kurang lebih 44 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh satu setengah jam. Akses menuju lokasi mirip seperti perjalanan dari Jakarta menuju ke puncak Bogor. Kontur jalan menanjak dan berkelok-kelok mengitari area perbukitan.

Kegiatan Liburan Disekitar Pura Ulun Danu Bratan

Kawasan tempat wisata Bedugul memiliki banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Namun ada dua tempat wisata di Bedugul yang populer, yaitu danau Beratan dan Kebun Raya Bedugul Bali. Kedua tempat wisata di Bedugul tersebut menjadi favorit masyarakat lokal Bali untuk liburan akhir pekan.

Berfoto Dengan Latar Belakang Pura Tepi Danau

Pengalaman saat liburan ke Pura Ulun Danu Bratan, saya melihat sebagian besar wisatawan setelah memasuki Candi Bentar (gerbang masuk pura) akan berjalan-jalan di area pura sambil mengambil foto. Setibanya anda ditepi danau, anda akan melihat pemandangan pura yang terlihat berada di atas permukaan air danau. Pemandangan paling indah dan unik yang dapat Anda lihat adalah kabut tipis yang turun dan menyelimuti permukaan danau.

Aktivitas Watersport Danau Beratan

Selain berfoto dengan latar belakang pura, banyak pelancong juga mengikuti aktivitas watersport di area danau. Seperti, memancing, kayak, speedboat, dan berlayar dengan perahu angsa. Lalu dimanakah lokasi tempat penyewaan perahu di kawasan pura Ulun Danu Beratan? Disisi kanan lokasi pura, terdapat dermaga kecil tempat penyewaan perahu tradisional, speedboat, dan jenis perahu angsa.

Dengan menggunakan perahu, wisatawan dapat melihat pemandangan danau, arsitektur pura dari jarak dekat dengan perspektif atau sudut foto yang berbeda. Anda juga dapat menyewa perahu angsa yang biasanya disukai anak-anak. Namun anda perlu tahu, Danau Beratan Bedugul memiliki kedalaman air hingga 23 meter. Jadi harap berhati-hati saat menaiki perahu di tengah danau.

Jika Anda ingin berkeliling area Danau Bratan, Anda dapat menyewa speedboat.


Sebagian besar tempat wisata terkenal di pulau Bali memiliki fasilitas pariwisata lengkap demi kenyamanan wisatawan. Di area kawasan objek wisata Pura Ulun Danu Bratan tersedia area parkir kendaraan yang sangat luas. Juga tersedia toilet umum dan kamar mandi juga tersedia. Berdekatan dengan area parkir, tepatnya dari gerbang keluar wisatawan terdapat banyak toko kecil yang menjual oleh-oleh khas Bali serta makanan dan minuman ringan.


Berikut ini adalah tips wisata ke objek wisata pura Ulun Danu Beratan : 
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata pura tepi danau Beratan Bedugul adalah di pagi hari sekitar pukul 08:15. Alasannya karena jumlah wisatawan masih sepi dipagi hari sehingga Anda akan memiliki cukup ruang untuk mengambil foto. Selain itu, dipagi hari peluang hujan lebih rendah dan kabut jarang turun.
  • Selalu ingat untuk membawa payung atau jas hujan, karena curah hujan di kawasan Bedugul sangat tinggi walaupun pada musim kemarau.
  • Jika anda ingin keliling danau Beratan menggunakan speedboat, sebaiknya anda membawa jaket pelampung.
  • Setelah mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan, Anda dapat mengunjungi tempat, kebun raya Bedugul Bali. Kemudian wisata ke sawah Terasering Jatiluwih, dan dilanjutkan ke tempat wisata pura Tanah Lot Bali.
  • Pergunakan pakaian layak saat memasuki area pura seperti memakai sarung dan selendang yang diikatkan dipinggang.

Kesimpulan Pura Ulun Danu Beratan

Apakah objek wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul layak dikunjungi saat liburan di Bali? Bagi saya Iya, objek wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul salah satu tempat yang harus dikunjungi di Bali saat liburan! Tentunya pada saat anda liburan di Bali anda tertarik melihat pemandangan alam, menyukai udara sejuk seperti di puncak Bogor, serta menyukai keindahan arsitektur pura. Selain itu, banyak tempat wisata yang searah dan berdekatan dengan kawasan tempat wisata Bedugul.


UPACARA MELASTI

Upacara Melasti adalah upacara keagamaan Hindu menyucikan Bhuana Alit (dunia kecil) dan Bhuana Agung (alam semesta). Upacara ini dilakukan dengan prosesi parade diikuti oleh ribuan umat Hindu dengan membawa semua upacara peralatan dan simbol dewa ke laut atau sumber air lainnya yang diyakini oleh umat Hindu sebagai tempat untuk memurnikan semua unsur alam semesta ini. 


Simbol-simbol yang biasa dewa dibawa ke laut adalah Keris, tombak, spanduk (Umbul-umbul), patung-patung, Barong dll prosesi ini adalah salah satu upacara Hindu yang unik di mana prosesi diikuti oleh ribuan umat Hindu yang mengenakan pakaian dan lainnya aksesoris putih untuk menunjukkan kemurnian.





---------------------------------------------------

Sumber : 
- Kunjungan Wisata Bali Mei 2021
- https://www.rentalmobilbali.net/
http://ulundanuberatan.com/id/ 


Wisata Pura Ulun Danu - Pura Terapung Di Tepi Danau Beratan Bedugul
  • Title : Wisata Pura Ulun Danu - Pura Terapung Di Tepi Danau Beratan Bedugul
  • Posted by :
  • Date : Juni 19, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top