728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 13 Juni 2021

Wisata dan Sejarah Pura Tanah Lot - Bali



Wisata dan Sejarah Pura Tanah Lot Bali 


Mendengar objek wisata Tanah Lot tidak asing lagi bagi wisatawan, apalagi di kalangan warga lokal, namun demikian tentu tidak banyak orang yang tahu tentang sejarah pura Tanah Lot tersebut. Kenapa keberadaannya di tengah pantai dan berada di atas bongkahan batu karang besar. Kalau air laut sedang pasang, maka pura ini dikelilingi oleh air laut, sehingga warga yang akan sembahyang tidak bisa masuk ke areal pura, dan untuk itulah disediakan sebuah pura di pinggir pantai untuk tempat penyawangan, tatkala warga tidak bisa masuk ke dalam pura.

Pura Tanah Lot ini indah, berlatar belakang samudera Hindia dan pemandangan matahari tenggelam, sehingga tidak heran menempati jajaran objek wisata di Bali yang paling populer dan favorit sebagai tujuan tour di Bali, kalau liburan ke Bali sebelum mengunjungi objek wisata Tanah Lot akan terasa kurang lengkap.

Lokasi objek wisata pura Tanah Lot, terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Biasanya wisatawan yang ingin liburan ke pura Tanah Lot di pagi hari pada hari yang sama, akan mengunjungi tempat wisata Bedugul Bali, kemudian sawah terasering Jatiluwih dan di lanjutkan ke pura Tanah Lot.

Sejarah Singkat Pura Tanah Lot Tabanan

Disaat anda berwisata atau berencana mengunjungi objek wisata Tanah Lot Bali, pernahkah anda ingin mengetahui tentang sejarah berdirinya Pura Tanah Lot? Jika jawabannya iya, silakan di baca lebih lengkap tentang sejarah Tanah Lot Bali di bawah ini.

Arti Nama Tanah Lot

Mungkin banyak dari anda yang penasaran, apa arti nama Tanah Lot dalam bahasa Indonesia.

Tanah di artikan dataran/tanah, Lot artinya laut, jadi Tanah Lot berarti dataran yang berada pada tengah laut. Sebuah bangunan pura Hindu berdiri di atas batu karang besar pada bibir pantai. Sesuai dengan nama tempatnya, pura tersebut di beri nama pura Tanah Lot. 

Sejarah Tanah Lot Bali Indonesia berdasarkan legenda. Salah satu legenda mengisahkan pada abad ke -15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan misi penyebaran agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.

Pada saat itu yang berkuasa di pulau Bali adalah Raja Dalem Waturenggong. Beliau sangat menyambut baik dengan kedatangan dari Dang Hyang Nirartha dalam menjalankan misinya, sehingga penyebaran agama Hindu berhasil sampai ke pelosok – pelosok desa yang ada di pulau Bali.

Sejarah Pura Tanah Lot Tabanan di kabupaten Tabanan di perkirakan di bangun pada abad ke-16 oleh seorang pendeta dari Kerajaan Majapahit bernama Dang Hyang Nirartha. Konon, pada saat Dang Hyang Nirartha mengunjungi pantai di bagian selatan pulau Bali, ia melihat sebuah batu karang besar yang berada di bibir pantai di desa Beraban, kabupaten Tabanan.

Kemudian Dang Hyang Nirartha mendapatkan ilham di atas batu karang adalah tempat suci yang dapat di gunakan sebagai lokasi pura. Tujuan dari pembangunan pura Tanah Lot adalah untuk memuja Dewa Baruna (Dewa Laut).

----------------------------------

Keindahan Pemandangan Sunset Tanah Lot

Keindahan tempat wisata pura Tanah Lot terdapat pada perpaduan keindahan alam yang berpadu dengan keindaahan budaya. Di saat anda liburan ke Tanah Lot di pulau Bali, anda akan melihat deruan ombak menerjang tebing batu karang. Menjelang matahari terbenam, sedikit-demi sedikit warna langit berubah dramatis di penuhi beranekaragam warna.

Saat matahari sudah tidak terlihat lagi di cakrawala, adalah waktu pemandangan sunset terindah di Tanah Lot. Karena selain pengunjung dapat melihat sunset, pengunjung juga akan melihat siluet pura Tanah Lot. Keindahan moment saat matahari terbenam di Tanah Lot inilah yang selalu menarik minat kunjungan wisatawan berlibur ke Tanah Lot Bali.

Bagi anda yang sering liburan ke tempat wisata pura di Bali, anda pasti akan melihat tata letak pura Tanah Lot sedikit berbeda dengan tata letak pura lainnya di pulau Bali. Hal yang membuat tata letak pura Tanah Lot berbeda dengan tata letak pura lainnya di Bali karena lokasi pura yang berada di atas batu karang.

Karena pura Tanah Lot berada di atas batu karang pada tengah laut, membuat luas lokasi untuk membangun pura tidak terlalu besar, serta bentuk batu karang yang pastinya tidak beraturan. Untuk dapat memenuhi standar pembangunan pura di Bali, maka dalam area pura Tanah Lot terdapat beberapa tempat pemujaan yang di bangun berdasarkan unsur tingkatan sesuai prosedur tata letak pura di Bali pada umumnya.

Pura adalah tempat suci bagi umat Hindu di Bali yang sangat terjaga kesakralannya. Maka itu, tidak semua orang yang datang di perbolehkan masuk ke areal pura. Hanya mereka yang punya tujuan untuk sembahyang, boleh masuk ke areal dalam pura Tanah Lot dan harus menggunakan pakaian sembahyang. Jika air sedang pasang, untuk menuju kawasan pura Tanah Lot, harus naik perahu. Karena air lautnya melebihi 2 meter di banding pada saat surut sekitar 0,5 meter atau tanpa ada air.

Objek wisata pura Tanah Lot Bali buka setiap hari dari pukul 07:00 – 19:00. Mengenai waktu terbaik berkunjung ke pura Tanah Lot, setiap wisatawan akan memiliki kriteria berbeda akan tujuan liburan. Ada yang menyukai liburan ke Tanah Lot saat kawasan belum ramai dengan kunjungan wisatawan. Ada juga wisatawan yang memprioritaskan untuk dapat melihat pemandangan sunset.

Kriteria yang mana yang anda lebih suka? Maka jawaban mengenai waktu terbaik liburan ke Tanah Lot juga akan berbeda.

Wisata Tahun 2021


Tidak Suka Keramaian

Jika anda tidak suka keramaian, maka waktu terbaik liburan ke Tanah Lot adalah di pagi hari sebelum pukul 10:00. Karena setelah pukul 10:00, objek wisata Tanah Lot akan mulai ramai dengan kunjungan wisatawan.

Jika anda tidak ingin liburan saat Tanah Lot ramai dengan kunjungan wisatawan, dan tetap ingin melihat pemandangan Tanah Lot. Maka waktu terbaik liburan ke Tanah Lot saat musim sepi kunjungan wisatawan di pulau Bali. Musim sepi kunjungan wisatawan di Bali terjadi pada bulan pertengahan bulan Januari sampai bulan April. Juga terjadi pada bulan September sampai akhir November.


Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali Terbaru 2021 - Wisatawan Domestik 

Setelah anda tiba di kawasan tempat wisata Tanah Lot Bali, anda akan melihat gerbang masuk kendaraan seperti halnya anda memasuki jalan tol. Di gerbang masuk kendaraan akan terdapat petugas yang menanyakan kepada pengujung, berapa jumlah pengunjung dewasa dan anak dalam kendaraan. Karena harga tiket masuk Tanah Lot dewasa dan anak berbeda.

Di bawah ini adalah daftar harga tiket masuk wisatawan Indonesia ke objek wisata Tanah Lot Bali beserta biaya parkir kendaraan.

KATEGORIHARGA TIKET
DewasaRp 20,000/orang
AnakRp 15,000/orang
Parkir MotorRp 2,000/Motor.
Parkir Mobil Roda EmpatRp 5,000/Mobil.
Parkir BusRp 10,000/Bus.
Setelah anda membayar tiket masuk Tanah Lot di gerbang masuk kendaraan, petugas akan memberikan bukti pembayaran tiket masuk Tanah Lot. Bukti pembayaran tiket masuk berupa kertas putih yang berisikan, tanggal & waktu kedatangan, jumlah pengunjung baik dewasa atau anak, biaya parkir kendaraan dan barcode.

Bukti pembayaran inilah, yang akan anda gunakan untuk memasuki area utama kawasan wisata Tanah Lot Bali. Jadi jangan anda menghilangkan bukti pembayaran tiket masuk, agar anda dapat memasuki area utama kawasan tempat wisata Tanah Lot Bali.

Jika anda membawa kendaraan pribadi, maka sebelum memasuki area gerbang masuk pengujung, anda harus mencari tempat parkir kendaraan terlebih dahulu. Di area kawasan wisata Tanah Lot Beraban, tersedia tempat parkir yang sangat luas. Selain itu, lokasi parkir tiap-tiap kategori kendaraan dipisahkan. Ada tempat parkir khusus, motor, khusus mobil dan khusus bus.

Pura Batu Bolong Tanah Lot

Di bagian sisi barat laut dari pura Tanah Lot, adalah lokasi dari pura kedua adalah yang diberi nama Batu Bolong. Pura Batu Bolong juga dibangun tepat berada diatas tebing karang. Namun terdapat jalan layang alami dari batu karang yang menghubungkan antara daratan dengan lokasi pura Batu Bolong.

Jika anda berjalan dari area pantai Tanah Lot menuju ke area pura Batu Bolong. Anda akan menemukan area taman yang tertata rapi dengan jalan setapak yang mudah dilewati. Di area taman ini anda akan dapat melihat dua pemandangan sekaligus, yaitu, pura Tanah Lot dan pura Batu Bolong.



 



---------------------
Sumber: 
Kunjungan Wisata (Mei Tahun 2021)
https://www.balitoursclub.net/






 Wisata dan Sejarah Pura Tanah Lot - Bali
  • Title : Wisata dan Sejarah Pura Tanah Lot - Bali
  • Posted by :
  • Date : Juni 13, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top