728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 13 Desember 2020

Taman Bunga Nusantara Cianjur - Wisata Bunga dan Wahana Bermain



Kali ini kami berwisata ke Taman Bunga Nusantara, yang berlokasi di Cianjur, banyak orang yang mengira bahwa Taman tersebut berada di wilayah Bogor, mungkin dikarenakan lokasinya yang searah menuju ke Puncak Bogor jika kita dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Kami tidak berekspektasi terlalu banyak untuk apa yang ada di lokasi taman bunga tersebut,.... yaaa karena namanya taman bunga sudah tentu kita dapat membayangan apa yang ada didalamnya. 

Bagi penulis, yang menjadi nilai dari taman Agrowisata tersebut diantaranya adalah Arsitektur penataan Taman yang baik yang dikolaborasikan dengan Wahana bermain anak serta taman untuk belajar tentang jenis tanaman, khususnya tanaman bunga. 

Tentu bagi keluarga yang berwisata di tempat ini dengan membawa anak-anak, mereka tidak akan fokus kepada tanaman/bunganya, hanya sekilas saja mereka takjub, mereka akan lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain di Wahana atau paling tidak bermaian di areal yang luas serta yang ada tantangan. berbeda cerita bagi mereka yang datang dengan pasangannya. 

Taman Bunga Nusantara merupakan taman display bunga pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia. Dengan ratusan varietas tanaman berbunga di taman, Taman Bunga Nusantara benar-benar menjadi tempat dimana bunga-bunga dari seluruh dunia tumbuh.





Sekilas Tentang Taman Bunga Nusantara

Sejarah taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara ini di dirikan atas prakarsa B. Dani Bustanil Arifin di tahun 1992,
pada saat itu B. Dani memang menjadi ketua yayasan bunga nusantara dan membangun taman bunga ini sebagai area agrowisata. Taman Bunga Nusantara ini diresmikan oleh Presiden Soeharto di tahun 1995.

Taman bunga ini sangat luas, luas taman bunga ini di perkirakan sekitar 35 hektar, dari luas 35 hektar ini di bagi lagi menjadi beberapa taman.
Setiap taman taman ini menempati sekitar 25 hektar lahan dari total 35 hektar tadi, selain itu ada 7 hektar lagi lahan yang di peruntukan untuk area playground anak atau yang biasa di sebut alam imajinasi.

Untuk sisa lahan yang ada di khususkan untuk di bangun penginapan, restoran serta ruang pertemuan.
Sejak pertama kali di resmikan oleh Bp. Presiden Soeharto, taman bunga nusantara ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi pada saat libur panjang dan hari libur nasional, wisata ini akan di penuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah tidak terkecuali turis manca negara.

Tujuan pembangunan taman ini antara lain untuk melestarikan tanaman langka serta menyediakan tempat rekreasi yang sehat bagi wisatawan domestik dan mancanegara.


Bagi Anda yang berencana untuk menghabiskan akhir pekan di Taman Bunga Nusantara, jangan lupa untuk mengikuti protokol kesehatan seperti memastikan tubuh dalam keadaan sehat, memakai masker, mencuci tangan secara berkala dan menjaga jarak.

Wahana Taman Bunga Nusantara

Sekarang kita lanjut ke bagian wahana dan taman taman yang ada di area taman bunga ini.

Danau Angsa



Tempat yang dipergunakan untuk menampilkan ragam unggas seperti angsa yang kami datangkan dari berbagai penjuru dunia. Seperti, Angsa Hitam (Cygnus Atratus) yang berasal dari Australia, dan Angsa Putih (Cygnus Olor) dari Eropa. Disamping itu pengunjung juga dapat menyaksikan ribuan ikan dalam berbagai jenis.

Taman Air


Disini, pengelola menanam bunga Teratai Raksasa loh dengan nama Victoria Amazonica yang berasal dari Amerika Selatan. Bentuk daun yang berbentuk nampan yang hanya muncul di pagi hari dan menjelang petang. Selain itu terdapat juga Giant Arum (Typonodorum Lindleyanum) yang daunnya mirip pohon pisang, berasal dari Amerika Selatan.

Taman Mawar



Dari namanya saja sudah jelas pasti banyak tumbuhan mawar yang indah di taman ini. Dan ternyata pengelola tidak sembarangan merawatnya. Perlu penanganan khusus. 

Taman Perancis


Ini nih salah satu objek wisata yang recommended bagi Anda ketika berkunjung ke wisata Taman Bunga Nusantara. 
Taman Perancis ini dibangun dengan konsep khusus ala prancis yaitu gaya Renaissance Perancis yang tepat sekali dijadikan lokasi berfoto ria bersama keluarga. 
Untuk mendapatkan hasil pemandangan yang jauh lebih menakjubkan Anda bisa menikmatinya dari atas menara pandang. Dari atas menara seluas penjuru keindahan Taman Perancis ini dapat Anda saksikan dengan begitu mewah.

Taman Labirin (Maze Garden)


Objek wisata di Taman Bunga Nusantara yang tidak kalah serunya dan rugi banget kalau sampai dilewati begitu saja. Taman Labirin, salah satu wisata taman dengan gaya yang unik dan khas.
Taman ini dibentuk ke dalam sebuah bentuk labirin yang sangat besar dan indah. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga sangat murah dan tidak menguras kantong.

Sekilas ketika Anda membayangkan masuk ke sebuah taman dengan bentuk labirin pasti Anda akan berpikir bagaimana bila tersesat dan tidak bisa keluar dari Taman Labirin itu.
Tidak usah risau dan khawatir, saat masuk ke Taman Labirin Anda akan diberikan sebuah peta yang dapat Anda gunakan untuk menikmati setiap sudut keindahan taman tanpa takut kesasar dan tidak bisa keluar dari area.

Taman Bali


Taman Bali ini khas indonesia yang sudah dikenal oleh internasional. Uniknya bangunan Bali seperti patung, Gapura Pintu Masuk, Bengong dan Bale Kulkul. Untuk tanaman didominasi oleh Bunga Kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia dan tanaman tropis lainnya.

Taman Mediterania


Taman ini adalah untuk mengenalkan pada pengunjung tentang lokasi gurun seperti di Mediterania dengan cuaca kering. Seperti jenis kaktus (Cactaceae), dan yucca (Liliaceae)

Taman Palem



Beragam pohon palem yang ditanam dengan rapi dan indah beralaskan hamparan rumput yang hijau menjadikan suasana menjadi pemandangan kehijauan dan kesegaran yang semakin nyata.

Adapun jenis-jenis pohon palem yang disediakan di wisata Taman Bunga Nusantara tepatnya di obyek wisata Taman Palem ini misalnya pohon palem botol, palem Meksiko, palem raksasa dan juga pohon palem unik dari Madagaskar.

Taman Jepang


Taman Jepang disusun dengan unsur utama dari infrastruktur dari kayu dan batu-batuan. Dengan desain yang rapi ditambah suguhan kolam yang tenang dan suasana taman yang sunyi rekomendasi sekali bagi Anda yang mencari tujuan wisata untuk merefreshkan pikiran dengan penatnya dunia kerja yang menyita waktu.

Rumah Kaca


Adapun bunga bunga yang mengisi Rumah Kaca yang memiliki luas 2.000 m2 dan 3.000 panel kaca ini adalah bunga-bunga yang tidak bisa bertoleransi dengan iklim yang ekstrem seperti derasnya air hujan dan teriknya sinar matahari.
HTM Rumah Kaca: Rp 5.000,-

DISPLAY KARPET & TOPIARY

Menara Pandang


Bangunan berupa menara dengan tinggi 29 meter yang memiliki 3 lantai. Dari ketinggian ini Anda dapat melihat keindahan Taman Bunga Nusantara secara menyeluruh.

Bursa Bunga


Tempat bagi pengunjung untuk berbelanja aneka bunga maupun tanaman berdaun indah lainnya. Lokasinya di areal parkir, dimana Anda akan mudah membawa tanaman yang telah dibeli ke kendaraan.

Saung Nini


Penginapan tepat di depan Taman Bunga Nusantara. Dapat digunakan sebagai penginapan saat Outing, Rapat Kerja atau liburan bersama keluarga dengan adanya 5 Business Room, 8 Standart Room dan 10 unit tenda untuk berkemah di Camping Ground.

Garden Tram



Garden Tram berkapasitas 16 hingga 20 orang untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara. Tiket dapat dibeli bersamaan dengan tiket masuk. Garden Tram beroperasi setiap hari dengan jadwal keberangkatan tiap 30 menit.

Tiket Rp 50.000,-

Wira-Wiri


Kendaraan terbuka dengan kapasitas 14 orang pengunjung untuk mengelilingi taman. Dalam kendaraan ini, anda dapat mendengarkan informasi mengenai Taman Bunga Nusantara.
Tiket : Rp 5.000,

Lokasi Piknik 



Dalam menunjang kegiatan acara yang akan dilaksanakan oleh rombongan, terdapat 8 lokasi piknik dan 18 unit gazebo/saung yang tersebar diberbagai tempat. Area Piknik berkapasitas dari 50 hingga 3.500 orang.


 
--------------------------------- 
Sumber : 

Kunjungan Wisata Des 2020
www.tamanbunganusantara.com
https://www.doyanjalan.com/
https://vilapuncak.net/



Taman Bunga Nusantara Cianjur - Wisata Bunga dan Wahana Bermain
  • Title : Taman Bunga Nusantara Cianjur - Wisata Bunga dan Wahana Bermain
  • Posted by :
  • Date : Desember 13, 2020
  • Labels :

thanks for your comments

Top