728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 04 Oktober 2020

Alternatif Tempat Wisata Memikat di Kutai Barat Kalimantan Timur



Image by: https://pariwisata.kutaibaratkab.go.id/

Kutai Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Sendawar. Kabupaten Kutai Barat merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Kutai.
Kabupaten Kutai Barat berbatasan dengan Kabupaten Mahakam Ulu di sebelah utara, Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah timur, Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah selatan dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Kabupaten Kutai Barat terbagi menjadi 16 kecamatan dan 190 kampung. (Wikipedia). 


Perjalanan kali ini sebenarnya dalam rangka kunjungan dinas untuk melakukan kegiatan survei. perjalanan kali ini agak berbeda dengan kunjungan sebelumnya, dimana saat kunjungan ini masih dalam masa Pandemi COVID-19
Penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan sepanjang perjalanan, dan pastinya suasana perjalanan berbeda dengan hari-hari biasanya. 

*tanpa masker dan facesield hanya pada waktu pengambilan foto saja ya


Kembali ke Topik Wisata saja ya :) ....... 
Salah satu destinasi menarik di pulau Kalimantan adalah Kutai Barat. Tepatnya ada di wilayah Kalimantan Timur. Di sana ada sejumlah wisata baru dan sekarang lagi hits katanya. Travelling ke provinsi Samarinda tidak lengkap jika tidak mengunjungi kota Kutai Barat. Menawarkan panorama alam yang alami dan dapat menjadi obyek wisata bagi setiap traveler.

Beberapa destinasi wisata Kutai Barat, antara lain:

1. Jantur Mapan

Merupakan sebuah air terjun yang dikelilingi tebing bebatuan dan pepohonan hijau. Mempunyai puncak air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras menuju ke sungai Mahakam. Di sekitar air terjun udara tampak segar alami dan cocok untuk refreshing. Untuk sampai ke destinasi ini, Anda akan melewati belasan anak tangga dari kayu ulin. Berkunjung ke air terjun Jantur Mapan tak lengkap jika tidak bermain airnya yang dingin. Terdapat beberapa bebatuan untuk duduk  bersantai sembari menikmati udara sejuk dan keindahan alam sekitar. Cocok juga untuk berburu foto dengan latar belakang keindahan alam.
Sebenarnya, wisata air terjun di sana tidak hanya Jantur Mapan melainkan banyak. Seperti contohnya air terjun jantur Inar, air terjun jantur Mukuq, jantur Manarung, air terjun Tabalas, air terjun Mancangkaw, air terjun Atai, jantur Dora, jantur Sewet, jantur Asam, jantur Emperuq, jantur Tebati, jantur Tebatang dan lainnya. Masing-masing destinasi alam tersebut menawarkan keindahan yang menarik. Air terjun, bebatuan serta deretan pepohonan sekitar menjadi bagian utamanya.

by Borneo24.com

Lokasi: Jl. Sengkereaq Lacaaq, Linggang Mapan, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat.

2. Danau Jempang

Danau Jempang ini menghadirkan keindahan alam yang bersahabat. Destinasi ini memiliki luas sekitar kurang lebih 15.000 ha. Biasanya digunakan untuk acara upacara adat yang bernama pelas danau dan secara bersamaan berlangsungnya Ehaq Jempang pada bulan Mei. Pada moment ini terdapat juga acara lomba perahu duyung dan lomba ketinting.
    Lokasi: Tanjung Isuy, Kec. Jempang, Kab. Kutai Barat.

3. Danau Aco

Merupakan sebuah danau luas yang berada di atas bukit. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam dan udara sejuk alami. Tersedia juga beberapa fasilitas untuk pengunjung berupa perahu karet. Perahu tersebut dapat disewa untuk berkeliling danau.
Selain itu, memancing di danau ini juga bisa. Ada beberapa jenis ikan yang dapat ditemui dan bisa dipancing. Biasanya mereka yang datang untuk memancing memilih tempat yang sedikit lebih jauh dari keramaian. Tujuannya agar kegiatan memancing lebih fokus

    Lokasi: Linggang Melapeh, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat.

4. Danau Barong

Selain danau Aco, di Kutai Barat ada danau lain yang tidak kalah populer. Adalah danau Barong yang merupakan salah satu tempat wisata menarik di sana. Bentangan air yang luas dengan lingkungan alam yang asri.
Objek wisata danau Barong ini menawarkan keindahan alam yang bersahabat. Banyak yang datang ke sini untuk sekedar refreshing serta menikmati panorama alam sekitar. Danau yang cukup luas ini pun tak pernah sepi dan selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.  Di pinggiran danau menjadi salah satu favorit para pengunjung untuk bersantai. Bahkan sembari menyantap makanan maunpun minuman.

Image credit: https://www.facebook.com/infokutaibarat/

Lokasi: Melak Ilir, Kec. Melak, Kab. Kutai Barat.

5. Kersik Luway

Kersik Luway merupakan sebuah taman yang memiliki luas 50 km persegi. Di tempat ini terdapat tiga jenis anggrek yang diantaranya Anggrek hitam, Erya Vania dan Erya Florida. Di sini terdapat juga kantung semar.,
Tanaman Anggrek hitam di Cagar alam ini berbunga pada akhir November sampai dengan awal April. Suguhan keindahan flora dan fauna pun tersaji dengan begitu menarik. Sebagai salah satu destinasi wisata alam, taman ini juga menyediakan berbagai sumber informasi mengenai tanaman di tempat tersebut.
Taman sekaligus cagar alam ini seringkali dijadikan spot foto. Latar belakang taman yang indah menjadi pilihan menarik dalam mengabadikan sebuah gambar. Berbagai pilihan background alam terbaik bisa Anda temukan di sini. Tak sedikit para pengunjung yang datang dan berfoto-foto di sekitar objek wisata.

Image Credit: Johntawicenter.blogspot.com
Lokasi: Sekolaq Darat ,Kec. Sekolaq Darat, Kab. Kutai Barat.

6. Barong Tongkok

Barong Tongkok merupakan sebuah Lamin dari suku Dayak Tunjung. Di sini para pengunjung dapat menyaksikan kegiatan sehari-hari dari suku Dayak tersebut. Aktivitas bersangkutan biasanya membuat kerajinan tangan yang berasal dari rotan. Seperti contohnya tas keranjang atau anjat, tikar rotan atau lampit dan lainnya. Bahan rotan tersebut disulap jadi karya seni yang indah.
Aneka kerajinan kriya dari rotan yang dianyam bisa ditonton tanpa harus membayar. Sebagai pengunjunh, para wisatawan dapat belajar secara langsung untuk membuat kerajinan tangan yang ada. Hasil karya dari rotan tersebut beraneka ukuran dan dimanfaatkan sesuai fungsinya. Pengunjung dapat berkeliling sekaligus menambah wawasan berharga dari masyarakat setempat. Sebab ada banyak hal yang dapat dipelajari. Mulai dari kegiatan sehari-hari, cara menganyam rotan, cara memanfaatkan hasil kerajinan dan lainnya.

Image Credit: Facebook.com @CagarBudayaKutaiBarat

7. Lamin Tolan

Adalah Lamin yang paling tua dengan usia kurang lebih 200 tahun. Satu-satunya Lamin di Kutai Barat yang unik dan asli. Dimana konsep dan kontruksi bangunan ini benar-benar tradisional. Mulai dari lantai rotan, dinding dari kulit kayu, dan lainnya. Memasuki Lamin ini akan terlihat jelas keunikan dan keistimewaannya. Tampak sekali khas Lou atau lamin tradisional yang kaya akan nilai sejarah. Wisata kemari pun bisa menambah nilai pengetahuan yang berharga.
Untuk wisata kunjungan ke Lamin atau Lou di Kalimantan Timur ini memang memberikan kelebihan tersendiri. Terdapat beragam informasi menarik mengenai Lou-lou yang ada di sana. Sebab sebagaimana pun juga, lou atau lamin ada banyak. Beberapa diantaranya seperti lamin Dayak, lamin Eheng, lou Bagun dan lainnya.

Image Credit: Dapobud.kemdikbud.go.id

Lokasi: Lambing, Kec. Muara Lawa, Kab. Kutai Barat.

8. Taman Budaya Sendawar

Merupakan sebuah taman yang dikenal dengan sebutan lamin 6 etnis. Dimana 6 lamin tersebut terdiri dari suku Dayak Ahoeng, suku Dayak Benuaq, suku Dayak Tanjung, suku Dayak Kenyah dan etnis Melayu. Etnis yang berada dekat dari pusat perkantoran pemerintah ini dibangun dengan konsep modern. Biasanya di hari sabtu malam di tempat ini terdapat acara tari-tarian tradisional dari 6 etnis.
Berkunjung ke Taman Budaya Sendawar menjadi salah satu cara menambah wawasan penting. Tempat tersebut bahkan hanya Anda temui di sini. Taman sekaligus area wisata yang menyuguhkan konsep permainan yang berbeda.


Lokasi: Jl. Sendawar Raya, Kec. Barong Tongkok, Kab. Kutai Barat.

Rekomendasi Hotel

Hotel Loveta :  Barong Tongkok Hp.0813 5107 6118 


________________
Sumber: 
Kunjungan bulan Sep-2020 
https://www.borneos.id/
https://id.wikipedia.org/
http://borneo24.com/ 


Alternatif Tempat Wisata Memikat di Kutai Barat Kalimantan Timur
  • Title : Alternatif Tempat Wisata Memikat di Kutai Barat Kalimantan Timur
  • Posted by :
  • Date : Oktober 04, 2020
  • Labels :

thanks for your comments

Top