728x90 AdSpace

Latest

Senin, 14 Desember 2020

Camping Keluarga Bersama Anak di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas




Anda ingin menghadiahi anak-anak sesuatu sebagai penghargaan atas kerja keras mereka selama ini dalam hal akademis, namun tak punya ide mengenai tempat atau aktivitas liburan yang berkesan untuk mereka. Mengapa tidak mencoba melakukan sesuatu yang baru bersama anak, Camping Keluarga misalnya... 

Camping keluarga, saya rekomendasikan sebagai aktivitas pengisi liburan yang tepat dan mengasyikkan untuk seluruh keluarga. 

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas Camping Ground adalah Areal Bumi Perkemahan yang asri dan sejuk tepat berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango dengan berbagai macam view dan landscap yang bisa dipilih sebagai lokasi camping keluarga. Mulai dari tempat lokasi dekat Mandalawangi yang asri atau area pinggir sungai dengan pepohonan rindang.

Sekilas Tentang Mandalawangi Cibodas

Dari segi etimologi, Kata Mandalawangi jika meruntut pada tradisi, terdiri dari dua kata yaitu MANDALA dan WANGI. MANDALA dimaknakan sebagai perguruan. WANGI dimaknakan sebagai harumnya kebaikan. MANDALAWANGI dimaknakan sebagai perguruan kebaikan yang harum mewangi ke berbagai penjuru.

Nah jika kita mengambil dari makna tradisi Arab, kata Mandalawangi terdiri dari tiga bagian, yaitu MAN, DALLA dan WANGI. MAN dimaknakan sebagai makhluk berakal. DALLA dimaknakan memberikan petunjuk. WANGI dimaknakan sebagai bahasa serapan non Arab yang dimaknakan harumnya kebaikan. Mandalawangi bisa memiliki 2 arti. Pertama, Mandalawangi dimaknakan orang yang memberikan petunjuk (menyebarluaskan) kebaikan. Kedua, Mandalawangi dimaknakan orang yang memberi petunjuk akan harum mewangi ke berbagai penjuru, dunia.
Sesuai dengan makna tersebut, Mandalawangi Cibodas merupakan tempat camping yang asri dan harum wangi pepohonan hijau serta udara segar tentunya sehingga dapat memberi manfaat bagi pengunjung dan pengelolanya.

Fasilitas dan yang Menarik di Mandalawangi Cibodas

Begitu kita memasuki areal perkemahan, sebuah patung dinosaurus raksasa akan menyapa kita dengan mulut yang terbuka yang merupakan terowongan untuk masuk ke areal perkemahan. 
Dari sana kita bisa memilih menyusuri sungai untuk melihat pemandangan yang indah dan hijau. Bisa juga langsung menuju ke areal Danau Mandalawangi yang menyejukan perasaan. Di danau ini, kita bisa berkano bersama rekan atau keluarga. Lihat juga Air Terjun Rawa Gede yang kita harus waspada karena ada lintah disana... hehehe.

Fasilitas lainnya seperti sewa peralatan camping lengkap tersedia disini. Jadi Anda tidak perlu repot membawa semua peralatan dari rumah. Bagi yang suka rintangan lebih bisa dicoba jungle track dan fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan spider net.

Soal air bersih yang merupakan kebutuhan dasar saat camping, tersedia melimpah disini. Toilet dan sarana ibadah pun tersedia dan mudah dijangkau.


Kegiatan disekitar Danau

Berhubung ini adalah kegiatan Camping pertama bagi si Fatih dan Fira, kami memilih lokasi camping yang bisa dibilang nyaman dan juga komplit dengan bermacam-macam fasilitas. kami memilih lokasi camping dengan mendirikan tenda di sekitar lokasi Sungai di bagian bawah dari Danau Mandalawangi. 

dan sudah tentu, untuk acara dimalam hari, anak-anak dengan semangat mencari kayu dan daun untuk membuat Api unggun, saat itu cuaca sedang gerimis dan malamnya hujan disertai angin kencang. 
Pengalaman camping pertama bagi anak-anak ini sangatlah seru, mereka belajar tentang bagaimana rasanya hidup langsung dialam hutan, menjaga kebersihan, melawan rasa takut dan cemas, belajar fokus serta menahan dinginnya cuaca sekitar. 

Mendirikan tenda bersama, menata bagian dalam tenda, belajar memasak, berbagi makanan dengan anggota keluarga adalah sebagian kecil hal-hal yang dapat dipelajari anak dalam camping bersama. 
Ia akan belajar bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain untuk suatu tujuan.

Anda juga dapat mengenalkan cara-cara hidup bersahabat dengan alam dan pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar melalui kegiatan ini.

Suasana Malam hari yang seru dengan membuat Api Unggun


WACANA UMUM 
________________________________________
Mungkin Anda suka camping semasa belum menikah, tapi menurut Anda camping  keluarga dengan membawa anak-anak bukanlah ide bagus karena pasti ribet. Di rumah saja mereka sudah merepotkan Anda, apalagi jika diajak menginap di luar ruangan!

Eits, jangan putus asa dulu. Bukan tidak mungkin anak-anak malah menyukainya, dan itu sangat tergantung dari keberhasilan camping perdana yang Anda adakan. Tak perlu khawatir seandainya Anda belum berpengalaman dalam menyelenggarakan. 

Berikut TIPS Camping Keluarga : 

1. Sosialisasikan 

Sosialisasikan tentang  camping keluarga penting agar anak tidak merasa kecewa dengan apa yang akan ditemui dan dialaminya nanti di lokasi perkemahan. Jika mereka tampak tidak tertarik, tunjukkan gambar-gambar tenda untuk berkemah dan ajak mereka membayangkan bagaimana rasanya tidur dalam tenda.

2. Pilih Lokasi 

Camping keluarga tentu sedikit berbeda dengan camping yang Anda lakukan bersama teman-teman semasa sekolah atau kuliah. Jangan pilih medan yang terlalu berat untuk dijangkau seperti di dalam hutan, misalnya. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota dan suasananya tidak terlalu sunyi.

3. Survai Lokasi 

Survey lokasi penting agar Anda tak kesulitan mencari toilet atau air untuk keperluan memasak. Dengan melakukan survey Anda dapat memutuskan jenis tenda dan peralatan apa saja yang harus Anda bawa untuk camping, dan saat ini sudah banyak EO (event Organizer) yang dapat kita sewa untuk fasilitas penyediaan baik peralatan maupun jasa layanan yang lain (tergantung paket yang dipilih). 

4. Lama Berkemah 

Rencanakan dengan seksama berapa hari camping akan dilakukan, karena ini penting untuk menentukan peralatan apa saja yang harus Anda bawa.

Sedangkan peralatan yang perlu dibawa saat camping adalah: 
  • Pakaian ganti, jaket, jas hujan, topi
  • Peralatan mandi
  • Senter dan LED Plus Power Bank untuk HP dll
  • Air minum dalam kemasan
  • Peralatan memasak seperti panci untuk memasak nasi, nesting, kompor spiritus atau kompor paraffin
  • Perlengkapan makan
  • Sleeping bag dan selimut
  • Losion anti nyamuk dan minyak kayu putih (Obat-obatan)
  • Sepatu untuk hiking, sandal karet dan kaos kaki
  • Bahan makanan, antara lain  beras, makanan kaleng (sarden dan kornet) dan sayur-sayuran yang tahan lama (wortel, buncis, kentang dsb.)
  • CEMILAN
  • Korek Api 
  • Kamera untuk keperluan dokumentasi



Mandalawangi Cibodas Camping Ground atau Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas dapat menjadi pilihan dan solusi terbaik untuk kegiatan camping atau perkemahan keluarga anda. Mulai dari kondisi geografis, lokasi yang mudah dijangkau, dan fasilitas pendukung yang dimiliki oleh bumi perkemahan ini, menjadikannya sebagai tempat yang baik dan ideal untuk camping.




Punya pengalaman seru saat camping bersama anak-anak dan keluarga? Yuk, berbagi pengalaman tentang asyiknya camping keluarga melalui kolom komentar di bawah ini.

_____________________________
Sumber : 
Kunjungan Wisata Des 2020
https://mandalawangicibodascampground.com/
id.the asian parent 

Camping Keluarga Bersama Anak di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas
  • Title : Camping Keluarga Bersama Anak di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas
  • Posted by :
  • Date : Desember 14, 2020
  • Labels :

thanks for your comments

Top