728x90 AdSpace

Latest

Senin, 15 Januari 2018

Curhatan Auditor




Banyak orang melihat bahwa menjadi orang audit itu adalah pekerjaan yang menyenangkan karena bisa bepergian keluar kota dan mengetahui banyak sekali daerah di luar kota. namun ada juga yang tidak suka pekerjaan audit karena sangat beresiko dan banyak waktu yang dikorbankan termasuk waktu bersama keluarga. jadi bagaimanakah suka duka nya seorang audit?

Berpergian keluar daerah
Bagi orang yang senang travel atau berpetualang keluar kota mungkin pekerjaan audit adalah hal yang ditunggu apalagi apabila orang tersebut pernah bermimpi untuk mengelilingi indonesia, audit adalah salah satu cara untuk mewujudkan impian mereka, kesenangan untuk mengenal daerah - daerah di indonesia adalah hal yang paling diminati oleh seorang yang suka dengan travelling, kita bisa mencoba kuliner disuatu daerah, adat di suatu daerah, ataupun tempat wisata di suatu daerah, mempelajari bahasa daerah orang lain adalah kesempatan yang sangat berharga dan sangat ditunggu oleh orang yang senang dengan traveling.

Bagi fresh graduate, hal ini sangat dicari karena ada suatu kebanggaan apabila kantor mereka menyuruh orang tersebut untuk melakukan tugas luar kota. namun lama kelamaan kesenangan tersebut akan hilang apabila telah berulang kali bepergian ke tempat yang sama atau ada pengalaman yang tidak mengenakkan yang terjadi pada orang tersebut di daerah tersebut atau biasanya seseorang yang telah mempunyai keluarga apabila ditugaskan keluar kota untuk beberapa waktu adalah hal yang tidak mengenakkan. namun untuk orang yang masih single hal itu adalah tantangan tersendiri.

Travelling ke beberapa daerah membuat kita bangga sehingga apabila ada orang baru yang kita kenal yang berasal daerah yang pernah kita kunjungi adalah hal yang bisa memulai pembicaraan terhadap orang tersebut. atau apabila ada sesuatu yang terjadi dengan daerah yang pernah kita kunjungi di televisi adalah hal yang menarik karena kita mengetahui suasana didaerah tersebut.
Perjalanan yang jauh ke suatu daerah bisa menjadi hal yang paling melelahkan atau pun membahayakan apabila kita datang ke daerah yang masih rawan perampok ataupun kecelakan, namun itu adalah resiko dari pekerjaan sebagai auditor.

Mengenai pekerjaan audit
suka duka dalam pekerjaan audit juga cukup menarik untuk disimak dan banyak sekali hal-hal yang luar biasa apabila kita lihat dari semua aspek seperti:
  • 1.     Apabila kita sedang mendalami kasus berat dalam audit kita sering sekali harus melakukan investigasi kepada auditee yang membutuhkan keahlian bicara dan Analisa data.
    2.     Apabila kita memiliki patner dalam bekerja sering sekali terjadi perdebatan yang dapat membuat selisih paham antara sesama audit.
    3.     Apabila temuan kita tidak dianggap atau dikatakan material oleh atasan padahal menurut kita itu sangat material sehingga itu menuntut sikap sabar dan legowo untuk menghadapinya.
    4.     Apabila kita dihadapkan dengan sikap profesionalisme kita dimana kita disuap dengan berbagai cara baik dari uang dan barang-barang yang lain.
    5.     Apabila kita dihadapkan dengan ancaman dari auditee ataupun seseorang yang menekan mental kita sehingga kita merasakan ketegangan.
    6.     Rutinitas yang terus menerus akan menimbulkan kejenuhan.
    7.     Kebuntuan dalam temuan.
    8.     Berhadapan dengan Auditee yang tidak koperatif dan tidak professional.
    9.     Schedule yang padat sehingga memerlukan waktu ekstra yang terkadang luar biasa yang bisa membuat binasa.
    10.  Service auditee yang luar biasa sehingga terkadang ada rasa iba terhadap temuan.
    11.  Bertemu dengan saudara seiman namun dia melakukan kecurangan.
    12.  Investigasi yang melelahkan.
    13.  Proses audit yang terlewatkan dan lain-lain.
Mungkin beberapa orang yang memiliki pengalaman audit merasakan hal yang sama atau mungkin ada yang berbeda namun saya rasa semua hampir merasakan sama seperti yang diatas.

namun pekerjaan adalah pekerjaan yang penting pekerjaan itu disenangi,disyukuri dan paling penting kita niatkan untuk ibadah mencari ridho Allah SWT, itu akan membawa kita lebih semangat untuk bekerja.

dan Alhamdulillah, saat dibuat tulisan ini, penulis sudah 3 tahun pindah profesi dari  Auditor menjadi Advisor/ Specialist. di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia bahkan terbesar 2 di Dunia.


-----------------
Sumber inspirasi: 
Kunjungan lapangan & Pengalaman pribadi
salomobrahmana
Curhatan Auditor

thanks for your comments

Top