728x90 AdSpace

Latest

Senin, 01 Mei 2023

Pantai Klayar - Pesona Wisata Indah di Pantai Selatan Pacitan



Kalau di Yogyakarta mempunyai pantai klasik bernama parangtritis, dan juga baron, krakal, dan kukup. Nah, pacitan pun tidak mau kalah karena, mempunyai pantai klasik pula yang sejak dahulu sudah punya nama dan saat ini semakin tenar di kalangan masyarakat.

Kawasan tersebut adalah pantai klayar. Dimana, nama dari objek wisata ini pernah dijadikan sebagai judul lagu dari seorang maestro campursari ternama yaitu Didi Kempot. 

Tak hanya dikenal sebagai Kota Seribu Gua, Pacitan juga dikenal melalui keindahan pantai-pantai yang ada di wilayahnya dan Pantai Klayar merupakan salah satunya. Hamparan pasir putih yang membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai, diapit dengan kedua bukit karang di sisi kanan dan kirinya.



Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah tepatnya yaitu berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan.

Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik dan juga menyimpan misteri. Keindahan yang ada diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah. Lebih banyak turis mancanegara yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik dikarenakan Pantai Klayar lebih dikenal melalui internet dibandingkan melalui pemberitaan di media offline.

Ada 2 alternatif jalan yang dapat Anda tempuh untuk menuju objek wisata Pantai Klayar, yakni dari Jawa Timur dan dari Yogyakarta – Wonosari-Wonogiri. Jalur yang kedua ini hanya memakan waktu 3-4 jam saja dan dapat Anda tempuh dengan merental mobil selama 24 jam atau membawa kendaraan pribadi.




Perjalanan menuju objek wisata Pantai Klayar Pacitan dapat dikatakan lancar karena sarana jalan sudah diaspal dengan baik. Namun ketika sudah berada di Wonogiri menuju Pacitan, jalanan mulai bervariasi terlebih lagi jika Anda ingin mengambil jalan pintas melalui jalan desa, kemungkinan Anda akan menemui jalan bebatuan atau beraspal namun dalam kondisi yang berbolong.

Jadi bagi Anda yang berada di Pulau Jawa dan ingin menikmati keindahan pantai dengan biaya relatif murah, tak usah berwisata jauh-jauh. Nikmatilah kebersamaan bersama keluarga dan teman-teman dengan mengabadikan momen Anda di keunikan dan keindahan Pantai Klayar.


Sejarah Nama Pantai Klayar 


Sejarah penamaan Klayar sendiri memiliki dua versi. Versi pertama, dulu dipercaya ada sebuah perahu yang berlayar dan kemudian diterjang oleh ombak besar. Perahu ini pun terombang-ambing dan terus-menerus diterjang ombak. 
Namun, perahu tersebut tidak hancur maupun karam, melainkan terdampar. Sebab perahu ini terombang-ambing di tengah laut dalam waktu yang lama, penduduk setempat memberinya istilah ‘Glayar’.

Versi kedua dari penamaan pantai ini adalah karena dulunya area pantai digunakan sebagai kawasan untuk berjalan-jalan. Banyak penduduk sekitar yang jalan-jalan pagi dan sore.

Aktivitas jalan-jalan setiap pagi dan sore ini oleh penduduk setempat disebut sebagai ‘klayar-kluyur’. Kata ‘klayar-kluyur’ sendiri memiliki arti berjalan-jalan. Sehingga, lama kelamaan pantai ini dinamakan Pantai Klayar untuk mempermudah penyebutan.



Di balik namanya yang unik dan sekilas terdengar sangat Jawa sekali, Pantai Klayar memiliki sejarah yang panjang. Pantai ini adalah bagian dari gugusan Pantai Laut Selatan yang membentang di pesisir Pacitan. 

Pantai Klayar memiliki ombak yang besar dan pemandangan yang memukau apalagi dinikmati dari atas bukit. 


-----------------
Sumber
- Kunjungan Wisata Tahun 2023
- https://indonesiakaya.com/ 
- https://www.indozone.id/





Pantai Klayar - Pesona Wisata Indah di Pantai Selatan Pacitan
  • Title : Pantai Klayar - Pesona Wisata Indah di Pantai Selatan Pacitan
  • Posted by :
  • Date : Mei 01, 2023
  • Labels :

thanks for your comments

Top