728x90 AdSpace

Latest

Rabu, 29 Juni 2022

Pulau Pahawang Lampung - Wisata Laut Indah di Lampung



Keindahan Pulau Pahawang

Pahawang merupakan salah satu objek wisata bahari yang paling terkenal di Provinsi Bandar Lampung. Pulau yang terkenal dengan keindahan alam baharinya ini masuk dalam kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Untuk sampai di kawasan Pulau Pahawang, dari pusat Kota Bandar Lampung menempuh jarak sekitar 25 km atau 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan yang ramai perahu dan aktivitas nelayan ini, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu boat selama 40 menit.

Angkutan umum yang terkoneksi akan memudahkan para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, untuk lebih mengenal anekarupa keindahan alam Indonesia. Keragaman alam dan budaya merupakan salah satu pesona Indonesia.

Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar Pulau dan Pahawang kecil.Pulau Pahawang Besar memliki luas mencapai 1.000 hektare. Pulau ini dihuni lebih dari 300 kepala keluarga, yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Di Pulau Pahawang Besar sudah dilengkpai sekolah dan puskesmas.

Pulau Pahawang Kecil ukurannya sekitar 13 hektare, dan tidak berpenghuni. Kebetulan pulau ini memiliki pasir landai yang saat surut akan menjadi jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan pulau kecil lainnya yang ada di sebelahnya.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat Anda mengunjungi Pulau Pahawang, mulai dari memancing, snorkeling, hingga diving. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di pulau tak berpenghuni, Pulau Pahawang Kecil menawarkan resort dengan berbagai fasilitas menarik, salah satunya adalah penginapan dengan pemandangan pantai yang indah.

Untuk fasilitas wisata di kota Lampung memanglah belum selengkap tempat wisata di pulau Jawa. Pulau-pulau di Sumatera khususnya pulau Pahawang memang masih kurang dikenal banyak orang.
Akan tetapi, pulau ini memiliki daya tarik utama yang sangat menawan nan indah yaitu keindahan saat snorkeling menikmati jernihnya air, indahnya biota laut, dan terumbu-terumbu karangnya.
Pulau Pahawang Besar, Kecil dan Kelagian


Tak hanya keindahan bawah laut yang dapat membuat pengunjung terkesan. Anda juga dapat menikmati suasana alam yang tenang, udara yang segar.

Pahawang juga memilik pemandangan sunrise dan sunset serta yang indah. Hutan mangrove serta flora dan fauna yang ada disekitar pulau Pahawang juga jadi nilai tambah sendiri.


Pulau Pahawang Besar

Luas pulau Pahawang Besar ini adalah sekitar seribu hektar, terdiri dari 6 desa, yang dihuni oleh sekitar seribu kepala keluarga.

Sebagian dari penduduknya adalah transmigran di masa Orde Baru, yang berasal dari pulau Jawa, dengan profesi sebagian besar sebagai nelayan.
  • Di Pahawang belum ada pasokan listrik masuk, sehingga dipergunakanlah genset. Pada setiap villa mempunyai gensetnya masing-masing, demikian pula dengan tiap rumah di pulau tersebut, juga mempunyai genset.
  • Biasanya genset akan menyala hingga sepanjang malam, dan kemudian mati pada sekitar 4 jam sejak dari siang harinya hingga sore hari.
  • Di pulau Pahawang Besar tersebut sudah terdapat beberapa fasilitas umum, yakni seperti ada puskesmas, dan juga sekolahan.
  • Para wisatawan yang berkunjung ke pulau Pahawang menginapnya adalah di pulau Pahawang besar ini.
  • Di pulau Pahawang besar juga inilah terdapat spot terbaik tempat untuk melakukan snorkeling guna menikmati keindahan lautnya yang masih indah alami.
  • Terdapat koloni ikan giru atau clownfish atau ikan badut yang populer dikenal sebagai ikan Nemo.
  • Seiring dengan populernya film kartun tentang ikan badut yang bernama Nemo, di karang-karang lautan pulau Pahawang ini dengan tempat penyelamannya juga dinamai sebagai Wisata Taman Nemo Lampung.
Snorkeling - di Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Kecil

  • Tak jauh dari pulau Pahawang Besar terdapat pulau Pahawang Kecil, dengan luas sekitar 13 hektar.
  • Menurut informasi yang ada, pulau tersebut dikelola secara private oleh seorang warga negara asing yang oleh penduduk sekitar disebut sebagai Mr. Joe.
  • Terdapat sebuah cottage di pulau Pahawang Kecil tersebut yang tidak bisa dengan bebas dikunjungi oleh para wisatawan, meski di kawasan sekitar lokasi pulau Pahawang kecil juga turut dan sering kali menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan pada saat snorkeling.

Kegiatan Wisata Pulau Pahawang

Selama berada di pulau Pahawang, wisatawan dapat melakukan snorkeling atau berenang menikmati keindahan alam biota lautnya yang beragam, lengkap dengan terumbu karangnya.
  • Ataupun bisa sekedar berjalan-jalan menikmati pasir dan udara pantai dengan angin sepoi-sepoinya dan menikmati pemandangan indah saat sunrise maupun saat sunset dan berfoto mengabadikan pemandangan yang memesona.
  • Bisa juga para wisatawan melihat-lihat flora dan fauna khas dari hutan mangrovenya.
  • Selain melakukan snorkeling, bisa juga jika ingin melakukan free diving.


Wisata bawah laut di pulau Pahawang ini telah mulai dirintis sejak sekitar tahun 2010 dan tahun 2011.
Pihak Pemerintah Daerah dan Dinas Kelautan setempat telah mengajak para nelayan untuk membudidayakan terumbu karang pada sejumlah titik tertentu yang berada di sekeliling pulau Pahawang tersebut.

yakni dengan menempatkan gapura, dan tulisan hingga candi mini dan lain sebagainya sebagai spot unik snorkeling, spot berfoto di bawah laut. Hingga akhirnya dalam jangka waktu sekitar setahun kemudian maka lokasi tersebut mulai siap untuk dijadikan sebagai tempat melakukan snorkeling.

Dengan menyelam hingga sampai di sekitar kedalaman 2 meter hingga 4 meter, maka para wisatawan akan menemukan aneka biota laut yang menarik dengan keindahannya masing-masing.

Terdapat beberapa lokasi tempat snorkeling yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan di pulau Pahawang ini, yakni antaranya ada daerah Gosong Pancong, dan Cukuh Bedil, juga Gosong Bekri, serta Tanjung Putus.


---------------------------------------------------------------------------------
Sumber
- Kunjungan Wisata Mei 2022 
- https://lampungprov.go.id/
- https://www.berwisata.id/wisata-lampung/





Pulau Pahawang Lampung - Wisata Laut Indah di Lampung
  • Title : Pulau Pahawang Lampung - Wisata Laut Indah di Lampung
  • Posted by :
  • Date : Juni 29, 2022
  • Labels :

thanks for your comments

Top