728x90 AdSpace

Latest

Senin, 27 Desember 2021

Pantai Batu Karas Pangandaran | Wisata Pantai Dengan Ombak yang Landai


   

Pantai Batu Karas, Pantai Tenang Incaran Para Surfer.

Berlokasi di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Jaraknya sekitar ± 7,7 Km dari wisata alam Green Canyon, dengan waktu tempuh ± 14 menit dengan menggunakan kendaraan.
Jarak pantai ini dari Pangandaran kurang lebih 40 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Batukaras menawarkan daya tarik pantai dengan ombak yang bagus untuk berenang, berselancar dan permainan air seperti banana boat; spot yang tepat untuk bersantai menikmati sunset dan sunrise.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang landai dan sering dijadikan arena surfing oleh para surfer baik lokal maupun mancanegara. Tidak heran, Pantai Batu Karas banyak direkomendasikan komunitas surfing sebagai arena berselancar yang nyaman untuk para surfer terutama bagi para pemula yang ingin belajar surfing.

Selain itu, pantai ini relatif lebih dekat dengan wilayah jakarta dibandingkan dengan Bali dan Nias yang memang sudah terkenal menjadi daerah favorit para surfer.

Selain untuk surfing, pantai ini juga cocok untuk berenang dan memancing. Salah satu spot yang direkomendasikan untuk kegiatan memancing adalah di Batu Payung yang letaknya disebelah barat pantai dan dapat diakses menggunakan perahu sewaan yang ada disekitar pantai. Bila Anda tidak tertarik dengan kegiatan memancing, Anda bisa mencoba aktivitas lain seperti olahraga air yang bisa dilakukan di pantai ini seperti bermain banana boat yang bisa memacu adrenalin Anda.

Bila dibandingkan Pangandaran, wilayah Batu Karas relatif lebih sunyi, asri dan alami. Tempat ini juga dapat menjadi alternatif yang cocok bagi pasangan pengantin baru yang menginginkan bulan madu dengan suasana yang penuh ketenangan. Beberapa hotel dan penginapan tersedia disini dengan kisaran harga bervariasi, namun semuanya relatif terjangkau.

Karena sebagian besar penduduk lokal banyak yang bekerja sebagai nelayan, hasil laut seperti cumi, kepiting dan berbagai jenis ikan segar amat mudah ditemui dengan harga yang terjangkau di pelelangan ikan. Buat Anda pecinta seafood, berbagai kuliner laut segar bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi perut yang lapar sehabis berkeliling pantai ini.

Memilih Pantai Batu Karas sebagai tempat wisata tentu saja bisa menjadikan liburan Anda berkesan. Selain menikmati suasana pantai yang relatih lebih tenang, tempat ini juga bisa Anda jadikan ajang wisata kuliner dengan berkeliling warung-warung yang ada disekitar pantai dan menjajakan beragam pilihan Seafood.

Pantai Batu Karas Pangandaran - Des 2021


Bagi anda yang suka berpetualang, Batukaras menawarkan beberapa tempat yang cocok untuk berkemah dan hiking diantaranya adalah Karangnunggal yaitu pantai terpencil di area Batukaras yang memiliki bukit karang menjulang tinggi di bibir pantai yang sangat indah. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat view Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pelabuhan Bojong Salawe dan Pantai Madasari dari atas bukit Pantai Batukaras.

Adanya kawasan wisata hutan mangrove yang sangat unik dan bukit view pantai batu karas menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga pengunjung bisa menikmati alam Pantai Batukaras tidak hanya sekedar pantainya, melainkan alamnya yang mempesona.

Pantai dengan ombak yang landai menjadikan pantai Batukaras sebagai tempat favorit wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik yang memiliki hobi untuk berselancar, karena pantai ini diapit oleh teluk kecil menjadikan gelombang ombak yang menerjang ke pantai tidak terlalu liar sehingga bagi wisatawan yang baru mulai menggemari surfing, Pantai Batukaras sangat tepat untuk dikunjungi.



Batu Karas - Sejarah/ Mitos 

Seperti halnya pangandaran, Batu Karas ini juga mempunya sejarah yang cukup menarik untuk kita ketahui, mari kita simak asal usul atau sejarah objek wisata Pantai batukaras.

Pada zaman dahulu kala ada seorang yang sedang merantau yaitu Rd Raja Katomas beserta istrinya bernama masimah. Mereka berdua merantau dari daerah Bojong Loa, Bojong Genteng lalu ke pesisir pantai. Didaerah pesisir pantai tersebut Rd Raja Katomas bingung untuk memberi nama daerah pesisir tersebut, lalu dikarenakan tempat tersebut diakatakan “Waraas” oleh Rd Raja Katomas yang artinya tinggal wass. Maka diberi namalah daerah tersebut dengan nama “Batukaras”.

Nama Batukaras menurut informasi dari salah satu penduduk desa mengatakan bahwa nama Batukaras berasal dari batu dan karas yang memiliki makna batu yang keras. Batu tersebut berada dipesisir pantai dan dapat ditemui hingga sekarang.



Tiket Masuk Pantai Batukaras Pangandaran

Tiket masuk pantai Batukaras sama dengan tiket masuk Pantai Pangandaran yakni biaya tiket masuk berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan oleh pengunjung.

Untuk pejalan kaki dengan asumsi parkir kendaraan di luar loket wisata pantai batu karas adalah Rp. 6.000 / orang, sepeda motor Rp. 14.000, mobil sedan Rp. 37.500, mobil keluarga Rp. 65.000, mobil L300 Rp. 92.500, mobil elf Rp. 126.000, bus sedang Rp. 188.000, dan bus pariwisata besar Rp. 310.000




------------------------
Sumber: 
- Kunjungan Wisata Des 2021
- https://indonesiakaya.com/
- https://tourism.pangandarankab.go.id/
https://www.mygreencanyon.com/

Pantai Batu Karas Pangandaran | Wisata Pantai Dengan Ombak yang Landai
  • Title : Pantai Batu Karas Pangandaran | Wisata Pantai Dengan Ombak yang Landai
  • Posted by :
  • Date : Desember 27, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top