728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 22 Agustus 2021

Sejarah Perkebunan Teh Rancabali - Ciwidey | Peninggalan Belanda


Ciwidey adalah sebuah kecamatan di kabupaten bandung ( Jawa Barat ). Nama Ciwidey berasal dari bahasa portugis kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah cianjur selatan.

Ciwidey terkenal sebagai daerah tujuan wisata dan juga sebagai daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan. Objek wisata di daerah ini antara lain :

  • Kawah putih
  • Situ patenggan
  • Perkebunan teh Rancabali
  • Ranca upas
  • Kebun strawberry Ciwidey

Menurut sejarahnya, perkebunan teh Rancabali di bangun sejak tahun 1870 dan di perkebunan ini terdapat makam dan rumah peninggalan K. A. R. Bosscha.

Kebun teh yang dikelola oleh PTPN VIII ini berada di ketinggian 1.628 mdpl. Tempat ini memiliki suhu rata-rata berkisar pada 5-20 derajat celcius. Perkebunan teh ini juga merupakan aset Belanda yang mengalami nasionalisasi. Dibangun pada tahun 1870, hingga kini tempat ini masih menjadi daya tarik wisatawan. Selain teh, Rancabali juga memiliki perkebunan kina.

 

Perkebunan Teh Rancabali terletak di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, merupakan salah satu obyek wisata alam di Bandung selatan. Berada sekitar 50 Km di sebelah selatan kota Bandung pada ketinggian 1.628 diatas permukanaan laut dan suhu 16 – 26 derajat Celcius, perkebunan Teh Rancabaki berlokasi tidak jauh dari obyek wisata kawah putih dan bumi perkemahan Ranca Upas. Perkebunan ini mengolah dua komoditi yaitu teh dan kina yang di dukung oleh keberadaan pabrik pengelolahan teh CTC dan Orthodoks.

Keindahan perkebunan teh yang menghijau itu sepertinya tidak cukup, karena masih ada area alam lain yang membuat wisatawan betah berada disana, yaitu beberapa titik air terjun kecil bertingkat di tepian – tepian pohon teh yang terletak di sisi kanan kalau kita menuju objek wisata lain Situ Patenggang. Semua orang yang pernah ke sana setuju, kalau hamparan pucuk – pucuk daun teh dengan daun yang berwarna hijau kekuningan bak permadani yang luas, bisa membuat mata rehat dan serasa ingin merebahkan diri di atasnya. Para wisatawan yang datang pun tidak bosan – bosannya mengabadikan keindahan alam Rancabali dengan memotret berbagai wilayahnya. Selain menikmati pemandangan kebun teh, anda juga bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali. Anda bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan tea walk dengan rute sejauh 2 Km, 3 Km, atau 4 Km.

Alam Rancabali tidak hanya bisa membuat sejuk mata dan hati, namun lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari hamparan daun hijau dan kuning bak permadani yang kita sebut sebagai daun teh.


Jalur / rute menuju ke tempat wisata perkebunan teh Rancabali

Menuju lokasi perkebunan teh Rancabali sama dengan menuju tempat wisata lainnya yang ada di kawasan Bandung selatan seperti : wisata petik strawberi – Ciwidey, obyek wisata kawah putih Ciwidey dan penangkaran rusa Rancaupas. Bagi pengunjung dari jakarta dapat melewati tol Cipularang kemudian keluar di pintu tol Kopo Bandung menuju selatan tepatnya menuju Soreang kemudian Ciwidey, dari pintu tol Kopo sampai Ciwidey apabila di tempuh menggunakan mobil pribadi waktu yang di tempuh sekitar 30 – 60 menit tergantung kondisi ramai tidaknya jalan. Dari Ciwidey wisatawan menuju ke arah Situ Patengggang, nanti wisatawan akan mendapatkan sebuah jalan yang bagian kiri dan kanannya penuh dengan pemandangan hamparan teh yang menghijau. Nah itulah lokasi


Fasilitas-Fasilitas Wisata Perkebunan Teh Rancabali Bandung

Untuk berada di perkebunan teh rancabali bandung jangan khawatir akan  kurangnya fasilitas. Perkebunan teh ini memiliki beberapa fasilitas yang mungkin akan membantu para pengunjung menikmati keindahan yang ada di perkebunan teh. Fasilitas yang tersedia di perkebunan teh rancabali diantaranya ialah:

1. Tempat Parkir

Bagi pengunjung yang wisata perkebunan teh rancabali bandung tidak perlu khawatir akan kendaraan kalian,  karena di perkebunan teh ini terdapat lokasi parkir untuk para pengunjung yang telah disediakan. Jadi jangan pernah lewatkan kesempatan kalian untuk berkunjung ke tempat ini. Keindahan alam yang terlihat oleh mata akan terbayar semua.

2. Tea Walk

Tea walk juga merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di wisata ini. Berkeliling di perkebunan teh sambil menikmati keindahan yang telah terlihat di sekeliling kita, menikmati udara dan pancaran sinar matahari apalagi bila berada di pagi ataupun sore hari. Melakukan kegiatan Tea Walk ini juga sangat seru apalagi bersama dengan keluarga atau sahabat-sahabat terdekat kita.

3. Penginapan

Selain itu juga di sekitar Perkebunan Teh Rancabali Bandung  telah tersedia penginapan khusus kalian yang ingin menikmati keindahan perkebunan teh lebih lama lagi. Penginapan yang ditawarkan juga berbagai macam tempat. Ada yang seperti tempat tradisional ataupun biasa dan masih ada lagi penawaran yang tersedia.
Jadi buat pengunjung yang berada diluar kota khususnya tidak perlu khawatir akan penginapannya karena penginapan merupakan salah satu fasilitas yang ada di sekitaran perkebunan teh sehingga akan nyaman apabila ingin beristirahat.

4. Tempat Ibadah

Tempat ibadah merupakan salah satu fasilitas yang juga banyak dicari oleh orang-orang untuk menjalankan ibadah. Perkebunan teh ini juga menyediakan fasilitas tempat ibadah untuk pengunjung agar tetap dapat melaksanakan kewajiban mereka beribadah.
Jadi dalam hal ibadah tidak ada alasan lagi untuk meninggalkan kewajiban karena fasilitas untuk melakukan kewajiban telah tersedia di wisata ini.

5. Kunjungan Ke Pabrik Teh

Berkunjung ke Pabrik teh juga bisa kita lakukan untuk melihat bagaimana proses atau pembuatan teh. Banyak ilmu yang juga akan kita dapatkan setelah berkunjung di Perkebunan Teh ini.

6. Kolam Renang

Selain kunjungan ke pabrik teh, tersedia pula kolam pemandian untuk para pengunjung. Yang akan menjadikan harimu semakin ceria dan berwarna. Untuk kalian yang paling senang berenang, fasilitas satu ini bisa anda manfaatkan untuk mengisi hari liburan kalian di perkebunan teh ini.

7. Camping

Yang paling tidak ketinggalan dan sangat menyenangkan lagi adalah ketika kita melakukan kegiatan camping di perkebunan teh. Ini akan sangat menyenangkan dan akan menjadi moment terbaik yang tidak akan terlupakan. Keseruan dan keindahan pemandangannya di malam hari dengan udara yang cukup menyegarkan sangat cocok untuk melakukan camping.
Itu merupakan beberapa fasilitas yang ada di Perkebunan Teh Rancabali Bandung yang mungkin akan membantu para pengunjung agar lebih nyaman berada di tempat ini.

 

----------------------

Sumber : 
- Kunjungan Agustus 2021 
- https://pariwisata4indonesia.wordpress.com/
https://tourbandung.id/perkebunan-teh-rancabali-bandung/
Sejarah Perkebunan Teh Rancabali - Ciwidey | Peninggalan Belanda
  • Title : Sejarah Perkebunan Teh Rancabali - Ciwidey | Peninggalan Belanda
  • Posted by :
  • Date : Agustus 22, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top