728x90 AdSpace

Latest

Rabu, 31 Januari 2018

Pantai Nampu - Primadona Pantai Wonogiri


Pantai Nampu adalah objek wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebuah Pantai yang terletak di dusun Dringo, desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini menjadi destinasi wisata bagi warga setempat dan sekitarnya. Dengan pasir pantainya yang putih serta dihiasi dengan karang yang indah membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata primadona di Wonogiri.

Namanya adalah Pantai Nampu, jika melihat dari namanya, mungkin sebagian orang tidak mengetahui tentang objek wisata Wonogiri satu ini.Walaupun masih kalah populer dengan Pantai Klayar di Pacitan, tapi keindahan Pantai Nampu Wonogiri tak boleh kita remehkan.

Karakteristik dari Pantai Nampu hampir sama dengan kebanyakan pantai laut selatan lainnya, dimana pantai ini dikelilingi oleh perbukitan karst. Selain itu garis pantai di Pantai Nampu juga cukup panjang dan ditambah lagi memiliki pasir putih yang cantik.
Pantai Nampu merupakan pantai paling populer di Wonogiri, jadi bagi kamu pecinta wisata pantai, tidak adil rasanya ketika berkunjung ke Wonogiri namun tidak mampir ke Pantai Nampu.

Selain menawarkan pemandangan yang sangat indah, wisata Wonogiri satu ini juga terbilang cukup unik. Sebenarnya Pantai Nampu terdiri dari 3 pantai yang terpisahkan oleh bukit karst, dari ketiga pantai ini, pantai utama merupakan lokasi favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Bukan tanpa alasan, pemandangan yang ditawarkan di Pantai Nampu bagian utama juga sangat indah.

Pantai Nampu bagian utama ini adalah yang memiliki garis pantai paling panjang.
Sedangkan untuk menuju ke bagian pantai lainnya kita harus trekking melalui jalan setapak terlebih dahulu untuk sampai di lokasi. Pantai Nampu memiliki ombak yang cukup besar, sehingga sedikit berbahaya jika kita ingin berenang, agar lebih aman cukup bermain di pinggir pantai saja.
Walaupun begitu, kita tetap bisa menikmati jernihnya air laut di Pantai.
Pantai Nampu Wonogiri tak hanya menawarkan keindahan alam saja, di objek wisata satu ini kita juga bisa melihat indahnya sunrise dan sunset.

Pantai Nampu yang Eksotis

Fasilitas :

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, sejauh ini belum terdapat penginapan disekitar Pantai Nampu.
Sebagai gantinya kamu bisa berkemah/camping di kawasan pantai, selain bisa lebih dekat dengan alam kita juga bisa melihat indahnya sunset dan sunrise di Pantai Nampu lho.

Lokasi :
Alamat ; Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

  • 78 Km dari pusat Kota Wonogiri melalui Jl. Raya Solo-Pacitan (2 jam 9 menit)
  • 92 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Raya Solo-Pacitan (2 jam 43 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap

Rute Menuju Pantai Nampu Wonogiri
Akses menuju Pantai Nampu bisa dibilang susah-susah gampang, silahkan ikuti rute dibawah ini:

#Dari Arah Solo, Sukoharjo, Karanganyar dan Sekitarnya.
Dari Kota Solo, Karanganyar dan sekitarnya, kamu bisa menuju kearah Kabupaten Wonogiri dengan melewati Kabupaten Sukoharjo hingga sampai di Waduk Gadjah Mungkur.

  • Lurus saja terus hingga kamu menemukan percabangan dengan papan petunjuk jalan, pilih arah menuju Pracimantoro/Yogyakarta.
  • Lalu, lurus saja mengikuti jalan hingga sampai di perempatan dimana jika kamu belok ke kiri akan menuju Pacitan, sedangkan jika kekanan akan menuju Yogyakarta dan lurus menuju Wonosari...ambil arah menuju Pacitan.

Tetap ikuti jalan hingga sampai di perempatan lagi, lalu ambil arah ke kanan menuju Paranggupito, setelah itu kamu akan menemukan papan petunjuk jalan menuju Pantai Nampu di pertigaan.



#Dari Arah Pacitan

Sedangkan apabila kamu dari arah Pacitan, ada 2 rute yang bisa kamu ambil, yaitu :

Rute Pertama
Donorejo-Kalak-Dringo-Pracimantoro-Pantai Nampu.

Rute Kedua
Purung-Sendang-Kalak-Dringo-Pracimantoro-Pantai Nampu.
Jaman Jadul ( Jan 2004 ) Tim surveyor wilayah Wonogiri

---------------------------

Sejarah

Cerita tentang Batik Keris di pantai Nampu
Ada cerita menarik dari sesepuh Dusun Dringo Kelurahan Gunturharjo, tentang wilayah pantai Nampu terkait mengapa hingga saat ini, belum ada perkembangan yang menarik dari obyek wisata pantai Nampu. Wilayah sekitar pantai Nampu susah untuk dikembangkan untuk mendukung keberadaan pantai Nampu karena tanah di wilayah Nampu dimiliki oleh perusahaan Batik Keris pada tahun 1979.

“Lahan yang dibeli Batik Keris itu mulai dari pantai Nampu hingga pantai Sembukan sepanjang sepuluh kilometer. Jadi mungkin pemerintah mau bangun fasilitas pendukung pantai Nampu kesulitan,”

Pada waktu itu, pembelian tanah oleh Batik Keris tersebut dilakukan dengan paksaan, tidak dengan cara tawar- menawar harga tanah seperti biasanya jual beli tanah.

“Tur dipekso. Mboten enten istilahe duweke si A dituku piro. Nek adol kan wonten sistem nyang-nyangan (pakai dipaksa.Tidak ada istilahnya tanah milik si A dibeli berapa. Kalau jual tanah harusnya ada sistem tawar-menawar).Waktu itu dilakukan aparat keamanan.” Pada awal proses pembeliah tanah tersebut, masyarakat diberitahu bahwa pemerintah yang akan membeli lahan tanah tersebut.

“Pas di tengah-tengah proses pembayaran tanah kepada masyarakat, diberi tahu kalau yang membeli lahan mereka itu Batik Keris, bukan pemerintah karena pemerintah tidak mampu (tidak punya dana).[Wikipedia]


Kala malam di beranda, kulihat ada celah di balik rindang dedaunan sembari angin mengerakkannya kesana kemari, seperti ingin menunjukkan keindahannya bersama taburan bintang dan bulan, terimakasih Tuhan atas alamMu.

----------------------------------------------
Sumber: 
Kunjungan Lapangan/ Survei 
https://id.wikipedia.org/
https://tempatwisataindonesia.id 

Pantai Nampu - Primadona Pantai Wonogiri
  • Title : Pantai Nampu - Primadona Pantai Wonogiri
  • Posted by :
  • Date : Januari 31, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top