728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 03 April 2021

Wisata Ceria di Selat Sunda, Anyer dan Sekitarnya




Liburan kali ini kami memutuskan untuk liburan ke daerah Pantai, lokasi yang menjadi pilihan adalah Pantai Anyer dan sekitarnya, namun dikarenakan rencana liburan mendadak hanya 2 hari sebelum hari H  (long weekend) tentunya tidak mudah untuk mendapatkan Hotel Favorit untuk rencana penginapan. 

Alhasil, Hotel yang menjadi tujuan awal ternyata sudah full semua, seperti Novus Jiva, Aston, dll. Akhirnya kami memilih Double G Hotel untuk menginap dengan pertimbangan lokasi yang tidak jauh dengan beberapa obyek wisata pantai yang bagus disekitarnya, seperti Pantai Carita, Karang Bolong dsb. 

----------------------- 
Pantai Carita adalah sebuah pantai di pesisir barat provinsi Banten, Indonesia. Pantai ini merupakan objek pariwisata pantai di Indonesia yang cukup terkenal selain Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong dan Pantai Tanjung Lesung. 

Pantai Carita - April 2021

Sobat tidak perlu mengkhawatirkan mengenai akses jalan ke tempat wisata Pantai Carita Anyer. Kondisi jalan sudah bagus, walaupun Pantai Carita ini terbilang jauh dari kota.

Mengenai rute yang bisa kita ambil jika kita berasal dari Jakarta, sebaiknya anda menggunakan rute yang melewati tol Jakarta Merak. Dari situ bisa mengikuti petunjuk arah ke Pantai Anyer. Lokasi pantai carita satu jalur dengan Pantai Anyer. Perjalanan ini biasanya hanya ditempuh dalam waktu 3 jam.

Sejarah pantai Carita bermula dari eksistensi hutan lindung seluas 95 hektar yang memiliki kekayaan flora dan fauna. Keadaan pantai yang landai disertai ombak yang bersahabat menjadikan pantai di Kabupaten pandeglang ini potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata yang menawan.
Pada tahun 1978, pemerintah setempat meresmikan objek wisata tersebut dengan menamainya kawasan wisata pantai Carita. Hingga saat ini, lokasi pantai ini masih menjadi destinasi wisata terutama dari daerah ibu kota dan sekitarnya.

Pantai Carita berlokasi di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai Carita juga tidak begitu jauh dari Pantai Anyer dan Pantai Tanjung Lesung.

Ketika telah sampai di kawasan wisata Carita, kita tidak perlu bingung untuk mengisi waktu wisata. Ombak di kawasan Pantai Carita tidak terlalu besar, sehingga aman untuk kegiatan pantai, seperti: Jetsky, banana boat, surfing, berenang dan bermain pasir di bibir pantai, body surfing, volly pantai, berperahu, serta memancing. Dan tidak kalah cantiknya tentu saja melihat keindahan pantai terutama di saat sunset.



Pantai Carita langsung menghadap ke selat sunda. Banyak juga wisatawan yang menyebutnya dengan nama pantai anyer carita, disini kita bisa melihat sunset dengan backsound suara deburan ombak.

Sunset bisa terlihat jelas di arah barat, mengingat tidak adanya penghalang berupa pulau lain di sebelah barat pantai ini.

Double G Resort 

Untuk penginapan, kami memilih Hotel Double G Resort, yang mana salah satu hotel dengan view menghadap ke arah Pantai, dan menjadi kelebihan dari hotel ini adalah lokasinya yang langsung bersinggungan dengan bibir Pantai. 

Pelayanan yang Ramah, Kamar Bagus dan terawat, kolam renang yang bersih, menu makanan (restaurant) yang lezat serta fasilitas pendukung lainnya yang cukup lengkap untuk selekas hotel Bintang 3 menuju bintang 4. 

Sejarah Singkat Pantai

Di balik pesonanya yang mengesankan, ternyata ada sejarah pantai carita yang bisa dikupas. Dimana salah satunya adalah tempat ini sebagai wilayah penyiksaan warga pribumi. Dahulu, pada zaman hindia belanda, tepatnya pada tahun 1809 hingga 1810 mereka disiksa dan disuruh untuk bekerja.

Pada waktu itu belanda yang berusaha untuk meningkatkan ekspornya. Berusaha untuk menekan warga pribumi agar bekerja lebih giat pagi hingga malam hari, begitu seterusnya.

Kabar bahwa kawasan ini angker pun menjadi, setelah pada tahun 1883 Gunung Krakatau meletus dahsyat. Meletusnya Krakatau menghadirkan mitos pantai carita yang semakin berkembang.

Setelah masa belanda berakhir dan Indonesia mampu merebut kemerdekaan. Pada tahun 1978, kawasan ini ditetapkan sebagai taman wisata alam. Penetapan ini dilakukan oleh menteri pertanian waktu itu.

Dengan penetapan ini, kawasan pantai Carita perlahan tapi pasti mulai tumbuh dan banyak dikunjungi wisatawan

Pantai Karang Bolong



Pantai Karang Bolong memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai lain yang ada di kawasan Kota Banten. Pantai ini memiliki lubang raksasa yang mengundang rasa penasaran hingga menimbulkan rasa kagum pada hati para pengunjung. Lubang ini memiliki ukuran diameter kira kira 50 meter. Keindahan lubang ini semakin eksotis dengan adanya laut lepas sebagai pemandangan yang tak tertandingi.

Pengunjung bisa naik ke lubang melalui tangga yang terdapat di bagian kanan lubang. Dari lubang ini anda akan melihat lanskap laut lepas dan juga Pantai Carita. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah deburan ombak yang menghantam batu karang. Namun untuk melihat fenomena ini pengunjung harus memperhatikan cuaca ketika ingin berunjung ke pantai tersebut. Ombak pantai akan terlihat sangat indah dan gagah di sore hari sehingga sangat indah untuk disaksikan.

Pantai Karang Bolong - April 2021

Pantai ini juga memiliki pephonan yang rimbun dan sejuk yang banyak tumbuh di pesisir pantai. Kesejukan ini membuat para pengunjung akan merasa nyaman untuk berlama lama berada di pantai sambil menikmati keindahannya. Anda bisa berteduh di bawah pantai sambil menikmati pemandangan yang disajikan di Pantai Karang Bolong ini. Bahkan beberapa pohon yang ada di sekitar pantai sudah berumur ratusan tahun dengan akar akar yang terlihat tua.

Cerita Rakyat 

Masyarakat setempat mempercayai mitos yang beredar di pantai tersebut. Pantai ini mulanya bernama Pantai Karang Suraga. Nama pantai ini diambil dari nama Suryadila yang merupakan pertapa yang memiliki ilmu yang tinggi. Namun karena adanya letusan Gunung Karakatau pada tahun 1883, menyebabkan pantai ini memiliki lubang pada bagian tengahnya. Oleh karenanya oleh masyarakat setempat pantai ini dinamakan karang bolong.
Tak jauh dari lokasi pantai ini terdapat Gua Karang Bolong yang memiliki ukuran kecil. Banyak mitos yang berkembang mengatakan jika lubang tersebut biasa digunakan untuk memanggil jin bro. Namun ada juga yang mempercayai jika lubang tersebut sangat ampuh untuk melakukan ritual pesugihan.

-----------------------------
Daya tarik utama dari pantai ini adalah Gua Karang Bolong yang memiliki banyak sekali bebatuan karang yang tersebar berserakan di area pantai. Susunan bebatuan di alam terbuka ini menciptakan pemandangan yang menawan dan sayang untuk tidak diabadikan.

Biasanya karang karang ini akan semakin cantik karena terhantam ombak besar yang datang. Sehingga menimbulkan cipratan dari ombak tersebut. Pemandangan alam yang sangat indah ini menjadikan pantai ini cocok untuk dijadikan tempat liburan. Pengunjung yang datang bisa melakukan trekking untuk mendaki naik ke dalam gia. Jalur tersebut sangat unik dan cukup menantang untuk ditaklukkan.

Jalurnya pun berupa tangga untuk naik ke bagian atas batu karang yang berlubang dan menjadi ikon dari pantai tersebut. Selain itu di area pantai tersebut anda juga ada gardu pandang yang membuat pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang menyegarkan mata. Keelokan pantai seperti deras ombak, indah lautan dan kontur pantai bisa dilihat dari anjungan yang sudah dibangun oleh pengelola.

Pantai Florida

Pantai Florida - Banten

Dimana pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus. Sehingga Anda pun bisa berjalan jalan dan menjelajahi pantai dengan lebih nyaman. Anda pun juga tak boleh melewatkan untuk mengunjungi pantai yang menawarkan berbagai macam wahana air. Disini, Anda bisa melakukan beberapa permainan dan olahraga air.

Dengan mengetahui keindahan dari pantai yang berada di Banten ini, maka akan membuat Anda tertarik untuk mengunjungi tempat satu ini. Hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa untuk Anda lakukan. Ditambah lagi dengan lokasinya yang cukup dekat dengan kota Jakarta, membuat wisata ini menjadi destinasi yang sering untuk dikunjungi.

Pantai 0 Km Anyer (Mercusuar Cikoneng) 


Ketika sampai ke pantai satu ini, maka Anda pun akan disambut dengan mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini dapat dikatakan sebagai salah satu ikon dari Pantai Anyer dan memiliki nilai sejarah yang panjang untuk kawasan di pulau Jawa. Untuk tingginya sendiri mencapai sekitar 75.5 meter.
Awalnya, mercusuar ini dibangun pada tahun 1806, namun karena terjadi bencana alam yang cukup parah maka dibangun kembali pada tahun 1885 oleh Raja Wilem II. Mercusuar ini memiliki fungsi yakni sebagai penunjuk ketika kapal kapal besar datang untuk merapat dan berlabuh di perairan Banten. Untuk pengunjung yang ingin naik kesana, maka nantinya wisatawan perlu untuk menaklukkan anak tangga yakni sekitar 280 anak tangga.

Selain Mercusuar Cikoneng dalam kawasan yang sama kita bisa melihat Monumen 0 km Anyer Penarukan yang dibangun di bekas pondasi mercusuar sebelumnya yang hancur oleh Tsunami. 




----------------------------------- 
Sumber
Kunjungan Wisata April 2021
https://id.wikipedia.org/
https://www.nativeindonesia.com/
https://www.javatravel.net/

Wisata Ceria di Selat Sunda, Anyer dan Sekitarnya
  • Title : Wisata Ceria di Selat Sunda, Anyer dan Sekitarnya
  • Posted by :
  • Date : April 03, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top