728x90 AdSpace

Latest

Rabu, 13 Januari 2021

Wisata Penuh Kabut di Dataran Tinggi Dieng




Dieng merupakan salah satu wilayah dataran tinggi di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Dieng terletak di pegunungan vulkanik aktif yang terdapat di Pulau Jawa. Dalam hal ini, Dieng berada di ketinggian 2.000 mdpl di atas permukaan laut. Wilayah Dieng ini mencakup Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.


Bagi Anda yang sudah berkunjung ke Dieng, tentu sudah tidak asing dengan wisata Dieng Plateu atau Dataran Tinggi Dieng yang menjadi tempat wisata favorit hingga kini. Bukan hanya itu, masih terdapat beberapa wisata dieng yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Di daerah ini, Anda bisa mengunjungi beberapa wisata alam mempesona.

Wisata alam di daerah Dieng yang bisa Anda nikmati tidak lain berupa telaga dengan air yang jernih atau pemandangan kawah yang menyejukkan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan bukit dan gunung yang menakjubkan. Cuaca dingin dan sejuk di daerah Dieng juga menjadi nilai tambah tersendiri yang semakin memberikan kenyamanan bagi setiap pelancong wisata.

Jika Anda sedang mencari rekomendasi wisata alam menarik di Provinsi Jawa Tengah, beberapa wisata Dieng populer dan menarik ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga untuk menikmati pemandangan alam yang sejuk dan menenangkan di daerah ini.

Wisata Dieng Populer dan Menarik, Penuh dengan Destinasi Alam Memesona.

Candi Arjuna

Wisata Dieng yang menarik dan populer pertama adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna merupakan peninggalan sejarah dari zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini konon dibuat sebagai tempat penyembahan Dewa Syiwa. Bukan hanya bangunan candinya yang indah, Candi Arjuna ini juga menyajikan pemandangan sejuk dan memesona dari ketinggian 2.000 di atas permukaan laut.
Komplek Candi Arjuna - Dieng


Di kompleks Candi Arjuna, terdapat lima candi yang letaknya sejajar lurus. Selain bangunan candi, kompleks wisata ini juga menyuguhkan hamparan rumput yang bersih dan hijau. Dengan begitu, Anda bisa bersantai dengan keluarga atau tempat hanya dengan duduk bersama di lapanga berumput ini. Jika tertarik, Anda juga bisa mengunjungi festival tahunan Dieng Culture dengan berbagai pertunjukkan menarik yang dapat dinikmati.

Telaga Warna

Wisata Dieng berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Telaga Warna. Destinasi ini bisa Anda temui di kompleks Dieng Plateau, tepatnya di daerah Kejajar Wonosobo. Di sini, Anda bisa menikmati danau kecil yang memiliki beragam warna karena pengaruh kandungan belerang (sulfur) yang ada di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin mencari objek foto menarik, Telaga Warna dapat memberikan kesempatan itu. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan telaga beragam warna yang memesona ini. Di sini juga disediakan beberapa fasilitas untuk spot foto menarik bagi setiap pengunjung, seperti jembatan kayu kecil yang unik. Tentu ini menjadi pilihan asik bagi Anda yang ingin berwisata alam dan memburu foto-foto menarik.

Batu Ratapan Angin

Wisata Dieng yang populer berikutnya adalah Batu Ratapan Angin. Objek wisata ini berupa tebing yang letaknya tidak jauh dari Telaga Warna. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan Telaga Pengilon dan Telaga Warna dengan jelas dari atas ketinggian.


Meskipun harus mendaki bukit yang cukup melelahkan, namun usha tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan memesona yang disuguhkan ketika mencapai pundak. Selain dikenal sebagai Batu Ratapan Angin, wisata ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

Candi Bima

Candi Bima Dieng merupakan salah satu candi terbesar yang ada di kawasan purbakala Dieng. Candi ini memiliki struktur bangunan dan ukuran candi yang berbeda dengan candi-candi Dieng lainnya. Gaya arsitektur dari dasar hingga ujung candi lebih cenderung bergaya ala candi-candi yang berasal dari India. Ada satu hal unik dari Candi Bima Dieng yaitu memiliki arca kudu di setiap sisi dindingnya yang selalu menyimbolkan kemegahan dari salah satu candi terbesar di Dieng ini.

Dengan ketinggian 8 meter, Candi Bima memiliki bentuk yang agak berbeda dengan candi-candi yang ada di Jawa Tengah pada umumnya.  Dasar Candi Bima berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 4.55 m x 4.55 m. dengan penampil yang agak menonjol keluar menjadikan denah dasar Candi Bima seolah-oleh berbentuk segi delapan. Bagian atapnya mirip dengan bentuk Shikara dan berbentuk seperti mangkuk yang ditangkupkan. Bentuk atap candi terdiri atas 5 tingkat, masing-masing tingkat mengikuti lekuk bentuk tubuhnya, makin ke atas makin mengecil.


Tidaklah sulit untuk menilik candi termegah ini. Lokasinyapun sangatlah strategis dan mudah di cari. Candi Bima Dieng terletak sebelum pintu masuk kawah fenomenal di Dieng yaitu Kawah Sikidang Dieng. Meskipun hanya satu candi yang berdiri tetap tampak megah dan indah karena arsitektur Candi Bima Dieng sangatlah berbeda. Candi yang telah dibangun oleh nenek moyang Dieng di tanah yang sedikit berbukit akan memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi para wisatawan untuk mengabadikan gambar maupun melihat indahnya pemandangan di sekitar Candi Bima Dieng.

Telaga Mardada

Wisata Dieng yang menarik selanjutnya adalah Telaga Mardada. Dikatakan, Telaga Mardada merupakan telaga paling luas dengan 21 hektar yang berlokasi di Desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara. Telaga ini merupakan fenomena alam berupa kaldera akibat letusan gunung api yang kemudian terisi oleh air.


Selain panorama telaga yang indah, objek wisata ini juga terdapat bukit terjal yang dapat dikunjungi adalah bukit Pangonan dan Sumurup. Di lingkungan sekitarnya juga terdapat lahan berundak pertanian kentang warga yang memberikan suasana pemandangan yang semakin menarik.

Kawah Sikidang

Wisata Dieng rekomendasi berikutnya adalah Kawah Sikidang. Objek wisata ini juga tidak jauh dari Dieng Plateau yang bisa Anda kunjungi sekaligus. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kawah dan asap belerang yang memesona. Meskipun begitu, pengunjung disarankan untuk mengenakan masker untuk meminimalisir paparan udara belerang yang ada di kawasan tersebut.


Jika tertarik, Anda bisa segera mengunjunginya di daerah Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Akses akan lebih mudah jika Anda berangkat dari Wonosobo. Selain menikmati pemandangan indah yang disajikan, Anda juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat oleh warga setempat.

             ----------------------------------- KHUSUS ADVENTURE --------------------------------

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir ini biasanya menjadi tempat favorit bagi masyarakat dan pengunjung untuk melihat matahari terbit yang memesona. Dengan begitu, bagi para pengunjung biasanya disarankan untuk datang pagi buta atau waktu subuh untuk mendapatkan kesempatan ini. Meskipun harus mendaki jalan berundak yang cukup melelahkan, namun pemandangan cantik dan menarik bisa Anda dapatkan setelahnya.

Selain itu, di bawah bukit Anda juga bisa menemukan berbagai makanan khas Dieng dan souvenir menarik. Jika tertarik, Anda bisa segera mengunjungi Bukit Sikunir di Desa Sembungan. Biasanya pengunjung harus melewati perjalanan dengan kendaraan pribadi terlebih dahulu sebelum mendaki bukit dengan berjalan kaki.

Gunung Prau

Sesuai dengan namanya, gunung ini berbentuk seperti perahu yang memanjang. Di atas ketinggian 2.565 mdpl, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan dan awan-awan putih yang menggantung indah di atasnya.


Di tempat ini, Anda juga bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit dan tenggelam dengan indah dan berkesan. Meskipun begitu, Anda harus datang dengan cuaca yang tepat untuk mendapatkan kesempatan ini, dan hindari datang saat cuaca sedang mendung.




-----------------------------------------------------------
Sumber : 
Kunjungan Wisata Januari 2021
https://www.merdeka.com




Wisata Penuh Kabut di Dataran Tinggi Dieng
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

thanks for your comments

Top