728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 05 Januari 2020

Pemandian Air Panas Cipanas Garut



Pemandian air panas di Garut merupakan salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Kabupaten Garut memang memiliki beberapa tempat pemandian air panas alami yang sudah cukup dikenal.
Kota ini punya beberapa gunung berapi yang masih aktif, sehingga banyak terdapat sumber air panas alami.

Tempat berendam air panas di Garut juga cukup beragam. Mulai dari yang ekslusif dan mahal, sampai dengan yang sederhana..semua ada. Pengunjung yang datang kesini tidak hanya untuk bersantai, ada juga yang berniat untuk berobat. Berendam air panas alami yang mengandung belerang memang masih dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

Berikut ini tempat pemandian air panas di Garut yang bisa anda kunjungi;

Pemandian Air Panas di Cipanas Garut 

Kawasan Cipanas bisa dikatakan lokasi pemandian air panas di Garut yang paling populer. Lokasinya paling dekat, dan mudah banget buat dijangkau pengunjung.

Kawasan Cipanas berjarak cuman 6 KM dari pusat kota (alun-alun) Garut. Kalau dari Bandung, jaraknya hanya sekitar 50 KM. Kawasan Cipanas Garut berada tepat di kaki gunung Guntur, salah satu gunung berapi muda yang ada di kota ini. Viewnya keren .. gunung guntur yang ada tepat didepan mata ini bentukannya unik, tidak ada pohon-pohon besar sampai ke puncaknya.

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap

Bisa dikatakan, objek utama destinasi wisata disini adalah kawasan pemandian Cipanas Garut. Perlu di ingat, jika kita menyebut Cipanas itu merujuk ke satu kawasan/daerah. Jadi bukan berupa satu tempat wisata dengan satu tiket gerbang masuk.

Daya tarik utama kawasan ini adalah air panas alami yang langsung bersumber dari gunung Guntur, salah satu gunung api aktif yang terletak dekat sekali dengan tempat ini.Air panas alami inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa tempat wisata disini menjadi kolam renang air panas, waterboom, ataupun kamar rendam. Jadi nanti saat berkunjung kesini, anda perlu memutuskan untuk berkunjung kemana.

Di kawasan Cipanas ini terdapat beberapa tempat yang bisa anda kunjungi. Masing-masing memiliki fasilitas dan keunikan sendiri. Jadi nanti pas anda berkunjung ngga bingung lagi, mau berkunjung kemana terlebih dulu.
Untuk berendam air panas alami di Cipanas, anda bisa memilih berbagai lokasi yang ada disini seperti: 
  • Kampung Sumber Alam. Resort ini menyediakan berbagai bungalow, kolam renang air panas, ataupun kolam rendam untuk pengunjung. Keren lho tempatnya..
  • Sabda Alam. Disini juga terdapat kamar rendam, bungalow untuk menginap, kolam renang air panas, dan juga water boom. Cocok untuk anda yang bawa keluarga.
  • Tirtagangga..
  • Surya Alam
  • Cipanas Indah
  • Danau Dariza
  • dan lain-lain.

Rata-rata hotel disini memiliki kolam renang air panas dan kamar berendam air panas alami. Jadi anda tinggal pilih saja.

Selain itu, disini juga terdapat pemandian air panas alami yang lebih dikenal untuk pengobatan. Namanya Ciengang. Tempatnya sederhana, tapi konon air disini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk pilihan harga hotel juga beragam, mulai dari yang seratus ribuan sampai dengan jutaan juga tersedia. Sesuaikan dengan budget saja.

Danau Dariza Hotel dan Resort

Danau Dariza tempatnya cukup unik. Disini terdapat resort untuk menginap yang mengelilingi danau buatan, waterboom, restoran, dan berbagai fasilitas lain. Cocok banget buat menginap keluarga.
Semuanya dilengkapi dengan fasilitas yang komplit.

Kampung Sumber Alam

Resort Kampung Sumber Alam cukup terkenal juga di Cipanas. Lokasinya tepat berada di jantung Cipanas. Unit resort disini berkonsep pedesaan. Suasana malam hari disini indah dan adem banget dengan permainan cahaya yang romantis.

Di kawasan resort ini terdapat berbagai fasilitas yang juga bisa dinikmati umum seperti kolam renang air panas, kamar rendam air panas, restoran, dan juga cafe.

Sabda Alam Garut

Hotel dan resort Sabda Alam Garut juga merupakan salah satu tempat yang dikenal. taman air atau waterboom disini menjadi serbuan utama pengunjung.
Fasilitas lainnya juga tersedia seperti tempat menginap, kamar rendam, restoran, dan lain sebagainya.

Pemandian Ciengang Garut

Pemandian air panas yang satu ini konon memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kulit dan lainnya. Pemandian Ciengang memiliki suhu air yang lebih tinggi dibanding pemandian air panas lainnya di kawasan ini.
Fasilitas disini tidak selengkap yang lain, tapi pengunjung yang datang memang lebih bertujuan mencari manfaat kesehatannya.

Hotel Tirta Gangga Garut

Hotel Tirtagangga

Hotel Tirta Gangga bisa dikatakan salah satu hotel lama di kawasan ini. Hotel ini bisa jadi pilihan menginap anda juga.
Selain hotel, disini juga terdapat fasilitas kolam renang air panas, pancuran terapi air panas, restoran, dan lain-lain.

Tidak bosannya penulis menginap di Hotel Tirtagangga ini, selain lokasi dan viewnya yang bagus, pelayanan yang ramah menjadi ciri khas Hotel ini.
kelebihan  utama yang ada di hotel tersebut adalah memiliki Sumber mata Air Panas langsung, tidak seperti di Hotel lain yang umumnya air panas diperoleh dari saluran mati air dari sumber tempat lain, sehingga kualitas panas air tidak seperti dari mata air langsung.

Banyak warga sekitar Cipanas yang berkunjung ke Hotel Tirtagangga untuk terapi air panas, sebagai info terapi air panas di Tirtagangga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, stroke, rematik dsb.

Secara singkat review dari pengalaman menginap di Hotel Tirtagangga :

Kelebihan:

  • Ada balkon
  • Kamar luas, rapi dan bergaya modern
  • Ada AC
  • King size bed, bisa muat 3 orang dewasa
  • Kamar mandi luas, ada bathtub
  • Air panas
  • Complimentary di kamar lengkap
  • Sarapan enak dan banyak variasi
  • TV LED, channel banyak
  • Kolam renang luas dan air panas
  • Ada kolam air panas khusus untuk berendam
  • Lobi Hotel luas dan nyaman
  • Staff ramah
Kekurangan:

  • Tempat parkir terbatas
  • Tidak ada Playground untuk anak
  • Tidak ada lift
  • Kolam selalu ramai.
  • WiFi kurang stabil 


Recommended hotel ini buat yang hanya mau menginap dan merasakan berendam di air panas dengan budget yang tidak terlalu mahal, dan cocok juga sebagai basecamp bila ingin keliling wisata di Garut..... :)



----------------------- 
Sumber
Kunjungan Wisata Des 2019 
https://www.nativeindonesia.com/



Pemandian Air Panas Cipanas Garut

thanks for your comments

Top