728x90 AdSpace

Latest

Senin, 12 Maret 2018

Rekreasi dan Edukasi di Alam Pedesaan: Pelita Village Ciseeng Bogor


Bermain di Alam Pedesaan (Outbound): Pelita Village Ciseeng Bogor


Pelita Desa merupakan salah satu Pos Desa di bawah naungan Yayasan Pelita Ilmu, terletak di Jl. H. Miing Rt 01/03 Rawa Bangsa Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Wahana Wisata Edukasi ini (yang kemudian populer dengan sebutan Outbound Pelita Desa) mempunyai target pasar dari kalangan sekolah baik dari Playgroup, TK, SD, SMP, SMU maupun Universitas. Banyaknya kegiatan yang ditawarkan membuat anda memiliki banyak pilihan untuk dimainkan, yang pasti kegiatan yang menyenangkan.
Dengan lahan seluas 2,5 hektar dimana hampir 50% merupakan area pesawahan dan rawa. Dengan lahan seluas ini pelita desa mempunyai program berbasis sosial untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. banyaknya wisatawan yang berkunjung kesini setiap harinya membuat anda harus merencanakan jauh hari untuk berkunjung. 
------------------

Pernah dengar Pelita Village?

Belum pernah?
Tapi berencana mau ke sana?

Pastilah dalam rangka mengiringi anak Anda yang mau ke sana bareng sekolahannya. Sebab tempat wisata alam yang satu ini tidak menerima tamu perorangan, melainkan hanya tamu rombongan. Biasanya anak-anak TK atau SD yang mau outbound atau jambore. 
Datangnya ronmbongan dengan bus. Jadi, kalau semisalnya Anda sekeluarga pengen jalan-jalan dan cari tempat main outdoor, maka dengan sangat menyesal, tidak bisa ke Pelita Village ini. Bisa cari tempat lain yang serupa dan mirip-mirip, misalnya ke Pasir Mukti atau Kuntum Farm Field. Kesemuanya ada di Bogor dan sama-sama bertemakan alam pedesaan dan peternakan (ranch). Di sana kalian bisa bermain lumpur, menangkap ikan, bermain dengan sapi, dan lain-lain, namun tetap ada bedanya.

Dari segi persamaannya. Kesemuanya bertema alam pedesaan dan ranch (peternakan). Di sana anak-anak bisa memberi makan sapi, bermain dengan kambing, menangkap ikan, dan lain-lain. Hanya bedanya, di Kuntum Farm Field tidak ada permainan lumpur, membajak sawah dan menanam padi. Dan bedanya lagi, di Kuntum Farm Field tidak ada wahana outbound untuk anak. Jadi tidak bisa bermain meniti jembatan tali, memanjat, dan flying fox. Untuk outbound atau jambore lebih cocoknya memang di Pasir Mukti atau Pelita Village. Tapi, ada kelebihan yang dimiliki Kuntum Farm Field, yaitu mereka memiliki pusat pengembangan sayuran organik serta penelitian obat-obatan herbal. Itu unique selling point mereka.

Sebenarnya ada lagi tempat yang cocok untuk keperluan jambore anak. Namanya Situ Gintung. Letaknya tidak jauh dari Jakarta, yaitu di Ciputat. Tapi bedanya, di sini cuma bisa outbound saja, tidak ada sawah, lumpur, dan hewan ternak. Temanya bukan pedesaan. 

Jalur/ Rute menuju  Pelita Village (Pelita Desa). 

Kalau dari Jakarta ada dua jalur yang bisa ditempuh. Bisa lewat Tangerang (BSD) atau bisa lewat Tol Jagorawi. via jalur Tol Jagorawi ini, keluar di exit Tol Sentul Selatan (Sentul City). Keluar gerbang tol dan belok kanan. Lurus terus, melewati Restoran Ikan Bakar dalam Bambu "Karimata" lalu masuk ke Jalan Tol Lingkar Luar Bogor. Lurus terus sampai paling ujung, keluar di exit paling ujung tol: Exit Dramaga.


Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap


Area parkirnya luas. Masuk ke Pelita Village, tangan kita nanti dicap. seperti masuk Dufan, Ancol gitu. Terus kita langsung dapat tiga kartu sakti, masing-masing bertuliskan: Bakso, Kelapa Muda, dan Lunch. Ya, harga tiket masuk yang kita bayar memang sudah termasuk tiga macam makanan ini. Enak ya. Tinggal tukar di counter-nya masing-masing, lalu bisa mencicipi bakso enak, kelapa muda segar. 

Begitu masuk, kita taruh barang-barang di "locker". Tiap-tiap rombongan diberi tempat berbeda-beda. Jadi tidak tercampur antar TK atau sekolahan yang berbeda. Memang kalau ke Pelita Village ini kita harus bawa berbagai macam barang terutama untuk si kecil. Sebabnya, mereka nanti bakal bermain becek dan basah-basahan, sehingga sebelum pulang nanti perlu mandi dan ganti baju.
Tips: jangan lupa bawa baju ganti dan perlengkapan mandi buat anak-anak.  
Dengan luas 2,5 hektar, anak-anak akan merasakan sensasi membajak sawah, naik kerbau, menanam padi, hingga cara mengolah pupuk kompos, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, mereka pun dapat mencoba 25 jenis permainan outbound. Seperti melayang sejauh 100 meter diatas danau dengan flying fox atau menyusuri sungai dengan menggunakan rakit. Untuk dewasa, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai permainan outbound khusus dewasa. Puas menikmati welcome snack, pengunjung akan diajarkan cara memerah sapi dan mencoba susu segar beragam rasa. Selanjutnya berbagai permainan yang seru akan ‘menyambut’ Anda.

Harga Paket Wisata Pelita Village Ciseeng Parung Bogor adalah sebagai berikut:


Outbound edukatif : 125,000
Fasilitas : Tiket masuk, welcome drink, outbound, snack, makan siang dan souvenir

Paket Menginap : 250,000
Fasilitas : welcome drink, outbound, snack, tenda penginapan, ikan bakar, jagung bakar, api unggun dan sensasi jurit malam

Jenis-jenis permainan di Pelita Village Ciseeng (Edukatif I)

  1. Tingkat play group, TK dan SD
  2. Warming Up
  3. Tom & Jerry
  4. Vampire
  5. Tarik Tambang
  6. Bakiak
  7. Holahop
  8. Doret
  9. Human Tower
  10. Pipa Bocor
  11. Observasi
  12. Rakit Kita
  13. Twoline
  14. Burma Bridge
  15. V – Brige Besi
  16. Jembatan Goyang
  17. Jembatan Monkey
  18. Spider Block
  19. Titian Ban
  20. Flying Fox
  21. X-Cave
  22. Program Tanah Liat
  23. Program Sapi Perah
  24. Program Pak Tani
  25. Membajak
  26. Cabut Bibit Padi
  27. Menanam Padi
  28. Memanen Padi
  29. Menumbuk Padi
  30. Menampih Padi
  31. Tangkap Ikan

Jenis Permainan Tingkat SMP. SMA Dan Umum

  1. Warming Up
  2. Berhitung
  3. Polisi Dan Maling
  4. Suara Alam
  5. Tupai Dan Pemburu
  6. Sabda Guru
  7. Vampire Cina
  8. Pipa Bocor
  9. Kambing Guling
  10. Kelompok Terpanjang
  11. Bakiak Race
  12. Bajak Laut
  13. Human Tower
  14. The Dream
  15. Trust Fall
  16. Tarik Tambang
  17. Thai Boxing
  18. Rakit Kita
  19. Two Line Bridge
  20. V Bridge
  21. Climbing
  22. Flying Fox
Permainan Edukatif II Pelita Village Ciseeng
  1. Warming Up
  2. Samurai
  3. Tank Gulung
  4. Bak Goyang
  5. Ular Naga Air
  6. Hand Oat
  7. Estafet Air Paralon
  8. Tarik Pipa
  9. Berang-Berang
  10. Tower Champion
  11. Aqua Scape
  12. Moto Cross
  13. Off Road
  14. Race Bridge
  15. Jamu Tradisional
  16. Flying Fox
  17. V  Bridge
  18. Ckimbing
  19. Monkey Bridge
  20. Goyang Rodeo
  21. Aladin
  22. Observasi
Out Bound TK AL Muhajirin - Maret 2016


Alamat Pelita Village
Jl. H. Ming RT 01/03, Rawa Bangsa, Putut Nugug, Ciseeng, Parung, Bogor, Jawa Barat 16330.
Telpon / Fax: 0251 8543456 dan 021 8542319

-------------------------------
Sumber: 
Kunjungan wisata TK Muhajirin 
http://www.makandansantai.com/
https://wisatasekolah.com
https://www.deasikumbang.com



Rekreasi dan Edukasi di Alam Pedesaan: Pelita Village Ciseeng Bogor
  • Title : Rekreasi dan Edukasi di Alam Pedesaan: Pelita Village Ciseeng Bogor
  • Posted by :
  • Date : Maret 12, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top