728x90 AdSpace

Latest

Senin, 29 Januari 2018

Pantai Klayar Pacitan - Wisata Alam Tersembunyi Di Ujung Barat Jawa Timur



Pantai Klayar Pacitan jawa timur, akan selalu meninggalkan kesan sendiri bagi siapa saja yang pernah berkunjung kesana. Muali dari suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih agak kecoklatan bersanding damai dengan gagahnya karang yang menjorok kelaut.
Ada hal menarik di pantai klayar, Yaitu semburan air laut dari sela-sela karang. Sebenarnya semburan air itu adlah semburan air laut yang tertekan dari bawah tebing, Karena arus air laut di bawah lebih tinggi, maka terjadilah semburan air laut ke atas melalui sela-sela karang.

Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Klayar Pacitan
Pantai klayar ini berada di desa kalak, kecamatan donorejo, kab pacitan , provinsi jawa timur. Pantai klayar sendiri berada di titik koordinat -8.223802, 110.947493 . Akses menuju kesana juga tidk terlalu sulit, hanya saja perjalanan ada beberapa yang kurang mulus.
Rute menuju ke pantai klayar cukup mudah. Jika pengunjung  datang dari arah kota jogja , bisa melalui kota Wonosari di Gunungkidul. lalu ke timur menuju ke arah  Pathuk  dan lanjur ke arah kota kota Wonosari. dari sana perjalanan di lanjut ke Pracimantoro. Setelah itu  ke Giribelah.

Menuju Lokasi klik DISINI untuk Navigasi map : 

Lokasi :

Nanti akan melewati daerah Punung . setelah daerah punung nanti di kanan jalan ad papan nama pantai klayar. pengunjung atau wisatawan tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke pantai klayar tersebut.
kalau para pengunjung melalui atau datang dari arah kota solo,rute paling mudah adalah melewati daerah pracimantoro. lurus terus sampai nanti sampai di daerah giri belah,lalu  belok ke kanan terus sampai di daerah kalak. Nah dari daerah kalak tinggal ikuti saja rute nya.



Fasilitas Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas di pantai klayar sudah cukup memadai. Disana sudah tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih. bagi para wisatwan yang beragama islam juga tersedia mushola di kawasan pantai klayar. Untuk urusan perut tenang saja. warung-warung pinggir pantai klayar siap memanjakan perut anda dengan berbagai menu.
Bagi pengunjung yang menginap, sayangnya pantai klayar belum tersedia penginapan atau hotel. Tetapi pengunjung boleh mendirikan tenda atau camping , dengan syarat harus melapor dulu kepada pengelola wisata pantai klayar.

Keindahan Pantai Klayar
Jika Anda mengalihkan arah  pandangan ke wilayah barat dari pantai Klayar, disana ada sebuah tebing tinggi kurang lebih 50 meter. Tebing karang tersebut menjadi salah satu ciri khas pantai klayar pacitan jawa timur.
yang unik di  pantai Klayar adalah pengunjung bisa menyaksikan  fenomena fenoma air laut yang memancar keatas kurang lebih setinggi 8-10 meter. Sebenarnya fenomena yang langka dan unik  ini disebabkan oleh semburan dengan tekanan tinggi  air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Salah satu hal yang indah di pantai layar adalah fenomena sunsetnya, sunset di pantai Klayar Pacitan adalah suatu sunset yang sangat indah dan memanjakan mata. Sepanjang garis pantai klayar , pengunjung  dapat menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan alami dengan hiasan pohon kelapa di pinggir pantai klayar.
Bagi pengunjung atau wisatawan  yang memutuskan untuk ke pantai klayar , tidak lengkap rasanya jika belum mampir  ke wisata pacitan lain nya yaitu ke Gua Gong, Gua Putri, Gua Tabuhan, Pantai Sraudan pantai teleng ria.




Versi Wikipedia --------------- 

Objek wisata
Perjalanan menuju ke Pantai Klayar yang melalui jalan berliku-liku, naik turun, dan dihiasi dengan deretan bukit-bukit, gua-gua kecil yang terlihat stalaktit dan stalakmitnya dari pinggir jalan. Objek Wisata Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit-bukit di pinggir pantai yang bisa didaki oleh wistawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit.
Selain pantai berpasir putih, Pantai Klayar memiliki fenomena unik yaitu ada sebuah celah di batu karang. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai Seruling Laut. Satu lagi keunikannya, di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa mirip Sphinx.
Suasana Pantai Klayar
Pantai Klayar memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Bibir pantai dihiasi tumbuhan pohon kelapa dan gubug-gubug/lincak-lincak yang beratap daun kering, karang-karang diwilayah pasang surut juga masih terawat dengan alami. Wisatawan juga bisa menyusuri karang-karang untuk menemukan kerang-kerangan Mollusca, dan bintang laut Echinodermata.Disamping itu juga di sepanjang batuan juga terdapat limpet dan rumput laut yang tumbuh disekitar bebatuan. Wisatawan bisa melihat langsung masyarakat setempat memanjat pohon kelapa guna diambil air deresan (bahan baku untuk pembuatan gula jawa) atau hanya untuk disuguhkan langsung kepada wisatawan sambil menikmati keeksotisan alam pantai Klayar.

Sejarah dan Asal usul nama Pantai "Klayar" ---- (hanya Mitos yaaa..) 
Setidaknya ada dua versi yang mengungkap tentang asal usul nama Pantai Klayar. Versi pertama menyebutkan bahwa dahulu ada sebuah perahu yang diterjang ombak besar dan terdampar di pantai ini. Kondisi perahu yang diombang-ambingkan ombak sebelum terdampar dalam bahasa Jawa disebut “Glayar”, karena itulah pantai tersebut dinamakan Pantai Glayar sebelum akhirnya berubah nama menjadi Pantai Klayar.



Versi kedua menyebutkan bahwa kata “Klayar” merupakan kependekan dari istilah Jawa  “Klayar-kluyur” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Jalan-jalan”, karena tujuan dari orang-orang yang datang ke pantai ini adalah untuk jalan-jalan.


Sebagaimana kawasan pantai pada umumnya, selain asal-usul nama Pantai, kisah-kisah sejarah berbau mitos ikut pula mengiringi. Berangkat dari mitos itu pula banyak bermunculan cerita-cerita misteri.

  • Salah satu kisah sejarah berbau mitos yang akrab di telinga masyarakat setempat adalah keberadaan karang bolong (batu karang berlubang) yang menjorok ke laut dan tebing-tebing karang yang ada di Pantai Klayar, konon terbentuknya tidak hanya karena faktor abrasi atau pengikisan oleh air laut, tetapi akibat dari perang di dunia gaib antara Penguasa Pantai Cilacap dengan Penguasa Pantai Klayar. Peperangan tersebut terjadi karena Penguasa Pantai Cilacap ingin menguasai wilayah pesisir Selatan Pulau Jawa. Itu sebabnya Penguasa Pantai Cilacap mengirimkan gelombang besar hingga menghancurkan batu-batu karang yang ada di kawasan Pantai Klayar termasuk membuat lubang pada salah satu karang. Kisah peperangan itulah yang membuat Pantai Klayar dahulu jarang didekati oleh masyarakat karena terkenal angker dan karena dahsyatnya gelombang yang ada di pantai ini.
  • Mitos lainnya adalah tentang keberadaan batu yang mirip dengan Patung Sphinx yang ada di Mesir. Dahulu batu tersebut oleh penduduk setempat dinamakan “Watu Lumbung” yang pada saat-saat tertentu konon memperdengarkan suara gamelan yang terdengar hingga di kawasan pedesaan.
  • Ada juga mitos tentang tiga sumur yang terdapat di belakang tebing batu. Menurut kepercayaan masyarakat, dua dari tiga sumur tersebut yaitu Sumur Sunyarata dan Sumur Cindelaras, jika airnya digunakan untuk membasuh wajah maka wajah yang dibasuh akan memancarkan aura kebaikan. 


-------------------------
Kunjungan kami berwisata ke lokasi tersebut terbilang kunjungan awal, karena saat tahun 2006-2007 akses menuju lokasi tersebut masih terbilang susah (tempat belum dibuka secara umum dan investor belum masuk).


---------------------------------------------------------------
Sumber : 
Kunjungan Lapangan /Survei 
http://piknikasik.com
https://www.jejakpiknik.com
http://wikipedia.org 




Pantai Klayar Pacitan - Wisata Alam Tersembunyi Di Ujung Barat Jawa Timur
  • Title : Pantai Klayar Pacitan - Wisata Alam Tersembunyi Di Ujung Barat Jawa Timur
  • Posted by :
  • Date : Januari 29, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top