728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 15 Juni 2019

Wisata Batu Flower Garden - Malang



Taman wisata Coban Rais populer belakangan setelah adanya taman bunga yang cantik. Taman wisata Coban Rais ini awalnya merupakan tempat wisata air terjun. Nama Coban berarti air terjun, dan Rais sendiri berasal dari nama salah satu warga sekitar. Kini, tempat ini lebih populer dikenal dengan nama Batu Flower Garden. Lokasinya terletak di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Obyek wisata Batu Flower Garden ini adalah salah satu objek wisata terbaru dan sudah sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan termasuk anak-anak muda. Taman wisata rekreasi ini memang terbilang masih cukup segar alias baru. Pasalnya lokasi yg beralamat di Oro oro Ombo ini baru dibuka tahun 2016 lalu atau tepatnya di bulan Desember 2016.

Perpaduan air terjun dan area hijau menjadi daya tarik Batu Flower Garden ini. Obyek wisata ini juga berdekatan dengan tempat wisata terkenal Batu Night Spectacular (BNS).

Kehadiran tempat ini juga melengkapi tempat wisata yang sudah eksis yaitu Jatim Park dan Museum Angkut. Tempat ini dibangun di kawasan milik Perhutani, tepatnya di lereng Gunung Panderman.
Posisi daerah tempat wisata ini berada di dataran tinggi. Dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl, taman ini mengusung konsep gardu pandang. Sebagaimana fungsi gardu pandang tersebut, pengunjung dapat melihat panorama Kota Batu dari ketinggian.
Tesedia gardu pandang dengan beraneka ragam bentuk yang menjadi sudut berfoto. Pihak pengelola sendiri mengklaim tempat wisata ini sebagai “Wana Wisata Selfie”.

Jam Buka Batu Flower Garden

Coban Rais Flower Garden sudah dibuka sejak pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 15.00 WIB.
Jam Buka Batu Flower Garden
Hari Biasa09.00 – 15.00 WIB
Akhir Pekan08.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Batu Flower Garden

Pengunjung yang membawa motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.500. Sementara pengunjung yang membawa mobil dikenakan biaya sebesar Rp10.000.
Untuk masuk ke taman wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas pengambilan foto oleh fotografer profesional.
Harga Tiket Batu Flower Garden
Batu Flower GardenRp25.000
Wahana
AyunanRp10.000
PinusRp10.000
Goes AirRp20.000
I Love URp20.000
Hammock TowerRp20.000
Flying HammockRp20.000
Spider HammockRp20.000
Hammock GardenRp15.000
Tree TopRp35.000
Ayunan MiniRp10.000
Gowes MiniRp20.000
Hammock Tower MiniRp20.000

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Snapshot by HP Camera
Pengunjung dapat berfoto sebanyak tiga kali di dua sudut foto yaitu gardu pandang love dan kebun bunga. File dengan foto terbaik dapat dikirim ke handphone pengunjung. Untuk anak usia di bawah dua tahun bebas dari biaya masuk.

Wahana & Atraksi Batu Flower Garden Coban Rais

Tempat wisata ini terbagi atas dua bagian penting, yaitu kebun bunga dan air terjun. Kebun bunga terletak di atas Bukit Bulu. Untuk menjangkaunya, pengunjung perlu berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 300 m.
Akan tetapi, semua kelelahan tersebut akan terbayar dengan keindahan bunga-bunga yang cantik. Sedangkan untuk menjangkau air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 3 km.

Gardu Pandang


Daya tarik lain dari Batu Flower Garden adalah adanya bermacam-macam jenis gardu pandang. Pengunjung dapat menaiki gardu pandang ini dan melihat panorama Kota Batu dari ketinggian.

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap

Fasilitas Batu Flower Garden

Sebagai tempat wisata, pihak pengelola sudah menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan toilet umum dan mushola.
Akan tetapi, untuk mushola sendiri hanya cukup untuk memuat satu shaf saja. Sehingga pengunjung perlu berganti-gantian. Di dekat pintu masuk terdapat Machate Café yang dikelilingi hutan pinus dan menyediakan makanan dengan harga terjangkau.

Wahana bermain  ATV  Anak dan dewasa 

Landscape Batu Flower Garden

Area Spot Selfie - Wahana Sepeda Langit / Gowes Air

Spot I Love dll

Transportasi Ke Batu Flower Garden

Dari stasiun Malang Kota Baru, wisatawan perlu berjalan kaki sejauh 120 m ke Jalan Trunojoyo. Kemudian, menaiki angkutan kota dengan kode AJG/AJH atau AMH/AMH menuju Jalan Raden Tumenggung Suryo 4.
Dilanjut dengan angkutan kota dengan kode CKL menuju Jalan Tlogosari. Wisatawan kembali menaiki angkutan kota dengan kode KL dan turun di Jalan Raya Dadaprejo. Dari sini, wisatawan perlu berjalan kaki atau menyewa ojek menuju tempat wisata karena tidak ada angkutan umum.
Jika dari Bandara Abdul Rachman Saleh, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 1 km menuju Jalan Raya Cemorokandang. Kemudian, wisatawan menaiki angkutan kota dnegan kode CKL atau TGM menuju Jalan Ki Ageng Gribig.
Dilanjut dengan bergantu angkutan dengan kode MM menuju Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari. Dari sini, wisatawan berganti angkutan lagi dengan kode GL menuju Jalan Tlogomas.
Terakhir berganti angkutan lagi dengan kode KL menuju Jalan Raya Dadaprejo. Dari jalan ini, wisatawan perlu berjalan kaki atau menyewa ojek menuju tempat wisata karena tidak ada angkutan umum. 

Tips untuk Wisatawan

Ada beberapa tips yang harus diketahui wisatawan sebelum berkunjung ke taman wisata ini. Tempat ini merupakan tempat wisata alam yang mengharuskan pengunjung berjalan kaki. Alangkah bainya jika pengunjung mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Pastikan sandal yang dikenakan tidak licin.
Pengunjung yang membawa kamera juga sebaiknya menyiapkan dana lebih, karena akan dikenakan biaya tambahan sesuai jenis kamera. Untuk kamera jenis DSLR, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp15.000.
Untuk kamera action cam sebesar Rp10.000. Sementara untuk pengunjung yang membawa drone, akan dikenakan biaya sebesar Rp75.000.
Waktu yang enak untuk mengunjungi tempat ini adalah di sore hari. Selain udaranya yang sejuk dan tidak panas, pegunjung dapat menikmati semburat-semburat langit senja yang cantik. Jika memungkinkan, datanglah pada hari biasa.
Hal itu disebabkan karena di hari libur, tempat ini akan sangat padat dan ramai. Sehingga untuk berfoto di beberapa sudut foto, pengunjung harus mengantre lebih lama.

Alamat & Lokasi Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berlokasi di Coban Rais tepatnya di alamat Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Instagram resmi atau telp. ke 081221165000.



------------------------ 
Sumber : 
Kunjungan Wisata Juni tahun 2019 
https://travelspromo.com


Wisata Batu Flower Garden - Malang

thanks for your comments

Top