728x90 AdSpace

Latest

Selasa, 11 Oktober 2022

Wisata Alam Pangalengan Jawa Barat dan Sejarahnya

 

Wisata Pangalengan Bandung. Pangalengan sendiri adalah kecamatan yang letaknya di kabupaten Bandung Jawa Barat.
Di tempat tersebut Anda dapat menjelajahi berbagai macam destinasi wisata, mulai dari wisata budaya, sejarah, alam dan lain sebagainya. Jika Anda berkeinginan untuk mencari wisata Bandung, obyek wisata di Pangalengan berikut ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. 

Seperti yang kita tahu bahwa Pangalengan berada di Bandung yang merupakan tempat tujuan pariwisata dengan keindahan alam mempesona. Bagaimana tidak, letaknya yang berada dengan pegunungan mampu membuat Pangalengan memiliki hawa sejuk.

Kota Pangalengan adalah kota yang dikenal dengan hasil perkebunan, pertanian dan peternakan. Berada pada ketinggian 1524mdpl dan berjarak 40KM ke arah Selatan dari Pusat Kota Bandung
Lengkap dengan rimbunnya pepohonan serta luasnya hamparan perkebunan telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Lebih menariknya lagi ada sejumlah penginapan maupun area perkemahan yang sudah tersedia untuk semua pengunjung yang tertarik.

Danau Situ Cileunca

Wisata Pangalengan yang pertama adalah Situ Cileunca yang mampu menghadirkan danau buatan lengkap dengan keindahan alam. Wisata Bandung ini terletak di desa Wanasari Pangalengan yang bisa membuat para wisatawan merasa terpesona karena keindahan alamnya.
Pasalnya danau itu memiliki luas sekitar 1400 hektar dan telah menjadi area favorit bagi para pengunjung karena tempatnya sangat instagramable. Tidak hanya itu saja, melainkan para pengunjung juga dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset di tepi danau tersebut.

Selain menyuguhkan pemandangan yang menarik, Situ Cileunca dapat dinikmati dengan aktivitas berperahu, petik jeruk, strawbery dan arbey, juga Flying Fox menyebrangi danau. 

Selain itu sudah ada berbagai macam fasilitas terbaik yang disediakan oleh pihak destinasi wisata tersebut. Mulai dari perahu, kebun arbei, kebun jeruk hingga agrowisata lokal.

Situ Cileunca - @Cileunca.land


Sejarah Situ Cileunca  

Situ Cileunca menyimpan sejuta pesona yang menarik para wisatawan dari luar daerah.
Hamparan perbukitan teh yang menarik mata, serta kondisi udara yang menyegarkan jiwa menjadikan destinasi di ketinggian 1550 Mdpl itu amat digemari khususnya oleh warga Belanda di masa lampau.

Saking populernya, saat itu di danau buatan tersebut terdapat fasilitas kapal wisata yang bisa mengajak penumpang berkeliling danau. Namun karena satu dan lain hal, kapal tersebut akhirnya tenggelam dan menyisakan bangkainya yang ditemukan di tahun 2016 lalu.


Dibangun Tahun 1919



Situ Cileunca sendiri diketahui dibangun pada tahun 1919 sampai 1926 (tujuh tahun). Dulunya tempat tersebut untuk membantu operasional listrik dan mengalirkan pasokan air bersih ke wilayah perkotaan Bandung.
Sebelum dijadikan penampungan air raksasa, lokasi Situ Cileunca merupakan kawasan hutan belantara yang dimiliki oleh seorang warga Belanda bernama Kuhlan (ada yang mengatakan bahwa Kuhlan adalah Willem Hermanus Hooghland pemilik perusahaan pertanian dan peternakan Boerderij N.V. Almanak).

Di waktu-waktu tertentu, suhu udara di lokasi juga bisa menjadi sangat dingin yakni mencapai 10°Celcius. Sehingga membuat suasana di sekitar begitu syahdu dan digemari orang Belanda di Bandung.

Wisata Populer Warga Belanda dan Cerita Kapal Karam


Seperti disebutkan di awal, Situ Cileunca menjadi salah satu spot favorit kalangan warga Belanda untuk berwisata bersama keluarga.

Biasanya mereka berenang di tepian danau, menaiki perahu hingga berkeliling di kawasan perairan dengan sebuah kapal baja yang dikabarkan mengalami musibah tenggelam di sana.

Konon tenggelamnya kapal baja milik Belanda itu diduga karena tak kuat memuat banyak penumpang. Bangkai kapan juga ditemukan di akhir tahun 2016 lalu.

Penemuan sisa kapal dengan panjang 1,8 meter dan berbobot 500 kg itu terjadi saat pengelola hendak mengeringkan situ untuk kebutuhan perbaikan bendungan.



Menikmati Suasana Danau dari Jembatan Cinta

Di lokasi juga diketahui terdapat sebuah spot favorit dari para pengunjung bernama jembatan cinta. Di sini wisatawan bisa melihat seluruh penjuru Situ, termasuk menghubungkan dua desa yakni Desa Pulosari dan Desa Wanasari. 

Karena dijadikan sebagai penghubung dua tempat, lokasi tersebut kerap dijadikan sebagai pertemuan muda-mudi dari kedua desa. Hal itu yang kemudian menjadi alasan warga memberi nama jembatan cinta.

Bagi yang tertarik berkunjung ke lokasi, para pelancong bisa mengambil jalur Pangalengan dari Kota Bandung dengan menempuh jarak sekitar 45 Kilometer. Di sini terdapat juga ragam fasilitas yang bisa dinikmati, mulai dari camping ground, kebun strawberry hingga outbound dan rafting di Sungai Palayangan.

Taman Langit Pangalengan

Taman Langit adalah salah satu destinasi Wisata Pangalengan yang terletak di jalan Cukul Sukaluyu Bandung Jawa Barat dan menawarkan panorama alam. Pasalnya Taman Langit Pangalengan merupakan wisata Bandung berupa alam yang mampu menampilkan indahnya alam dari ketinggian.

Di sana, para wisatawan bisa menikmati lanskap pegunungan maupun perbukitan nan hijau yang mampu memanjakan mata mereka. Biasanya waktu yang cocok untuk berkunjung ke Taman Langit Pangalengan ini adalah ketika matahari waktu terbit atau terbenam.
Tidak hanya itu saja, melainkan di sekelilingnya terdapat dek kayu tinggi yang berguna untuk sarana berjalan bagi wisatawan. Bahkan para pengunjung juga bisa berkeliling sembari mengambil foto serta menikmati indahnya alam tersebut.

Sudah pasti latar foto bakalan jadi instagramable banget dilokasi yang adem, tinggi dan hijau seperti ini. Pangalengan punya banyak spot keren seperti ini. 

Taman Langit

Peta Destinasi Wisata Pangalengan Bandung Selatan


Nuansa Riung Gunung

Nuansa Riung Gunung merupakan salah satu tempat wisata Pangalengan yang letaknya di Pulosari Jawa Barat dan sedang populer saat ini. Bagaimana tidak sudah ada banyak orang yang telah mengunggah keindahan mereka di akun media sosial berkat tempat ini.

Destinasi wisata Bandung ini berada di antara perkebunan teh dan pihak pengelolanya sudah membangun dek tinggi dari bahan dasar kayu. Bahkan ada juga beberapa area lain yang bisa Anda maupun pengunjung lain untuk melakukan kemah secara bersama-sama.

Di sana juga ada sebuah sungai kecil yang memiliki air begitu jernih dan juga beberapa aktivitas menarik seperti rafting hingga flying fox. 


_______________________________________
Sumber : 
Kunjungan wisata Oktober 2022
https://www.tourdejava.net/
https://merdeka.com/ 




Wisata Alam Pangalengan Jawa Barat dan Sejarahnya
  • Title : Wisata Alam Pangalengan Jawa Barat dan Sejarahnya
  • Posted by :
  • Date : Oktober 11, 2022
  • Labels :
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

thanks for your comments

Top