728x90 AdSpace

Latest

Rabu, 02 Juni 2021

Wisata Pura Uluwatu Bali - Senja yang Indah di Ujung Pulau Bali


Pura Uluwatu juga merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan dari enam Pura Kahyangan yang dianggap sebagai pilar spiritual Hindu Dharma di Bali.

Lokasi pura Luhur Uluwatu tepatnya berada di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jarak yang ditempuh dari Bandara Ngurah Rai menuju lokasi pura Luhur Uluwatu Bali, sekitar 1 jam ke arah selatan dengan kendaraan pribadi.

Pura Uluwatu Bali, memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin pulau Bali. Lokasi pura terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Karena lokasi pura yang berada di atas tebing seperti kepala batu karang, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

Lokasi berdirinya bangunan pura Luhur Uluwatu, membuat wisatawan yang datang berkunjung, tidak hanya dapat menikmati suasana yang sakral dan religius, tetapi juga pemandangan yang indah serta unik.

Berbeda dengan pemandangan yang ada di objek wisata pura Tanah Lot, wisatawan yang berwisata ke pura Luhur Uluwatu akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India, dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tanpa adanya halangan yang menghalangi pemandangan sunset. 


Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu Bali & Jam Buka

Jam buka untuk wisatawan berkunjung ke pura Luhur Uluwatu dari 07:00 – 19:00. Namun, bagi mereka yang ingin sembahyang, pura dibuka selama 24 jam. Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia, tetapi toilet berada di area luar pura.

Kebanyakan pelancong, ketika mengunjungi Pura Uluwatu, memilih jam 5 sore untuk mengunjunginya. Karena cahaya matahari tidak panas, dan pemandangan matahari terbenam akan dimulai dalam satu jam.

Pertunjukan Tarian Kecak Di Pura Uluwatu

Selain daya tarik arsitektur pura serta keindahan pemandangan sunset, wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak Bali. Tari Kecak Uluwatu dimainkan oleh 50 – 100 orang penari. Penari Kecak akan duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih.

Para penari Kecak sebagian besar adalah laki-laki dan lakon yang diceritakan biasanya cerita Ramayana. Ciri khas tari Kecak adalah suara cak,cak, cak yang diucapkan oleh penari laki-laki yang saling bersahut-sahutan. Waktu pertunjukan tari kecak Uluwatu di lakukan di sore hari menjelang sunset, tepatnya dipentaskan pada pukul 18.10 – 19.00 waktu Bali.

Karena pementasan tari Kecak di Uluwatu berada di kawasan objek wisata pura Luhur Uluwatu, artinya anda harus membayar tiket masuk objek wisata terlebih dahulu, kemudian baru membayar tiket menonton tari Kecak.

Karena pertunjukan tarian Kecak di Uluwatu sangat terkenal dan disukai wisatawan, agar kebagian tiket pertunjukan tari kecak Uluwatu, sebaiknya anda memesan terlebih dahulu sebelum tiba di Bali. Cara memesan tari Kecak sangat mudah, karena anda dapat memesan online.

Foto by https://foto.tempo.co/

Tari Kecak - Uluwatu (capture by gotravela)

Kera Di Area Hutan Di Uluwatu

Ada dua pintu masuk utama untuk memasuki ke dalam area pura, tersedia gerbang akses dari utara, dan akses dari aula yang berada di selatan. Ketika Anda memasuki pura, Anda akan melihat hutan rimbun. Untuk sampai ke pintu masuk utama pura, Anda perlu berjalan beberapa meter melalui jalan setapak.

Apakah ada kera di Pura Uluwatu? Ya, ada! Jenis kera adalah kera abu-abu ekor panjang mirip dengan kera di Ubud Monkey Forest. Di jalur jalan setapak menuju area depan pura, Anda akan melihat banyak kera di sekitar area hutan.

Untuk menghindari barang-barang yang Anda bawa diambil oleh kera. Tolong jangan membawa barang-barang berharga atau memakai benda-benda yang dapat menarik kera untuk mencurinya. Seperti anting-anting mahal, kalung, kamera, ponsel cerdas, atau kacamata hitam mahal. Jika barang-barang berharga Anda diambil oleh monyet, cobalah menukarnya dengan kacang atau pisang, yang kadang-kadang berhasil.




-------------------

Sumber : 

Kunjungan Wisata Bali Mei 2021

https://www.rentalmobilbali.net/

https://www.gotravelaindonesia.com/




Wisata Pura Uluwatu Bali - Senja yang Indah di Ujung Pulau Bali
  • Title : Wisata Pura Uluwatu Bali - Senja yang Indah di Ujung Pulau Bali
  • Posted by :
  • Date : Juni 02, 2021
  • Labels :

thanks for your comments

Top