728x90 AdSpace

Latest

Selasa, 01 Januari 2019

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi


Pelabuhan Ratu  merupakan tujuan banyak traveller atau wisatawan untuk berlibur atau berwisata. Secara geografis, Pelabuhan Ratu berada di sebelah barat daya kabupaten Sukabumi. Letaknya berada di pesisir Samudra Hindia, sehingga banyak memiliki pantai dengan ombak- ombak yang lumayan besar di banding dengan pantai yang berada di pesisir utara pulau Jawa.
Karena letak Pelabuhan Ratu yang berada di pesisir Samudera Hindia, sehingga objek wisata yang dimiliki didominasi oleh pantai- pantai. Meskipun demikian, bukan berarti Pelabuhan Ratu tidak memiliki objek wisata lain selain pantai. Masih banyak objek wisata lain selain pantai yang dimiliki oleh Pelabuhan Ratu ini. Keindahan objek wisata di Pelabuhan Ratu juga tidak kalah menarik dengan yang lainnya, tidak hanya pantainya saja, namun juga non pantainya. Sehingga banyak warga khususnya yang tinggal di daerah Jawa Barat atau DKI Jakarta mengunjungi tempat ini untuk berlibur. Kawasan Pelabuhan Ratu cukup menjadi primadona di kawasan Tanah Sunda dan juga Ibu kota.

1. Pantai Karang Hawu 

Pantai Karang Hawu. Pantai ini memang sangat terkenal di sini. Pantai Karang Hawu ini merupakan salah satu pantai yang terletak di daerah Caringin Sukabumi.
Letak dan lokasi serta alamat dari pantai ini berada di daerah Caringin, Cisolok . Ciri khas pantai ini adalah adanya tebing yg menjorok ke laut dan juga suara deburan ombak yang menghantam tebing sehingga memberikan suasana tersendiri. Lokasi wisata ini memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di daerah ujung Barat Pulau Jawa tersebut. Apalagi sudah banyak foto, gambar hingga video yg menampilkan pesona serta indahnya pemandangan di area ini. Di sini traveller bisa melihat suasana yg rapi dan juga banyaknya fasilitas pendukung baik di kawasan wisata. 

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika liburan ke sini. Ada banyak kegiatan yg bisa dilakukan oleh para wisatawan. Para pengunjung bisa berenang, surfing dan juga memancing. Untuk berenang, para turis harap mematuhi beberapa peraturan yangg sudah di beritahukan kepada semua wisatawan di sini. Ada area-area yg tidak boleh digunakan untuk berenang. Sehingga para turis harus mematuhinya. Sudah banyak korban tenggelam ketika tidak menghiraukan peraturan tersebut.

2. Pantai Citepus  

Obyek Wisata Pantai Citepus di Pelabuhanratu Sukabumi Jawa Barat merupakan satu dari beberapa pantai yang berada pada lintasan Pelabuhan Ratu. Mungkin saat ini Pantai Citepus masih belum terlalu masyur namanya ketika disandingkan dengan Pantai lainnya.

Garis pantai di Pantai Citepus memiliki ukuran yang panjangnya mencapai 3-5 km. Hamparan pasir yang luas layaknya permadani raksasa ini juga mempunyai bentuk permukaan yang landai.
Pasirnya memiliki tekstur yang sedikit keras dan ombaknya juga besar. Namun pengunjung tetap bisa bermain air di wilayah tertentu. Terhempas dengan ombak atau bermain dengan papan gabus hingga terseret ke bibir pantai menjadi aktivitas yang menyenangkan saat berkunjung ke pantai ini.
Lelah bermain dengan ombak Pantai Citepus, Anda dapat mencoba Warung dan rumah makan yang berjejer di bagian belakang untuk mengisi perut yang lapar. Aneka sajian makanan siap untuk disantap setelah lelah seharian berada di pantai ini.



Fasilitas Lengkap


Obyek liburan ini memang sudah sangat populer. Apalagi di daera Jawa Barat. Praktis membuat pemerintah dan pengelola sudah memberikan berbagai macam fasilitas guna mendukung kenyamanan para pengunjung kala berlibur ke sini. Deretan fasilitas ini sudah sangat komplit dan juga lengkap. Untuk penginapan, sudah ada penginapan murah seperti hotel, resort, hingga villa dimana letaknya berdekatan dengan area tersebut.

Selain ada juga warung makan dengan kuliner sea food. Di sini sudah disediakan pula Mushola , Kamar mandi serta tempat parkir. Bagi yg ingin membeli aneka cemilan atau snack, bisa mengunjungi mini market dimana letaknya tidak terlalu jauh dari area pantai. Sudah ada pula aneka kios dengan dagangan pernak-pernik serta suvenir yg menarik. Ada pula tempat untuk penyewaan papan surfing.



Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap

Fakta Menarik Pelabuhan Ratu : 

  1. Kawasan Pantai Pelabuhan Ratu terdiri dari pantai yang curam, landai, karang terjal yang dilatarbelakangi area cagar alam, hutan, dan gunung. 
  2. Kawasan Pantai Pelabuhan Ratu dikelilingi banyak pantai indah, seperti Pantai Cimaja, Citepus, Cibangban, Karang Hawu, Karang Naya, dan sebagainya. 
  3. Pada 1960, Presiden RI pertama Soekarno mendirikan area peristirahatannya di Tenjo Resmi. Sebab, Pelabuhan Ratu dinilai begitu indah dan menarik untuk melepas penat sejenak. 
  4. Selayaknya pantai selatan lainnya, Pantai Pelabuhan Ratu seringkali dikaitkan dengan cerita tentang Ratu Kidul. Yakni sosok yang dipercaya sebagai penguasa ratu pantai selatan.
  5. Banyak mitos beredar, kita bisa hilang terseret ombak jika memakai pakaian hijau. Hal ini masih dikaitkan dengan cerita Nyi Roro Kidul yang menggemari warna hijau. 
  6. Dulu, warga banyak memburu penyu di Sukabumi. Setelah pemerintah setempat membentuk Perda perlindungan penyu, hal itu tak terjadi lagi. Bahkan kini ada penangkarannya di Pantai Pangumbahan Ujung Genteng. 

Tips Liburan: 
  • Bagi para turis yg ingin menikmati keindahan Karang Hawu ini, ada beberapa tips dan juga saran untuk membuat liburan menjadi lebih berkesan. Pesona dari pantai ini memang sangat eksotis. Tentu saja jangan lupa untuk membawa kamera seperti DSLR, action Cam atau minimal kamera ponsel dengan resolusi yg bagus.
  • Dengan panorama yg ditawarkan, tentu saja akan sangat sayang  jika dilewatkan begitu saja. Jangan lupa pula untuk membawa topi agar tidak kepanasan di siang hari serta mematuhi segala macam peraturan di sini termasuk tidak membuang sampah sembarangan. 



Terlepas dari kisah mistis yang menyelimuti, Pantai Pelabuhan Ratu menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. 



Gunung teu meunang di lebur, sagara teu meunang di ruksak, buyut teu meunang di rempak 

(Jangan merusak alam seperti gunung laut,  kita harus bisa selaras dengan alam)




Pantai Tenjo Resmi (Pesanggrahan - Istana Presiden) 


Bila semua Istana Presiden sudah menjadi bagian dari memori khalayak, maka tempat tetirah kepresidenan ini pastilah tak begitu dikenal. la bernama Pesanggrahan Pelabuhan Ratu. Bahkan penggagasnya sendiri, Presiden Soekarno, tak sempat menikmati rumah yang berdiri di tebing baru di tepi Samudra India ini.

Ketika meninjau proyek Hotel Samudra Beach yang dibangun dengan biaya rampasan perang dari Jepang di Pelabuhan Ratu pada 1954, Bung Karno bersama Ibu Hartini singgah di bungalow yang bernama "Vaya Con Dios" dan "Hawaii:' Lahan itu milik Mayor Mantiri. Presiden pertama itu segera berniat membelinya. Namun sang pemilik menyatakan bahwa ia sangat mencintai lahan miliknya dan tak bermaksud menjualnya.
Bung Karno sempat mengajukan penawaran kepada Mantiri untuk "tukar guling" dengan lahan di sebelahnya, milik seorang pelukis - lahan yang sekarang menjadi lokasi Hotel Bayu Amerta - tetapi ditolak oleh Mantiri. Akhirnya, menyadari bahwa Bung Karno sungguh tulus menginginkan tanah miliknya, ia kemudian bersedia bertukar dengan lahan yang justru berseberangan dengan "Vaya Con Dios:'

R.M. Soedarsono dipercaya lagi - kali ini,bersama arsitek F. Silaban - membuat desain untuk Pesanggrahan Pelabuhan Ratu. Wajar bila ciri arsitekturnya sangat mirip dengan bangunan-bangunan lain yang didesain olehnya untuk Bung Karno. Dari arah pintu masuk pesanggrahan ini terlihat seperti bangunan satu lantai. Akan tetapi, dari arah laut akan tampak sebenarnya bahwa ia terdiri dari tiga lantai. Paling bawah adalah dapur dan ruang pelayanan. Di atasnya adalah Ruang Bawah yang berdinding kaca, berfungsi sebagai ruang makan tamu dan ruang kesenian. Paling atas adalah Ruang Atas, yakni ruang tamu dan kamar tidur yang juga berdinding kaca.
Terdapat semacam anjungan pada Ruang Atas dan Ruang Bawah, tempat untuk berdiri memandang laut lepas.
Pembangunannya baru dimulai pada 1962, setelah Hotel Samudra Beach beroperasi. Pada masanya, hotel itu merupakan resor pantai yang populer bagi orang-orang kaya Jakarta. Hingga pertengahan 1970-an, banyak pengunjung ke Pelabuhan Ratu menggunakan pesawat terbang Skyvan - dioperasikan oleh Pelita Air Service - yang mendarat dan tinggal landas di Pangkalan TNI - AU Rawakolong, dekat Pelabuhan Ratu.

Menjelang matahari terbenam, Pesanggrahan Pelabuhan Ratu merupakan lokasi terbaik di sepanjang pantai Pelabuhan Ratu untuk melihat bentangan laut dan langit. Rumah peristirahatan ini seolah-olah berada di tengah lengkung garis teluk yang dibingkai dengan Pegunungan Jampang Kulon di sebelah timur, dan Pegunungan Cibareno di sebelah barat. Gugusan batu karang tempat dimana pesanggrahan itu berdiri kian menyempurnakan keindahan. Banyak turis asing yang berjalan kaki dari Samudra Beach Hotel atau wisma-wisma sekitar Pelabuhan Ratu dan kemudian duduk-duduk di gugusan batu karang itu untuk menikmati pesona terbenamnya matahari.

Adalah Istana Bogor yang bertanggungjawab merawat dan mengelola tempat tetirah kepresidenan yang terapit oleh hutan dan lautan ini.
(http://www.setneg.go.id )




-------------------------------------------- 
Sumber
Kunjungan Wisata 2018 

https://tempatwisataunik.com
https://www.jejakpiknik.com 



Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

thanks for your comments

Top