728x90 AdSpace

Latest

Senin, 31 Desember 2018

3 Tempat Wisata Populer di Situ Gunung Sukabumi


Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki potensi tempat wisata yang sangat indah dan banyak sekali. Salah satunya Situ Gunung Sukabumi.
Berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Situ Gunung Sukabumi ini terletak pada ketinggian kurang lebih 850 mdpl dengan menyajikan panorama alam yang indah dan ditambah lagi dengan udara yang segar dan bisa membuat kamu betah di tempat ini.

Tak hanya keindahan alamnya saja, di sini kamu bisa bersantai dan piknik di pinggi danau yang berada di Situ Gunung Sukabumi. Tak jarang para wisatwan yang berdatangan dengan memasang maupun menyewa tenda di tempat ini.

Jembatan Situ Gunung Sukabumi merupakan jembatan gantung yang memiliki panjang 243 meter dengan ketinggian 161 meter. Tak heran jika jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang se-Asia.
Semenjak dibangun jembatan gantung terpanjang di Indonesia, kini kawasan wisata Situgunung jadi ramai diperbincangkan publik, terutama oleh para pengguna Instagram. Bagaimana tidak, jembatan ini menyajikan pemandangan landscape yang luar biasa. Tidak butuh waktu lama untuk menjadikanya sebagai salah satu daftar wisata populer yang ada di Sukabumi.
Namun, tahukah kamu ? Selain jembatan yang fenomenal ini ternyata masih ada lagi loh beberapa tempat menarik yang ada di sekitarnya. Jadi pastikan kalau kamu liburan ke Situgunung jangan hanya ke Jembatannya saja ya. 

1. DANAU SITU GUNUNG


Danau Situgunung merupakan daya tarik utama di Situ Gunung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai ke danau ini kamu harus berjalan sekitar 1KM atau 20 menit dari pintu masuk. Ikuti saja papan petunjuk yang ada atau kamu bisa bertanya kepada petugas letak danau ini berada. Pokoknya dari pintu masuk langsung belok ke arah kiri yes.

Perjalanan menuju danau akan terasa mudah karna jalurnya sudah diaspal. Walaupun begitu kamu tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan tetapi wajib berjalan kaki. 
Sesampainya di Danau Situgunung kamu akan melihat luasnya danau di kelilingi pepohonan pinus yang berada di lereng gunung gede pangrango. Waktu yang paling tepat untuk ke danau ini adalah saat sunrise dan sunset, sebab cuacanya sangat bagus untuk mengambil foto.

Bagi pengunjung, dapat melakukan aktivitas di Danau tersebut seperti: 
  • Piknik, Naik Getek Alias Perahu Rakit, Mancing, Belanja, Berkemah, Treking Keliling Danau, maen Drone dll. 


2. SUSPENSION BRIDGE, SITU GUNUNG


Merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan digadang-gadang sebagai salah satu jembatan gantung terpanjang di Asia. Suspension Bridge memiliki panjang 243 meter dan lebar 18 meter yang melintang di atas ketinggian jurang mencapai 161 meter di atas permukaan tanah.

Meski perkiraan dari konstruksi jembatan gantung Situ Gunung dapat menampung berat dengan beban 55 ton atau sekitar 150 orang. Dan diperkirakan hanya bisa menampung 60 orang yang dapat naik dalam waktu bersamaan. Namun pada kenyataannya jembatan gantung ini hanya boleh dilintasi oleh 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang. 
  • Jembatan menggunakan bahan dasar kayu ulin
  • Konstruksi jembatan menggunakan 5 sling 
  • Menghabiskan dana lebih dari 4 miliyar

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak Swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 milyar.
Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Apalagi dengan adanya lokasi destinasi lain dalam satu kawasan tersebut yakni Curug Sawer dan Situ Gunung.


3. CURUG SAWER 


Keberadaan curug ini menjadi daya tarik wisata pada momen liburan panjang. Sebabnya, akses menuju kawasan ini makin mudah dan menarik dengan kehadiran jembatan gantung atau suspension bridge.
Selain melintasi jembatan gantung yang fenomenal, wisatawan juga melalui jalan setapak bebatuan yang nyaman dilintasi. Ivan menerangkan, di setiap titik ke arah Curug Sawer juga terdapat pemandu yang memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Sementara di lokasi curug  pengunjung bisa melihat dengan jelas keberadaan air terjun yang masih terjaga kebersihannya. 

Di sekitar kawasan Curug Sawer juga kini dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya, sarana toilet, musholla hingga kantin yang menjadi tempat istirahat bagi pengunjung ketika lelah menuruni jalan menuju kawasan air terjun.


Lokasi Wisata Situ Gunung Sukabumi


Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap


Untuk bisa sampai di Situ Gunung Sukabumi, kamu bisa menggunakan angkutan umum maupun kereta api. Silakan mengambil jalur dengan rute Bogor Paledang – Sukabumi – Cianjur, dan melabuhkan pemberhentian kamu di Stasiun Cisaat Sukabumi.

Tak jauh dari stasiun kereta api, kamu bisa mencari angkutan umum dan langsung mengantar kamu sampai ke Situ Gunung. Jika kamu tidak ingin menggunakan jasa angkutan umum, kamu juga masih bisa menyewa angkot yang melintas di sekitar. Biasanya para supir tak segan menawarkan jasanya kepada para wisatawan. Namun, biaya yang harus kamu keluarkan kisaran Rp 150.000 maupun lebih.

Lokasi: Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Sukabumi, Jawa Barat 43153


Fasilitas di Situ Gunung Sukabumi:
  • Parkir
  • Masjid/ Musholla
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Warung Makan
  • Flying Fox
  • Perahu Sampan
  • Camping Ground
  • Ojek

Tips Liburan ke Situ Gunung, Sukabumi

  1. Jangan lupa membawa baju maupun jaket tebal, karena lokasi wisata ini berada dalam ketinggian dengan suhu udara yang mampu membuat kamu menggigil dan kedinginan, jangan sampai terkena hiportemia nantinya.
  2. Jangan lupa mengenakan alas kaki yang membuat kamu nyaman, dan untuk para wanita tidak disarankan menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi. Kalau bisa bawa juga sandal jepit.
  3. Untuk mengantisipasi terjadinya hujan, usahakan membawa jas hujan maupun payung jika ingin berkunjung ke Situ Gunung Sukabumi, karena lokasi ini memang cenderung sering turun hujan.
  4. Buat kamu yang berniat untuk berkemah di tempat ini, jangan lupa membawa perbekalan yang cukup dan membawa makanan maupun minuman sendiri. 
  5. Dan pastinya jangan lupa membawa kamera/drone/ dsb untuk mengabadikan setiap moment wisata yang sangat indah di situ Gunung ini. 

Snapshot berlibur menginap di hotel Anugrah Sukabumi. 


---------------------------------
Sumber: 
Kunjungan Wisata Desember 2018
https://blog.reservasi.com
https://www.idntimes.com by (ilham)



3 Tempat Wisata Populer di Situ Gunung Sukabumi
  • Title : 3 Tempat Wisata Populer di Situ Gunung Sukabumi
  • Posted by :
  • Date : Desember 31, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top