728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 24 Maret 2018

Gunung Rinjani Lombok - Puncak Dewi Anjani

Gunung rinjani adalah salah satu gunung favorit untuk di daki bagi para pendaki gunung. Gunung rinjani merupakan salah satu bagian dari seven summit indonesia dan gunung tertinggi ke-3 di indonesia (setelah Puncak Jaya/ Cartenzs Piramid Papua dan Gunung Kerinci Jambi). Tentu banyak dari para pendaki yg berlomba-lomba untuk mencapai Puncak Dewi Anjani yg melegenda itu. Cukup panjang trek gunung rinjani. 

Gunung Rinjani adalah sebuah gunung yang masuk dalam jajaran gunung favorit di Indonesia, karena keindahan dan panorama alamnya yang tidak terbantahkan, para pendaki gunung, baik pendaki Indonesia atau Internasional. 

Gunung Rinjani juga masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia dan gunung berapi tertinggi urutan ke-2 di Indonesia setelah gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi, Sumatra, ketinggian gunung Rinjani mencapai 3.726 mdpl.
Meskipun gunung Rinjani masih dalam status aktif, namun para pendaki gunung di seluruh dunia, mereka tidak pernah kehabisan semangat untuk melakukan pendakian di gunung Rinjani, begitu pun track terjal yang menghiasi gunung Rinjani bukanlah soal bagi para pendaki gunung.

Kemudian, bagaimana dengan kamu?, apakah kamu juga tertarik untuk menikmati keindahan gunung Rinjani dan ingin melakukan sebuah pendakian ke puncak gunung Rinjani?. Apabila kamu tertarik untuk mendaki gunung Rinjani, sebelum kamu melakukannya, lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu informasi tentang letak dan jalur pendakian gunung Rinjani di pulau Lombok yang sudah saya sediakan di bawah sini.

Letak Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT, Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten, yakni kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.
Mungkin info tentang letak gunung Rinjani di atas tidak banyak membantumu untuk menemukan gunung Rinjani saat kamu hendak melakukan pendakian di gunung ini, namun, kamu tidak usah khawatir, karena kami sudah siapkan tiga cara supaya kamu bisa mengetahui letak persis gunung Rinjani, berikut tiga cara tersebut.


1. Mengetahui Letak Gunung Rinjani Dengan Menggunakan Google Maps atau GPS
Hidup di jaman modern ini tentu membuat kita mudah dalam mencari tahu letak gunung Rinjani, dengan menggunakan aplikasi Google maps, kamu bisa mengira-ngirakan di mana letak gunung impian para pendaki ini.
Namun, saat kita menggunakan Google Maps, kita tidak bisa menemukan informasi tentang kendaraan apa yang bisa kita gunakan supaya kita bisa sampai ke garis awal pendakian gunung Rinjani, untuk mengetahuinya, sepertinya kamu harus menggunakan cara ke-2 di bawah ini.

2. Bertanya Kepada Teman Atau Kerabat
Apabila ada teman atau kerabatmu yang pernah mendaki gunung Rinjani, sebaiknya kamu mencari info tentang gunung Rinjani kepada mereka, tanyakanlah beberapa pertanyaan yang sekiranya membuatmu mengerti di mana letak gunung Rinjani secara percis, seperti, naik kendaraan apa saja dari rumahmu menuju gunung Rinjani, jalan terdekat, atau pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Jika di antara mereka, teman-teman dan kerabatmu, tidak ada yang mengetahuinya, maka cara terakhir adalah cara terbaik.

3. Bertanya Di Grup Pendaki Gunung di Media Sosial
Apabila kamu sudah menggunakan GPS dan bertanya kepada teman-temanmu, lantas kamu masih bingung, sebenarnya di mana letak gunung Rinjani, maka cara terakhir untuk mengetahui letak gunung Rinjani secara percis adalah bertanya kepada grup atau forum pendaki gunung di sosial media.
Kamu bisa menggunakan akun Facebook-mu untuk bertanya, banyak grup-grup di Facebook yang membahas khusus tentang pendakian gunung, kamu bisa memposting pertanyaan apa saja seputar gunung Rinjani di sana, termasuk menanyakan bagaimana perjalanan dari rumahmu menuju gunung Rinjani.

Sebelum mendaki gunung Rinjani, di bawah ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi apabila ingin melakukan pendakian ke gunung Rinjani.

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap


Syarat Sebelum Melakukan Pendakian Ke Gunung Rinjani
1. Kamu harus mengisi buku tamu terlebih dahulu dengan data diri yang jelas dan benar.
2. Bagi kamu yang berumur kurang dari 17 tahun, hendaknya kamu didampingi oleh keluarga atau teman yang umurnya di atas 17 tahun.
3. Sangat disarankan untuk tidak melakukan pendakian seorang diri, sangat lebih baik melakukan pendakian dengan kelompok.
4. Memiliki tiket masuk.


Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Sekarang, kita beralih kepada pembahasan tentang jalur pendakian gunung Rinjani. Jalur untuk mencapai puncak gunung Rinjani yang bisa kamu lalui ada dua, yakni,

1. Jalur Sembalun

Jalur Sembalun adalah jalur kesayangan para pendaki saat mereka hendak menuju puncak gunung Rinjani, kenapa?, karena jalurnya yang tidak terlalu ekstrim dan jalur Sembalun mempunyai panorama keindahan alam yang dramatis seperti dalam khayalan film Science Fiction.

Pintu masuk jalur Sembalun berada di Desa Senaru, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.
Menggunakan jalur Sembalun untuk menuju puncak gunung Rinjani, kamu akan melewati Pelawangan Sembalun terlebih dahulu. Dalam perjalanan dari pintu masuk jalur Sembalun sampai Pelawangan Sembalun terdapat 3 pos yang bisa kamu jadikan tempat istirahat.

Pintu masuk jalur sembalun - Pelawangan Sembalun.

Di awal perjalanan dari pintu masuk jalur Sembalun, kamu akan menerima ucapan selamat datang dari padang savana dan rumput-rumput ilalang yang bergoyang merdu saat dihempas oleh tiupan angin. Berjalan menyusuri padang savana, rasanya seperti dijemur, bermandikan keringat, susah sekali mencari pohon rindang untuk berteduh, terlebih saat melakukan pendakian di tengah musim kemarau, rasa dahaga sulit sekali pergi dari tenggorokanmu.

Meskipun demikian panasnya, namun kamu akan tetap tersenyum saat menapaki perjalanan menuju puncak, karena saat berjalan di hamparan padang savana yang sangat luas, kamu bisa melihat keindahan padang savana yang menyerupai bukit Teletubbies dan megahnya hutan hijau di sepanjang lembah-lembah di arah timur dan pemandangan Selat Alas dan pulau Sumbawa di arah barat. Indah sekali.

Setelah berjalan di atas hamparan padang savana, melewati pos 1,2 dan 3, berjalan sekitar 11 jam, pada ketinggian 2.700 mdpl dan 1 km sebelum puncak, maka kamu akan berada di Pelawangan Sembalun.

Hal yang istimewa dari Pelawangan Sembalun adalah kamu bisa menemukan bunga Edelweis di pinggiran track pendakian, kamu bisa melihat keindahan bunga Edelweis dengan latar belakang danau Segara Anak. Dijamin, pemandangan di sana bisa menghilangkan setiap kelelahan dari perjalananmu.

Catatan: Sangat direkomendasikan untuk beristirahat dan mendirikan tenda di pos 3 terlebih dahulu sebelum melanjutkan pendakian menuju puncak, hal itu untuk memulihkan tenaga dan semangatmu, tepat pada jam satu dini hari, barulah kamu melanjutkan pendakian supaya bisa menikmati keindahan sunrise di puncak gunung Rinjani.

Pelawangan Sembalun - puncak gunung Rinjani

Beranjak dari Pelawangan Sembalun dan segala keindahannya, menuju puncak gunung Rinjani, kamu akan menemui track berpasir, seperti track menuju puncak Mahameru, namun, lebih mengerikan dari Mahameru, pada track ini, kamu akan menemukan jurang di sebelah kanan dan kirimu.
Pada track inilah mental dan kekuatan fisikmu diuji. Perjalanan dari Pelawangan Sembalun menuju puncak, kira-kira akan memakan waktu 2 jam.

2. Jalur Senaru

Jalur Senaru adalah jalur yang dihiasi oleh track bebatuan dan jalur ini adalah jalur paling ramai, karena jalur Senaru ini dipakai oleh masyarakat sekitar, termasuk penduduk pulau Bali, untuk melakukan upacara adat atau keagamaan yang dilakukan di danau Segara Anak dan di puncak gunung Rinjani.

Rute yang akan kamu lewati saat menggunakan jalur Senaru untuk mencapai puncak adalah,
Pintu masuk jalur Senaru >> Pelawangan Senaru >> danau Segara Anak >> Pelawangan Sembalun >> puncak gunung Rinjani. jarak tempuh keseluruhan akan memakan waktu sekitar 16 sampai 22 jam.

Berbeda dengan jalur Sembalun, saat kamu menggunakan jalur Senaru, kamu akan melewati danau Segara Anak terlebih dahulu, perjalananmu dari pintu masuk jalur Senaru ke danau Segara Anak, kurang lebih memakan waktu 10 sampai 12 jam, perjalananmu akan didampingi oleh pemandangan indah hutan belantara dan bebatuan yang mampu membuatmu terkagum akan ciptaan tuhan ini.
Snapshot Mount Rinjani - Lombok

Pada pinggiran danau Segara Anak terdapat area tanah luas yang datar, sehingga kamu bisa mendirikan tenda dan beristirahat di sana, sambil ditemani pemandangan danau Segara Anak yang menakjubkan. Setelah puas dengan danau Segara Anak dan segala keindahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelawangan Sembalun, tempat di mana bunga Edelweis memperlihatkan kecantikannya. Untuk menuju puncak gunung Rinjani kamu akan melewati track berpasir seperti yang sudah saya sebutkan di atas.


Puncak Gunung Rinjani

Semua kelelahan yang kamu rasakan saat bergelut dengan track dan perjalanan dari pintu masuk sampai puncak gunung Rinjani, semua kelelahan itu akan terbayarkan, seolah hilang begitu saja, ketika kamu berhasil mencapai puncak dan menginjakkan kaki di puncak gunung Rinjani.

Rasanya, semua kelelahan itu sebanding dengan keindahan alam yang akan kamu saksikan di puncak gunung, dari puncak gunung Rinjani, kamu bisa melihat gunung Agung di Bali, gunung Raung di Banyuwangi dan gunung Tambora di Sumbawa, serta pemandangan indah yang disajikan pulau Lombok.

Sesungguhnya mereka yang berdiam diri di rumah masih jauh lebih baik dibanding pelancong yang merusak. Mereka yang tak kemana-mana tetap jauh lebih bijaksana dibanding mereka yang jauh-jauh mencari kebijakan yang bertentangan dengan alam. 



Recorded April 2016 in 4K (Ultra HD) with Sony AX100.
Logic Gate - Voyages - 04 - Permafrost
http://logicgatemusic.com/
Licensed via ilicensemusic.com
--------------------------------------
About Amazing Places on Our Planet:
Immerse yourself in scenic beautiful places on our planet without the distraction of words.


------------------- 
Sumber
Kunjungan wisata/ tahun 2003
http://www.pendakigunung.top



Gunung Rinjani Lombok - Puncak Dewi Anjani
  • Title : Gunung Rinjani Lombok - Puncak Dewi Anjani
  • Posted by :
  • Date : Maret 24, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top