728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 24 Februari 2018

Tantangan Memancing di Air Payau Senakin Kalsel


Memancing Ikan di Air Payau Senakin Kalimantan Selatan


Kecamatan Kelumpang Tengah ialah satu dari sekian Daerah di Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan yang Mempunyai 13 Kelurahan Yaitu Geronggang, Sang-sang, Sebuli, Sei/sungai Pinang, Sei/sungai Punggawa, Sembilang, Senakin, Senakin Seberang, Tamiang Bakung, Tanah Rata, Tanjung Batu, Tanjung Selayar, Tebing Tinggi, . Yang Terbaru  ” Tempat Terbaik di sekitar KELUMPANG SELATAN” dan Selanjutnya ialah Tempat Terbaik di sekitar Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru untuk kamu jika hendak Jalan-jalan.
Senakin, nama tempat yang mungkin tidak terlalu populer bila dibandingkan dengan Derawan, Tanjung Puting atau Pantai Pagatan. Taukah anda, jika ternyata ditempat ini menyimpan banyak lokasi yang bagus untuk dijadikan objek wisata, mungkin permasalahan ada di akses dan sarana prasarana yang minim untuk dijadikan objek wisata. 
Dalam kesempatan 2 hari waktu senggang, disela sela kesibukan bertugas sebagai “tukang” audit, penulis menyempatkan diri mencoba pertama kali memancing di lokasi perairan “payau”, tepatnya di pesisir sungai Senakin diujung pertemuan laut yang mengarah langsung ke Pulau Kota Baru Kalimantan Selatan. Air payau memiliki keanekaragaman ekosistim jenis ikan tersendiri, mengingat adanya pertemuan antara air asin dan air tawar. Terkadang pasang – surut air laut, konsentrasi kadar garam yang terlarut dan cuaca bisa menjadi peluang maupun hambatan bagi penggemar memancing untuk mendapatkan banyak ikan. Ikan air payau - perairan payau biasanya memiliki berbagai spesies ikan. Umumnya, ikan air payau termasuk spesies contoh karnivora, barramundi (barramundi), ikan Sembilang, penyakit ikan dosa, kakap, hitam (bass hitam), kerapu lumpur dan banyak lagi. Beberapa adalah herbivora, seperti mullet manifold, ikan dan mujaer.


Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap

Tambang Batubara 

---------
Oiya disekitar lokasi tersebut (wilayah Senakin), terdapat pertambangan Batubara PT. Arutmin, salah satu tambang Batubara terbesar di Indonesia (dulu milik Bakrie Group).
PT Arutmin Indonesia adalah salah satu perusahaan penghasil dan pengekspor batubara terbesar di Indonesia. Arutmin menandatangani kontrak penambangan batubara dengan Pemerintah Indonesia pada tahun 1981. Perusahaan mengoperasikan lima lokasi tambang yaitu ; Senakin, Satui, Asam  Asam, Kintap dan Batulicin serta terminal ekspor batubara yang bertaraf Internasional. Seluruhnya berlokasi di Kalimantan Selatan. Lokasi tambang Senakin, Satui dan Batulicin memiliki kandungan Bituminous bertaraf dunia dan Mulia dan Asam  Asam memiliki kandungan Sub-Bituminous yang sangat memadai. Sebagian besar dari batubara tersebut diekspor ke Asia, terutama ke Jepang.  Indonesia memasok lebih dari 80% batubaranya ke Asia.


-------------------
Sumber: 
Kunjungan Lapangan/ wisata 
http://wikipedia.org/

Tantangan Memancing  di Air Payau Senakin Kalsel

thanks for your comments

Top