728x90 AdSpace

Latest

Kamis, 25 Januari 2018

Jambore Ilmu Tanah 2 Indonesia - UNPAD Bandung



JITI 2 diadakan pada bulan Juni 2005 di Universitas Padjajaran Bandung, yang mana sebelumnya
JITI 1 sukses diadakan di UNIBRAW - Malang. Delegasi JITI 2 dari KMIT - UNS (Keluarga Mahasiswa Ilmu Tanah - Universitas Sebelas Maret Surakarta saat itu adalah : Sandy W; Mbk Icul; Dwi Istanto; Ade A; Rudi Priyono dan Haries K. Pemilihan lokasi Jambore Nasional tersebut dinilai sangat baik yaitu di lokasi bumi perkemahan Kiara Payung Sumedang (area UNPAD). Kegiatan jambore diantaranya diawali pembukaan dan Seminar Nasional, serta perlombaan di hari berikutnya seperti : Lomba SoiL Judging Contest yang paling populer, Lomba karya tulis/poster dsb.

Alhamdulillah tim UNS pada JITI 2 keluar sebagai JUARA 1, dan dapat mempertahankan posisi sebelumnya yang juga tampil sebagai Juara 1 JITI 1 di Unibraw Malang. Persiapan dari tim sendiri bisa dikatakan sangat minim dan mendadak, sebelum berangkat tim berkonsultasi terlebih dahulu dengan salah satu Dosen terkemuka dan ahli dalam survei dengan segudang pengalamannya yaitu Bp. Ir.Sudjono Utomo.

Berbekal tim para specialist surveyor kami berangkat dengan rasa Optimis yang tinggi dalam meraih kemenangan. Tapi yang terpenting adalah terwujudnya silahturahmi, komunikasi dan kerjasama antar mahasiswa ilmu tanah se-Indonesia.
------------------------------------------------------

Apa itu JITI ?? 
Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) merupakan ajang nasional yang diikuti oleh Mahasiswa Ilmu
Tanah dari seluruh perguruan tinggi yang di Indonesia. Jambore Ilmu tanah Indonesia merupakan program kerja Fokushimiti (Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia) yang diadakan 1 kali dalam satu periode kepengurusan Fokushimiti. Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) adalah bentuk kegiatan apresiatif mahasiswa ilmu tanah untuk mengintegralkan kemampuan akademis dengan kemampuan praktek di lapangan terhadap persoalan yang berkaitan dengan basik keilmuan yang diemban serta permasalahan yang dialami bangsa Indonesia. Selain itu, kegiatan ini merupakan perwujudan peranan dan kepedulian Mahasiswa Ilmu Tanah dalam memacu kemajuan Bangsa Indonesia khususnya dibidang Ilmu Pertanian.


SEJARAH FOKUSHIMITI
  • Fokushimiti didirikan melalui deklarasi kaliurang, yogyakarta pada tanggal 12 november 1989 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
  • Tepatnya pada tanggal 9-13 november 1989, sejumlah 16 himpunan sepakat untuk mendirikan sebuah wadah untuk menjalin, membina serta mengembangkan komunikasi dan kerjasama antar himpunan mahasiswa ilmu tanah indonesia.

Daftar Penggagas FOKUSHIMITI:
No Nama  Universitas Kota
1 HIMAILTA Universitas Syiah Kuala  Banda Aceh
2 IMILTA Universitas Sumatera Utara  Medan
3 GMIT Universitas Andalas  Padang 
4 HMIT Universitas Jambi   Jambi
5 HIMITA Universitas Sriwijaya   Palembang 
6 GAMATALA Universitas Lampung  Lampung 
7 HMIT Institut Pertanian Bogor  Bogor
9 HIMATAN Universitas Jenderal Soedirman  Purwokerto
10 KMIT Universitas Gadjah Mada  Yogyakarta
11 PERMAHAMI Universitas Gadjah Mada  Yogyakarta
12 HIMITA UPN VETERAN  Yogyakarta
13 KMIT  Universitas Sebelas Maret  Surakarta
14 HMIT Universitas Brawijaya  Malang 
15 KAMARUTA  Universitas Udayana  Denpasar
16 HIMAITA Universitas Mulawarman  Samarinda

Intinya, kegiatan JITI dilaksanakan tidak hanya untuk kompetisi melainkan untuk mempererat dan menjaga tali persaudaraan antar mahasiswa Ilmu tanah seluruh Indonesia serta menunjukkan bahwa
mahasiswa ilmu tanah juga mendukung kemajuan bangsa Indonesia khususnya dibidang pertanian dan  kelestarian lingkungan.

APA ITU FOKUSHIMITI :
Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (FOKUSHIMITI) merupakan suatu wadah koordinasi guna menjalin komunikasi dan kerjasama antar mahasiswa ilmu tanah se-Indonesia

FOKUSHIMITI merupakan organisasi tertinggi dari HMJ/HMPS/HIMPRO/Konsentrasi mahasiswa Ilmu Tanah se-Indonesia.
Fokushimiti adalah organisasi formal sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Kendidikan Nasional Nomor : 62/DIKTI/Kep/2010

VIVA SOIL ... SOIL SOLID
---------------------------------------
Sumber:
Kunjungan/ survei lapangan
http://fokushimiti.com




Jambore Ilmu Tanah 2 Indonesia - UNPAD Bandung

thanks for your comments

Top