728x90 AdSpace

Latest

Sabtu, 07 April 2018

Puncak Pass Bogor Nuansa Alam yang Indah di perkebunan Teh



Wilayah Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan berada pada ketinggian rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius. Selain itu, daerah Puncak juga dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak (2.221 m).

Daerah Puncak memiliki kontur alam yang unik. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. Keindahan alam daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). Di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik di antaranya Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga Warna, Taman Wisata Matahari dan terdapat sebuah masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta'awun. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali villa dan hotel yang dimiliki oleh investor dan warga sekitar untuk tempat beristirahatnya pengunjung.

Terletak hanya sekitar 70 kilometer dari Jakarta, Puncak merupakan tempat wisata yang selalu padat setiap akhir minggu. Selain lokasinya yang dekat, udara di daerah ini juga sejuk – satu hal yang tidak bisa ditemui di kota besar yang padat polusi seperti Jakarta. Faktor ini membuat Puncak menjadi salah satu solusi liburan singkat dengan biaya yang relatif tidak terlalu tinggi. Selain itu, dengan berbagai jenis tempat wisata yang dimilikinya, Puncak merupakan tujuan tepat bagi keluarga dan rombongan. Daerah ini juga terkenal di kalangan turis Asia dan Timur Tengah, oleh karena itu, jangan heran apabila menemukan toko-toko atau pelayanan jasa yang menggunakan bahasa Arab di spanduk dan penawarannya.

Jalur Puncak berada di perbatasan antara Bogor dan Cianjur dengan suhu harian berkisar antara 14 – 18 derajat celcius, dan bisa lebih sejuk lagi pada malam hari. Karena padatnya pengunjung setiap masa liburan, Puncak memberlakukan sistem jalur buka-tutup untuk mengatasi kemacetan. Bagi Anda yang ingin berlibur ke daerah Puncak, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai sistem buka-tutup jalan ini. 

Klik DISINI untuk menuju ke lokasi dengan Navigasi GoogleMap

Kebun teh Gunung Ciliwung
Udara sejuk dan pemandangan perbukitan terlihat elok, dan banyak hamparan kebun teh yang cantik. Salah satunya adalah kebun teh Gunung Ciliwung di area Puncak Pass. Kebun teh Gunung Ciliwung atau populer dikenal dengan nama Puncak Pass punya panorama yang indah. Kalau dilihat, kebun teh ini mirip seperti piring terbang saja. 
Setibanya di kebun teh Gunung Ciliwung, wisatawan bisa memarkirkan kendaraan baik motor atau mobil yang sudah disiapkan juru parkir. Untuk kendaraan roda dua lokasinya tepat berada di bagian bawah dari kebun tehnya, sedangkan roda empat ada di seberang jalan.
Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan melalui anak tangga dengan jalanan menanjak untuk menjelajahi kebun teh Gunung Ciliwung. Dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl, dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk tiba di bagian puncak kebun tehnya.

Namun, pemandangan dari atas puncak kebun teh Gunung Ciliwung membayar impas rasa lelah Anda. Pemandangan serba hijau dari kebun tehnya begitu elok dipandang. Banyak pula wisatawan yang berfoto selfie dengan background kebun teh ini. Hembusan angin begitu kencang ketika Anda menjelajahi kebun teh Gunung Ciliwung, dan udara juga terasa makin sejuk. Anda pun bebas berfoto di mana saja untuk mencari angle terbaik.

Tak sampai di situ, di depan mata juga ada deretan pegunungan hijau. Kalau melihat ke bawah yakni ke jalan rayanya, mobil-mobil yang melintas terlihat kecil bagai mainan saja.
Sebaiknya, Anda mempersiapkan perbekalan seperti makan dan minuman karena tidak ada penjaja makanan di kebun teh Gunung Ciliwung. Jangan minum terlalu banyak, karena tak ada juga fasilitas MCK di sana. Untuk biaya masuk ke kebun teh Gunung Ciliwung, wisatawan akan dikenakan biaya Rp 2 ribu. Sedangkan untuk anak-anak, biaya masuknya gratis.

Kebun teh Gunung Ciliwung tak boleh Anda lewatkan saat melancong ke kawasan Puncak. Ingat, jangan membuang sampah sembarangan di sana, ok!









------------------------
Sumber
Kunjungan Wisata
https://id.wikipedia.org/
http://anekatempatwisata.com


Puncak Pass Bogor  Nuansa Alam yang Indah di perkebunan Teh
  • Title : Puncak Pass Bogor Nuansa Alam yang Indah di perkebunan Teh
  • Posted by :
  • Date : April 07, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top