728x90 AdSpace

Latest

Kamis, 01 Februari 2018

Ketersediaan Unsur Hara Makro pada Lahan Pertanian di Kabupaten Pacitan



Pengalaman sebagai salah satu tim Survei Lapangan yang tergabung dalam Tim Keharaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Project Analisa Unsur Hara di Kabupaten Pacitan (sample only) 
Perencanaan pembangunan di sektor pertanian di Kabupaten Pacitan meliputi 5 subsektor :
Peternakan, perkebunan, pertanian tanaman pangan, perikanan dan kehutanan.

Rumusan Masalah. 

Kerangka Berfikir

  • Belum diketahuinya tingkat kesuburan tanah di Kabupaten Pacitan berdasarkan sifat-sifat kimia tanah terutama ketersedian unsur hara makro esensial yaitu N, P, K, Ca, Mg, Na dan S, pH tanah dan kandungan bahan organik (C-organik tanah).
  • Belum tersedianya data base/peta semi detail wilayah berdasarkan potensi kesuburan tanah yang dapat digunakan sebagai dasar membuat kebijakan dalam pengembangan tanaman pertanian dan kehutanan di Kabupaten Pacitan.
  • Belum tersedianya rekomendasi pemupukan yang tepat berdasarkan tingkat ketersedian unsur hara di wilayah Kabupaten Pacitan sehingga petani belum menggunakan pupuk secara optimal dalam meningkatkan produktivitas lahan.

Tujuan Penelitian

  • Mengetahui tingkat kesuburan tanah di Kabupaten Pacitan berdasarkan sifat-sifat kimia tanah terutama ketersedian unsur hara makro esensial yaitu N, P, K, Ca, Mg, Na dan S, pH tanah dan kandungan bahan organik (C-organik tanah)
  • Menyusun data base/peta semi detail wilayah berdasarkan potensi kesuburan tanah yang dapat digunakan sebagai dasar membuat kebijakan dalam pengembangan tanaman pertanian dan kehutanan di Kabupaten Pacitan
  • Menyusun/merumuskan rekomendasi pemupukan yang tepat berdasarkan tingkat ketersedian unsur hara di wilayah Kabupaten Pacitan sehingga petani belum menggunakan pupuk secara optimal dalam meningkatkan produktivitas lahan.
Peta Pendukung Penelitian

Manfaat Penelitian

  • Memberikan sumbangan pemikiran terhadap pemahaman teori, konsep maupun praktek yang lebih baik sebagai dasar dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang pertanian
  • Sebagai data base atau dasar dalam membuat kebijakan perencanaan dan pelaksanan pembangunan pada bidang pertanian di Kabupaten Pacitan, terutama dalam kaitannya dengan peningkatan dan / atau pengembangan lahan pertanian serta dalam penentuan keberhasilan tindakan pemupukan dan pemilihan komoditi yang sesuai untuk dikembangkan
  • Memberi masukan / rekomendasi, yaitu data dan informasi yang disajikan lebih lanjut dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak baik pemerintah, petani, peneliti maupun pengusaha untuk berpartisipasi dalam pengembangan lahan pertanian di Kabupaten Pacitan.

Tempat dan Waktu Kegiatan

Lokasi kegiatan dalam penelitian di Kabupaten Pacitan meliputi 12 Kecamatan berdasarkan atas penggunaan tanah terdiri dari : lahan sawah (irigasi teknis, setengah teknis, sederhana dan tanadah hujan) dan lahan kering. Kegiatan dalam penelitian ini dilakukan selama 5 bulan. 

Snapshot kegiatan Survei Lapangan

Bahan dan Alat 
Bahan yang diperlukan meliputi aquadest, kantong plastik, H2O2, HCl, KCl, K3Fe(CN)6, KCNS, K2SO4, kertas saring dan lembar isian boring. Sedangkan perlengkapan dan peralatan lapangan meliputi bor tanah, sekop, pisau belati, penetrometer, lensa pembesar, botol semprot, meteran, buku standar warna Munsell, pH-meter, tabung gelas, kompas, klinometer, altimeter, GPS, kamera,  dan alat-alat tulis.

Analisis Tanah
pH tanah dengan perbandingan 1 (tanah) : 2,5 (aquadest)
C-organik dengan metode Walkley and Black
N-total dan N tersedia dengan metode Kjeldahl
P-total dengan metode ekstrak HCl
P tersedia dengan metode Bray / Olsen
K-tertukar dengan ekstrak amonium asetat
Ca-tertukar dengan ekstrak amonium asetat
Mg-tertukar dengan ekstrak amonium asetat
S dan Na tertukar
KPK (kapasitas pertukaran kation) dengan metode penjenuhan amonium asetat

Analisis Data
Penentuan rekomendasi pemupukan berdasarkan atas ketersedian unsur hara tanah, total serapan (total uptake ) unsur hara tanaman dan unsur hara yang dibawa pada saat panen (removal nutrient). 


Keraguan bukan merupakan lawan dari keyakinan. Namun Keraguan adalah bagian dari keyakinan.


----------------- 
Sumber 
Survei Lapangan 
Draft Laporan hasil sementara Keharaan



Ketersediaan Unsur Hara Makro pada Lahan Pertanian di Kabupaten Pacitan
  • Title : Ketersediaan Unsur Hara Makro pada Lahan Pertanian di Kabupaten Pacitan
  • Posted by :
  • Date : Februari 01, 2018
  • Labels :

thanks for your comments

Top