728x90 AdSpace

Latest

Jumat, 29 Desember 2017

Kebun Teh Kemuning - Gunung Lawu Karanganyar



Puncak masih menjadi tempat wisata favorit yang selalu dikunjungi untuk menghabiskan waktu libur dan merilekskan diri dari kepenatan pekerjaan yang penuh dengan tuntutan dan deadline kerja. Setiap akhir pekan puncak selalu ramai bahkan macet oleh pengunjung yang memang merasa pantas melewati perjuangan melawan kemacetan jalan tersebut demi untuk merasakan suasana sejuk dan menentramkan hati di puncak.

Sajian tanaman teh yang berbaris rapi dibarengi dengan suasana dingin dari pegunungan tak hanya akan memanjakan pandangan mata kalian tapi juga menenangkan pikiran dan menentramkan hati kalian sehingga seusainya waktu liburan kalian jadi lebih bergairah dan lebih bersemangat untuk menjalani rutinitas harian kembali. 


Deskripsi Awal Mula Sejarah Kebun Teh Kemuning
Kebun teh Kemuning merupakan salah satu objek wisata favorit di lereng gunung Lawu, kabupaten Karanganyar. Sebelum membahas kebun teh kemuning secara lebih spesifik, terlebih dahulu kita akan bahas mengenai tanah tempat tumbuhnya perkebunan teh tersebut, yakni alam Gunung Lawu yang sangat terkenal dengan sejarah yang melekat dan terus terjaga hingga sekarang pada gunung tersebut. 
Gunung Lawu ini berdiri di antara dua Provinsi sekaligus di Indonesia, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan suguhan pemandangan serta suasana eksotis yang sangat menjadi candu tersendiri bagi banyak orang terlebih bagi para pecinta alam maupun pendaki gunung, sebagai berikut beberapa cerita sedikit tentang Kebun teh Kemuning ini:
  • Konon menurut cerita yang beredar di masyarakat, gunung lawu ini sering dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan berbagai macam upacara spiritual yang telah berlangsung sejak lama, yakni sejak jaman Prabu Brawijaya ke lima hingga masa kerajaan Mataram Islam. 
  • Bahkan Hingga saat ini pun Gunung Lawu masih istimewa dan selalu dikaitkan dengan hal-hal spiritual serta masih mempunyai “ikatan erat” dengan Keraton Surakarta dan Yogyakarta.
  • Dimana Para kerabat Keratonnya masih sering melakukan kunjungan khusus ke puncak Gunung Lawu dengan tujuan untuk melaksanakan dan melestarikan ritual tradisi spiritual tersebut. 


Puncak puncak Gunung Lawu ini banyak dikenal sebagai puncak Argodumilah oleh banyak masyarakat dan di sana terdapat sebuah bangunan yang dinamai dengan Hargo Dalem. Bangunan inilah yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai prosesi kegiatan spiritual, sebagai berikut beberapa terapan deskripsi dan tampilan dari bentuk kebun teh ini:
  • Di sekitar puncak Argodumilah ini kalian bisa leluasa menikmati keindahan pemandangan dari atas puncak yang sangat eksotis dengan hiasan berbagai tanaman dan hutan yang terhampar di pegunungan ini Terlebih jika cuaca dalam keadaan cerah, kalian bisa menikmati sinar matahari yang terpantul di Samudera Indonesia.
  • Puncak gunung Lawu saat ini dimanfaatkan untuk sebuah perkebunan teh yang kemudian dimanfaatkan juga sebagai tempat wisata favorit bagi masyarakat dari berbagai daerah. 
  • Tempat wisata ini dikenal dengan sebutan kebun teh kemuning.Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa wisata agro wisata kebun teh, yakni area kebun teh yang kemudian dimanfaatkan sebagai tempat wisata karena mamiliki pemandangan yang indah, ditambah lagi dengan beberapa wahana permainan dan tempat-tempat nongkrong yang turut menghiasi tempat wisata kebun teh ini. 
Mengunjungi kebun teh ini kalian tak hanya akan disuguhkan pada pemandangan dan suasana yang melenakan tapi kalian juga bisa menyalurkan hobi aero sport dengan mencoba paralayang di sini dan menikmati keindahan alam kebuh teh kemuning dari atas ketinggian sambil merasakan pacuan adrenalin yang sangat terpompa dan menimbulkan rasa menyenangkan.
Ada banyak titik rekreasi yang terdapat di sekitar kebun teh kemuning ini kalian tinggal pilih atau mungkin menjelajahi satu persatu titik rekreasi tersebut. Beberapa objek wisata yang terdapat di area kebun teh kemuning adalah:
  1. Kali picung
Kali picung adalah salah satu Objek wisata yang terdapat di area lokasi kebun teh kemuning yang memiliki banyak wahana olahraga seperti flying fox, menyusuri sungai dengan tube, Naik kuda, Paint Ball, Berenang. Melakukan berbagai kegiatan-kegiatan tersebut di atas puncak ketinggian dengan suasana pegunungan pastinya akan sangat menyenangkan dan bisa mendekatkan rasa kekompakan serta emosional antar keluarga atau antar rekan.
  1. Air terjun parang ijo
Salah satu keunikan yang dimiliki kebun teh kemuing adalah lokasinya sangat berdekatan dengan air terjun yang dinamai dengan air terjun parang ijo. Jadi setelah puas memandangi hamparan tanaman teh yang membentuk keeksotisan pemandangan sebuah perkebunan, kalian bisa menikmati kesegaran air terjun yang pastinya sangat sejuk dan bersih karena masih berada di lingkungan yang alami dan tidak banyak terjamah oleh manusia.
Di sini kalian bisa sepuas hati berenang di kolam renang anak maupun dewasa atau menaiki menara untuk lebih jelas melihat keindahan pemandangan sekitar gunung lawu yang sangat sedap dipandang mata. 

Rumah Teh Ndoro Donker


Rumah Teh Ndoro Donker adalah sebuah tempat wisata kuliner yang berada di area kebun teh kemuning. Jika sudah lelah dengan berbagai kegiatan outbond, kalian bisa kembali merilekskan diri dengan berjalan-jalan menyusuri kebun teh yang luas di lereng Gunung Lawu ini. Kalian juga bisa ikut memetik langsung daun teh bersama para pekerja sedang memetik teh dan menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan teh dari awal hingga akhirnya bisa kalian olah menjadi berbagai minum dan makanan.


Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan alam perkebunan teh kemuning dengan sembari menyesap secangkir teh hangat maka Rumah Teh Ndoro Donker sangat direkomdesikan untuk dikunjungi terlebih bagi kalian para penggemar teh, sebagai berikut beberapa unik pada wahananya:
  • Rumah Teh Ndoro Donker ini adalah sebuah kafe yang lokasinya berada di area Perkebunan Teh Kemuning serta kaki Gunung Lawu dan tentunya akan memberi kesan dan suasana yang lebih istimewa dari tempat lain.
  •  Di sini kalian bisa mencicipi berbagai hidangan teh mulai dari teh hijau kemuning, teh hitam donker, teh aroma Inggris (earl grey, cemomile, lady grey, mint, passion fruit), teh raja, teh putih, teh herbal dan masih banyak lainnya yang bisa kalian nikmati dengan sajian dalam cangkir ataupun teko kecil. 
Tak hanya menikmati beragam sajian teh, di sini kalian juga bisa memesan makanan untuk mengisi perut yang biasanya lebih sering lapar saat suasana dingin. Banyak makanan yang bisa kalian pilih mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.





  1. Resto Kemuning
Selain Rumah Teh Ndoro Donker, di area kebun teh ini juga terdapat sebuah resto Kemuning yang menyuguhkan berbagai jenis makanan mulai dari olahan ayam hingga ikan. Olahan ikan yang disajikan bisa kita pancing sendiri di kolam ikan yang di sediakan oleh pihak pengelola resto. Saking favoritnya dihati para masyarakat dan pengunjung, resto ini selalu ramai bahkan banyak pengunjung yang harus mengantri terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat duduk di resto ini. 
  1. Penginapan di sekitar kebun teh kemuning
Berlibur ke puncak tak lengkap rasanya jika tidak menginap. Ada banyak penginapan dengan berbagai fasilitas dan harga yang terdapat di sekitar kebun teh kemuning ini. Mulai dari yang harga kisaran 100 ribu rupiah hingga mencapai rupiah permalamnya. Mulai dari penginapan sederhana hingga hotel yang nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat saat malam tiba.
Dengan menginap di kebun teh kemuning, kalian bisa menikmati pemandangan malam puncak pegunungan yang sangat indah dari sekitar penginapan atau warung-warung kecil di pinggir jalan yang view nya menghadap langsung ke area kebun teh sambil menyesap minuman hangat seperti teh maupun wedang-wedangan lainnya. Kemudian pada pagi harinya kalian bisa menikmati pemandangan dan udara yang menyegarkan seluruh indra dalam tubuh kalian. 
  1. Pusat oleh-oleh di sekitar kebun teh kemuning
Berkunjung ke kebun teh kemuning kalian tidak perlu bingung dengan oleh-oleh apa yang akan kalian beli untuk teman atau keluarga di rumah. Karena ada banyak toko, lapak atau bahkan para penjual asongan yang menjual berbagai macam jenis teh untuk oleh-oleh yang berbaris di sekitar resto Kemuning dengan kisaran harga mulai dari 20 ribu rupiah per-bungkusnya  atau tergantung dari jenis teh yang dijual. 
Lokasi kebun teh kemuning
Terletak di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, Wisata Kebun Teh Kemuning memiliki pesona pemandangan yang tak kalah indah dengan area perkebunan teh di Bogor. Pemandangan kebun teh sangat indah dengan pemandangan yang sangat fotoable dan suasana pegunungan yang masih sangat asri menguarkan udara yang sangat sejuk dan sangat nyaman untuk dihirup dengan suhu rata-rata 21,5 derajat celcius.
Dengan ketinggian tempatnya yang bervariasi antara delapan ratus hingga mencapai seribu lima ratusan meter di atas permukaan laut dan kelembaban berkisar enam puluh hingga delapan puluh persen serta penyinaran matahari hanya empat puluh hingga lima puluh lima persen membuat tempat wisata ini sangat digemari dan menjadi candu tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya untuk kembali ke sini lagi, dan lagi.

Rute Menuju Ke Kebun Teh Kemuning
Berlokasi di antara Candi Sukuh dan Candi Cetho, Candi Palanggatan dan Menggung, Wisata Kebun Teh Kemuning ini sangat mudah untuk ditemukan jika kalian ingin datang berkunjung dan menikmati semua suguhan keindahannya. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum untuk sampai di kebun teh kemuning ini.
Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, kalian bisa menempuh perjalanan dengan melewati Kota Karanganyar, berlanjut hingga ke arah jalur menuju Karang pandan. Jika sudah di Karang pandan maka usahakan kalian lebih fokus melihat papan petunjuk jalan yang mengarah ke Candi Sukuh, Candi Cetho dan Air Terjun Jumog, jika sudah menemukan penunjuk jalan tersebut maka ambil jalur ke kiri dan ikuti jalan utama hingga sampai ke Kebun teh kemuning. Namun tentu saja dalam perjalanan tersebut tidak ada salahnya jika kalian bertanya pada masyarakat sekitar untuk menghindari tersesat, inilah beberapa rute yang mudah dan bisa anda ikutin sebagai berikut:
  • Namun perlu dicatat untuk mempersiapkan kendaraan dan kondisi tubuh kalian karena perjalanan menuju kebun teh ini cukup ekstrim dengan kondisi jalan yang naik-turun yang lumayan curam. Kemudian jika kalian membawa motor usahakan agar tidak membawa motor matic.
  • Karena perjalanan yang ekstrim ini lebih aman dilalui dengan sepeda motor yang memiki gigi supaya lebih kuat saat harus menanjak dan tidak lepas kendali saat jalanan yang menurun.
  • Sedangkan jika kalian ingin menjelajahi kebun teh kemuning tanpa harus mengkhawatirkan trek jalanan cukup ekstrim, menaiki kendaraan umum adalah pilihan tepat.
  • Kalian hanya tinggal duduk manis dan menikmati perjalanan yang juga menampilkan pemandangan indah. Kalian bisa menaiki dengan bus jurusan Tawang mangu menuju Terminal Karang pandan.
  • Jika sudah turun di terminal karang pandang, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus mini yang menuju ke Terminal Kemuning.
  • Namun biasanya bus ini sedikit lama jalannya karena menunggu penumpang lain hingga bus nya penuh. Oleh karena itu, jika kalian ingin lebih cepat kalian bisa naik ojek saja yang banyak manggal di sekitar terminal kemuning dan siap mengantar kalian ke manapun tujuan destinasi wisata yang ingin dikunjungi termasuk ke kebun teh kemuning.
Secara keseluruhan kebun teh kemuning ini sangat menyenangkan dan sangat pas untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga atau teman. Keindahan pemandangannya yang mempesona dan didukung dengan suasana serta udara yang sejuk dan bersih akan sangat bagus bagi mata dan paru-paru serta kesegaran tubuh kalian. Karena dengan suasana di atas perkebunan teh ini kalian bisa melepas penat dan merelaksasikan diri dengan berbagai kegiatan ataupun hanya melihat-lihat pemandangan saja sambil bersantai dan bercengkrama dengan keluarga atau teman. Kebun teh kemuning ini juga bisa dijadikan tempat mencari ide segar untuk pekerjaan yang menuntut kreatifitas karena keindahan alamnya bisa menjadi sumber inspirasi dan sumber pembentuk semangat untuk gairah berkreasi di tempat kerja nanti, sebagai berikut:
  • Itulah ulasan mengenai kebun teh kemuning, yang harus selalu diingat saat akan bepergian adalah untuk selalu mengecek dan memastikan terlebih dulu kondisi kendaraan yang akan kalian bawa agar dalam kondisi yang benar-benar prima karena akan ada banyak jalanan menanjak tinggi dan turunan yang curam.
  • Kemudian yang tak boleh terlewat adalah pastinya kondisi tubuh kita juga dalam keadaan prima dan jangan lupa membawa jaket atau baju hangat agar tidak kedinginan di sana. Jangan sampai setelah berlibur kalian malah sakit dan harus ijin tidak masuk sekolah atau kerja.
  • Keindahan alam dan kerusakan alam yang terjadi di lingkungan kita, sangat mencerminkan bagaimana kita memperlakukan, menjaga, melestarikan dan mengembangkan manfaat potensi dari alam tersebut.
  • Oleh karenanya selalu tanamkan kepada semua orang bahwa menjaga kebersihan dan melestarikan keindahan alam adalah tanggung jawab semua pihak, karena yang menyukai keindahan bukan hanya kita maupun orang-orang yang hidup di masa kehidupan kita sekarang ini tapi juga orang lain yang hidup di masa depan yang akan datang.
  • Maka hargai dan lanjutkanlah jerih payah nenek moyang kita yang senantiasa menjaga kelestarian bumi kita ini agar keindahannya bisa ikut dinikmati oleh anak, cucu, cicit dan generasi-generasi penerus kita berikutnya.
Tulisan ini hanyalah sepenggal gambaran dari tempat wisata kebun teh Kemuning yang keindahannya hanya akan benar-benar bisa kalian rasakan jika kalian datang berkunjung langsung ke tempat wisata tersebut. Oleh karena itu segeralah buat list perjalanan dan perencanaan untuk liburan ke Kebun teh kemuning ini bersama keluarga atau teman lainnya. Semoga artikel ini memberi inspirasi dan manfaat positif bagi pembaca sekalian.
-------------------- 
sumber : https://tempatwisataunik.com
Kebun Teh Kemuning - Gunung Lawu Karanganyar
  • Title : Kebun Teh Kemuning - Gunung Lawu Karanganyar
  • Posted by :
  • Date : Desember 29, 2017
  • Labels :
Top